Tuesday, January 18, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Cara mematikan suara Google di hp Android baru-baru ini banyak dicari oleh para pengguna smartphone. Sebab, suara yang dihasilkan dari Google membuat pengguna tidak nyaman dan cukup mengganggu. Bentuk gangguan tersebut karena suara yang keluar seperti suara robot dan ini otomatis ada di semua smartphone Android.

Cara Mematikan Suara Google Asistant
Cara Mematikan Suara Google Asistant

Suara tersebut akan keluar ketika kamu sedang dalam jaringan internet dan koneksinya cukup stabil. Jika di jaringan tersebut, suaranya akan terdengar jelas dan ini membuat beberapa pengguna kurang menyukainya. Jika kamu tergolong kurang suka maka berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Apa Itu Suara Google?

Suara Google adalah asisten virtual dimana suara yang dikeluarkan sesuai perintah para penggunanya. Fitur ini mampu mengeluarkan suara karena dibuat dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligent.


Untuk pengguna Android, suara Google asisten sudah terpasang secara otomatis dan bisa di aktifkan kapan saja. Jika bagian ini diaktifkan maka akan mengeluarkan suara sendiri sesuai perintah yang ada di perangkat. Perintah bisa terlaksana jika anda terhubung dengan internet dan koneksinya harus stabil.


Lihat juga: Cara Sound of text WA


Tujuan utama dari Google Asisstant adalah memudahkan pengguna Android saat mengoperasikan smartphone. Tetapi kehadiran suaranya justru membuat orang ilfill sehingga banyak yang tidak di aktifkan. Bagi kamu yang sudah mengaktifkan lalu ingin dinonaktifkan caranya cukup mudah dan bisa dilakukan kapan saja.

Cara Mematikan Suara Google

Untuk mematikan atau menonaktifkan fitur suara Google ini kamu tidak perlu terhubung dengan koneksi internet. Untuk menonaktifkannya, kamu bisa mengikuti beberapa tutorial berikut agar tidak kebingungan.


  1. Silahkan buka smartphone lalu buka menu pengaturan.
  2. Scroll ke bawah lalu kamu pilih Google Assistant.
    pilih pengaturan Google Asisstant di menu search assistant and voice
    pilih pengaturan Google Asisstant di menu search assistant and voice
  3. Jika sudah selesai, kamu bisa memilih General (General settings) pada menu pilihan paling bawah.
    pilih general untuk masuk ke pengaturan google assistant
    pilih general untuk masuk ke pengaturan google assistant
  4. Silahkan scroll ke bawah lagi, lalu nonaktifkan toggle Google Assistant seperti gambar dibawah ini.
    klik toggle berwarna biru untuk mematikan dan mengaktifkan kembali assistant
    klik toggle berwarna biru untuk mematikan dan mengaktifkan kembali assistant
  5. Untuk mengaktifkannya lagi, kamu tinggal klik toggle tersebut dalam posisi aktif

Kekurangan Suara Google Assistant

Meski bagian dari produk Google, suara dari Google ini ternyata masih belum sempurna dan memiliki berbagai kekurangan. Berikut beberapa kekurangan yang ada pada suara Google yang perlu kamu ketahui.


  1. Setiap kali mengaktifkan dan memerintahkan fitur ini, kamu harus terkoneksi dengan internet yang stabil. Semakin jelek koneksi internet maka kamu tetap tidak bisa memanfaatkan secara baik ketika di aktifkan.
  2. Suara Google selama ini sudah support semua bahasa dunia termasuk bahasa Indonesia. Tetapi kekurangan dari suara tersebut adalah masih belum support untuk bahasa Hindi. Sehingga mereka yang berada di kawasan tersebut hingga kini belum bisa menggunakan meski sudah mengaktifkan fiturnya.
  3. Jika kamu ingin memanfaatkan suara Google maka harus dipastikan aplikasi ini berada di versi terbaru. Selain itu, kamu juga harus memastikan memori internal yang ada di smartphone perlu banyak ruang penyimpanan. Semakin banyak ruang penyimpanan semakin bagus juga kinerja dari suara Google saat di aktfikan.
    ubah bahasa dan jenis suara google assistant di menu voice and speech output
    ubah bahasa dan jenis suara google assistant di menu voice and speech output

Dari sekian banyak kekurangan di atas setidaknya punya pandangan terkait akan mengaktifkan atau tidak. Jika tidak maka cara mematikan suara Google di hp Android di atas bisa dimanfaatkan dengan baik. Untuk proses mematikannya tidak perlu koneksi internet stabil bahkan tanpa koneksi internet pun juga bisa.


Dalam mematikan suara Google lewat cara Autobild.co.id, setidaknya tidak ada suara-suara yang terkadang bisa membuat kamu kurang nyaman. Jika dalam kondisi sibuk maka suara ini akan sangat menggangu dan bisa menggangu aktivitas sehari-hari.

Next article Next Post
Previous article Previous Post