Monday, May 10, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]
Bagi para pecinta produk Google khususnya pengguna Android, pasti sudah tidak asing lagi dengan Google Lens. Aplikasi yang memungkinkan kita untuk dapat melakukan pencarian menggunakan foto atau tangkapan kamera ini sudah dikembangkan untuk dapat menampilkan hasil pencarian gambar atau produk dengan keakuratan tingkat tinggi.
aplikasi google lens terbaru
aplikasi Google Lens terbaru
Kabar baiknya, di tahun 2021 ini Google melakukan update yang cukup signifikan yakni mengganti icon voice search di browser Chrome dengan icon camera untuk langsung dapat menggunakan fitur Google Lens. Dengan adanya pembaruan ini, tentu kamu dapat menggunakan Google lens tanpa harus melakukan install aplikasi tersebut.

Cara Pakai Google Lens Web Tanpa Aplikasi

Penasaran bagaimana cara mengakses Google Lens tanpa aplikasi? Berikut ulasan lengpanya. Di bulan April 2021, tim Autobild menemukan ada yang berbeda pada aplikasi Chrome Beta yang bisa diunduh di Play Store secara gratis. Aplikasi Chrome Beta ini adalah aplikasi browser Google Chrome yang lebih dulu akan mendapatkan pembaruan sebelum update tersebut diterapkan pada versi aplikasi Chrome yang sudah stable.

Jadi jelas, dalam beberapa waktu ke depan, fitur Google Lens web ini akan menjadi fitur default dari browser Chrome tanpa harus menginstall aplikasi G Lens. Cara lainnya, kamu dapat menggunakan aplikasi Google Search yang merupakan bawaan pada ponsel Android untuk dapat merasakan fitur Google Lens tanpa aplikasi. Penasaran bagaimana langkah-langkah penggunaannya? Berikut panduan singkat untuk kamu ikuti:

  1. Buka aplikasi Google yang berlogo huruf G di ponsel Android. Untuk pengguna iOS, kamu dapat menginstall Google di halaman App Store berikut jika belum memilikinya.
  2. Klik icon bingkai kamera dengan titik bulat di tengahnya untuk menggunakan fitur Google Lens sebagaimana panduan gambar dibawah ini.
    Google lens web tanpa install aplikasi
    Google lens web tanpa install aplikasi
  3. Foto objek yang ingin kamu cari menggunakan Google Lens
  4. Voila! Google akan menampilkan hasil pencarian foto yang kamu tangkap menggunakan kecerdasan buatan Google Lens web tanpa harus menginstall aplikasi Google Lens.

Aplikasi Alternatif selain Google Search

Sebagaimana yang sudah kami bahas di awal, fitur pencarian dengan Google Lens ini juga akan dapat kamu nikmati dengan segera di aplikasi browser Chrome for Android yang kamu miliki. Jika kamu penasaran, kamu dapat pula mengunduh aplikasi Chrome Beta di Google Play untuk merasakan fitur Google Lens yang sudah built-in di browser Google yang sering kamu gunakan.

Berikut cara alternatif menggunakan Google Lens di Chrome versi Beta:

  1. Buka aplikasi Chrome Beta atau install di tautan Google Play ini untuk memasangnya di ponsel andrid kamu
  2. Klik icon kamera pada search bar yang terletak di bagian atas atau tengah dari tab baru browser Chrome kamu
  3. Foto objek yang ingin kamu cari menggunakan Google Lens
  4. Tunggu hasil pencarian gambar yang  akan ditampilkan oleh web Google Lens
aplikasi Google lens di chrome browser
aplikasi Google Lens di chrome browser
Mudah saja bukan menggunakan Google Lens tanpa harus repot mengintall aplikasinya secara terpisah di Play Store? Jadi, selain menggunakan aplikasi sendiri, ada dua aplikasi lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mengakses Google Lens yaitu Google Search dan Chrome Browser for Android.

Fitur-fitur Google Lens Terbaru

Jika kamu penasaran bagaimana contoh penerapan teknologi image search termutakhir dari Google ini, berikut daftar lengkap fitur-fitur Google Lens yang dapat memudahkan kamu dalam mencari informasi lewat gambar:
fitur-fitur keren google lens tanpa aplikasi
fitur-fitur keren google lens tanpa aplikasi
  • Pindai dan Terjemahkan Tulisan: Dengan Google Lens, kamu tidak perlu capek-capek mengetik papan petunjuk atau billboard dalam bahasa asing karena Google Lens dapat langsung menangkap tulisan dari gambar tersebut dan menerjemahkannya secara otomatis ke dalam bahasa pilihan kamu.
  • Identifikasi Hewan dan Tumbuhan: Menemukan makhluk hidup unik disekitarmu? Google Lens dapat langsung memberikan jawaban berupa nama spesies serta bahasan terkait tumbuhan atau hewan yang kamu foto.
  • Jelajahi Tempat: Jika kamu sering melihat foto-foto dan panorama cantik dari teman teman kamu, saat ini kamu tidak perlu bertanya langsung untuk tahu tempat dimana foto tersebut diambil. Cukup cari menggunakan Google Lens maka aplikasi ini akan memberitahukan kepada Anda perkiraan lokasi dari foto tersebut.
  • Temukan Produk Sejenis: Senang dengan sebuah barang ataupun furniture di saat kamu lagi di keramaian? Tanyakan saja pada dengan cara memfoto produk yang dimaksud dan Google Lens Web akan menampilkan deskripsi serta link untuk membeli produk serupa dari beragam marketplace seperti Tokopedia, Amazon, dan sebagainya.

Nah, itulah tadi tutorial lengkap bagaimana cara menggunakan Google Lens tanpa aplikasi lewat web Chrome Browser ataupun aplikasi Google Search. Dengan fitur yang sangat kaya serta kemudahan akses yang dimilikinya, tentu saat ini kamu akan bsia lebih sering menggunakan aplikasi pintar dari Google satu ini, selamat mencoba! 

Next article Next Post
Previous article Previous Post