Monday, November 8, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Sound of text adalah sebuah teknologi yang cukup canggih karena bisa mengubah teks menjadi suara dengan mudah. Tak jarang teknologi ini digunakan untuk membuat narasi video Youtube atau membuat nada dering untuk WhatsApp dengan mengkombinasikan suara karakter kartun yang lucu.

Sound of text WA Nada Dering dari Suara Google
Sound of text WA Nada Dering dari Suara Google

Perlu diketahui bahwa WA sendiri pada dasarnya tidak memiliki teknologi sound of text. Jika ingin menggunakan sound of text untuk nada dering, maka harus menggunakan layanan pihak ketiga. Sebelum lebih jauh membahas cara membuat nada dering, ketahui dulu teknologi ini.

Mengenal Teknologi Suara Google Translate

Google Translate merupakan salah satu platform terjemah bahasa yang menerapkan sound of text secara masif. Di Google Translate, fitur ini digunakan untuk membaca dan mengetahui bagaimana pengucapan setiap kata dalam bahasa asing.


Dengan begitu, seseorang bisa mengetahui bagaimana seharusnya kata itu diucapkan. Suara yang dihasilkan pada Google Translate pun sudah sangat bagus baik dari segi kejelasan dan intonasi. 


Hal ini membuat suara Google Translate seringkali dipakai untuk narasi video atau bahkan penjelasan sebuah materi.

Apa Itu Sound of Text WA

Apa Itu Sound of text WA
Apa Itu Sound of text WA
Banyak yang mengira bahwa WA memiliki fitur sound of text yang bisa digunakan untuk membuat nada dering sendiri. Padahal pada kenyataannya tidaklah demikian, WA merupakan aplikasi chatting yang tidak menyediakan teknologi sound of text di dalamnya.

Jadi jika Anda ingin menggunakan teknologi sound of text untuk membuat nada dering, maka Anda harus membuatnya sendiri secara manual menggunakan aplikasi lain, lalu diimport dan dijadikan nada dering di WA.


Selain itu, sound yang sudah dibuat menggunakan aplikasi sound of text juga bisa dikirim menggunakan WA dengan fitur voice note atau mengirim media dari window chat. 


Salah satu website yang bisa digunakan untuk membuat sound nada dering WA dengan menggunakan teknologi sound of text adalah soundoftext.com.

Asal Mula Sound of Text di WA 

Setiap hari selalu ada tren video yang baru di Tiktok. Salah satu jenis video yang sempat menjadi tren adalah penggunaan Text to Speech di situs berbagi video tersebut. Contohnya ada pada video membacakan chat di Whatsapp atau teks apa pun.


Jenis video seperti itu umumnya dibuat menggunakan fitur Text to Speech yang tersedia secara default di Tiktok. Awalnya tak banyak yang mengetahui keberadaan dan kegunaan fitur tersebut karena memang tak begitu terlihat jelas.


Kemudian ada beberapa video creator di Tiktok memberikan tutorial untuk menggunakan fitur Text to Speech tersebut. Akhirnya banyak pengguna Tiktok lain yang menggunakan fitur tersebut.


Namun tak semua video yang menggunakan voice over di Tiktok dibuat menggunakan fitur bawaan. Sebagian pengguna juga lebih nyaman menggunakan tool dari situs lain untuk memasukkan suara ke video Tiktok.


Sound of Text yang sebelumnya sudah dibahas banyak digunakan juga oleh para Tiktokers. Sound of Text dipilih karena menyediakan berbagai pilihan bahasa. 


Jenis bahasa yang berbeda akan menghasilkan pengucapan yang berbeda pula. Berikut ada beberapa bahasa yang ada di Sound of Text.


  • Bahasa Inggris (Australia, United Kingdom, United States)
  • Bahasa Mandarin
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Korea, dan masih banyak lagi.

Viralnya penggunaan Sound of Text di WA juga diawali oleh tren nada pemberitahuan berbahasa Korea. Setelah ada video yang dibuat oleh satu kreator akhirnya terungkap bahwa ringtone tersebut dibuat menggunakan Sound of Text. Sejak itulah Sound of Text di WA mulai dikenal oleh netizen.

Contoh Nada Dering Sound of Text yang Sempat Viral

Contoh Nada Dering Sound of text Keren dan Viral
Contoh Nada Dering Sound of text Keren dan Viral

Kalau mengikuti tren di Tiktok dari waktu ke waktu, mungkin dua ringtone di bawah ini sangat familier untuk Anda. Sekitar akhir Mei hingga bulan Juni lalu, ringtone chagiya muncha washo dan nani ohayo viral di Tiktok. 


Saking viralnya, pengguna Tiktok ramai-ramai mengganti nada dering Whatsappnya menggunakan nada dering tersebut. Apa sih artinya?


  • Chagiya Muncha Washo

Nada dering pemberitahuan chagiya muncha washo sempat menjadi trending di Tiktok. Banyak pengguna Tiktok menggunakan nada dering tersebut bahkan tanpa mengetahui apa artinya. Tak sedikit orang menggunakan ringtone tersebut hanya karena suaranya yang terdengar imut.


Chagiya Muncha Washo merupakan ungkapan dalam bahasa Korea yang memiliki arti “Sayang, ada pesan masuk”. Oleh karena itu, ringtone tersebut lebih sering dipakai sebagai nada dering pemberitahuan di Whatsapp.


Berdasarkan video-video yang diupload di Tiktok, nada dering chagiya muncha washo lebih sering dipakai sebagai nada dering khusus untuk pemberitahuan pesan dari orang spesial seperti pacar atau pasangan.


  • Nani Ohayo

Selain chagiya muncha washo, di kurun waktu yang sama juga viral satu ringtone lain bernama nani ohayo. Ringtone satu ini juga memiliki suara yang sangat imut sehingga disukai oleh banyak orang.


Nani ohayo sendiri merupakan ungkapan dalam bahasa Jepang. Dalam bahasa Indonesia, ungkapan tersebut bisa diartikan sebagai selamat pagi. Sebagian pengguna Tiktok mengungkapkan bahwa ringtone tersebut sebenarnya berbunyi “darling, ohayo” yang memiliki arti “selamat pagi, sayang”.


Berbeda dengan chagiya muncha washo yang lebih sering digunakan sebagai nada dering pemberitahuan, nani ohayo biasanya dipakai untuk ringtone telepon.

Kelebihan dan Kekurangan soundoftext.com

kelebihan dan Kekurangan Sound of text
kelebihan dan Kekurangan Sound of text

Sebagai sebuah situs, tentunya soundoftext.com memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh soundoftext.com:

#1 Kelebihan Soundoftext

  • Gratis
  • Unik
  • Mudah digunakan
  • Suara yang dihasilkan cukup bagus, mirip Google Translate
  • Tersedia bahasa Indonesia
  • Dapat mengunduh MP3 yang dihasilkan

#2 Kekurangan Soundoftext

  • Jumlah karakter yang bisa dimasukkan sangat terbatas
  • Tidak dapat membuat audio dengan durasi yang panjang
  • Tidak bisa memilih jenis suara wanita atau pria
  • Tidak tersedia bahasa daerah.

Jenis Suara di Sound of Text

Semakin berkembangnya teknologi sound of text membuatnya memiliki lebih banyak variasi. Beberapa aplikasi sound of text kini sudah menyediakan banyak variasi suara yang bisa dipilih oleh pengguna untuk mengubah sebuah teks menjadi audio. 


Berikut beberapa jenis suara yang paling banyak dicari di internet:

#1 Suara Google Wanita

Suara Google wanita adalah suara default yang ada pada Google Translate. Jika Anda pernah menggunakan fitur sound of text pada Google Translate, maka dipastikan Anda sudah tidak asing dengan suara yang satu ini.

Suara Google Translate Wanita
Suara Google Translate Wanita

Suara Google wanita ini bisa dibilang suara yang paling natural saat ini. Hal ini membuat orang yang membutuhkan sound untuk narasi video maupun penjelasan materi, memilih menggunakan suara ini. Suara wanita ini memiliki kejelasan dan intonasinya yang tergolong bagus. Untuk mendapatkan suara Google wanita, kamu bisa menggunakan voiceoftext.com yang mendukung semua bahasa yang ada pada Google Translate.

#2 Suara Google Anime

Bagi Anda yang menyukai anime, bisa juga menggunakan fitur ini menjadi suara anime, misalnya Naruto. Walaupun begitu, sebenarnya belum ada pilihan tokoh anime di situs perubah teks menjadi suara tersebut. Namun, ada beberapa tokoh kartun yang bisa Anda pilih dan gunakan.


Kata-kata yang diubah menjadi bentuk suara juga menjadi lebih unik. Langsung praktekkan untuk bisa mendengar hasil suaranya. Silakan kunjungi situs https://vo.codes untuk membuat suara Google anime keren dan unik dengan beragam pilihan tokoh kartun dan karakter.

#3 Sound of Text Doraemon

Sound of text selanjutnya yang cukup banyak dicari adalah sound of text Doraemon. Sound of text ini sendiri sebenarnya termasuk dalam sound of text karakter anime yang memiliki suara lucu dan khas. Itulah kenapa sound of text jenis ini banyak dicari oleh para pengguna internet.

Sound of text Suara Doraemon
Sound of text Suara Doraemon
Umumnya, sound of text ini banyak dipakai untuk nada dering sehingga terdengar lebih lucu. Tak jarang pula suara yang dihasilkan juga dipakai sebagai alarm smartphone. Untuk membuatnya, silakan kunjungi tautan berikut ini: https://www.myinstants.com/search/?name=doraemon.

#4 Sound of Text Spongebob

Sama seperti sound of text Doraemon, suara Spongebob juga merupakan suara karakter kartun yang sering dipakai pada sound of text. Suara Spongebob yang sangat khas dan terdengar lucu serta ceria membuatnya banyak dipakai di kalangan pecinta sound of text.


Sound of text dari suara Spongebob ini sangat cocok digunakan untuk nada dering ketika Anda menerima chat dari WhatsApp. Untuk membuatnya, silakan kunjungi situs https://fakeyou.com/.

Cara Pakai Sound of Text di WA

Untuk menggunakan sound of text sebagai nada dering WA, caranya sangatlah mudah. Jika belum tahu, langsung saja simak langkahnya berikut ini:

Buat Nada Dering Sound of text mp3
Buat Nada Dering Sound of text mp3
  • Langkah 1: Pastikan Anda sudah membuat sound of text menggunakan aplikasi atau website pihak ketiga.
  • Langkah 2: Setelah itu, buka file explorer di smartphone Anda.
  • Langkah 3: Cari folder bernama ringtones atau notifications di memori internal.
  • Langkah 4: Pindahkan file sound of text yang telah dibuat di folder ini.
  • Langkah 5: Setelah siap, buka aplikasi WhatsApp.
  • Langkah 6: Masuk ke menu Pengaturan.
  • Langkah 7: Pilih opsi Notifikasi.
  • Langkah 8: Pilih nada dering apa yang ingin diubah, bisa nada dering pesan, nada dering panggilan, dan video call.
  • Langkah 9: Klik opsi Nada Notifikasi, kemudian pilih sound yang sudah dimasukkan sebelumnya.
    Ganti Notifikasi dengan Sound of text
    Ganti Notifikasi dengan Sound of text

Cara Ganti Nada Dering dengan Sound of Text

Untuk mengganti nada dering SMS menjadi nada dari sound of text, masing-masing smartphone tentu memiliki cara yang berbeda. Akan tetapi, akan dijelaskan secara singkatnya berikut ini:


  • Langkah 1: Pertama, pastikan Anda sudah memindahkan nada dering ke folder ringtone seperti cara sebelumnya.
  • Langkah 2: Setelah itu, masuk ke pengaturan smartphone.
  • Langkah 3: Pilih opsi Panggilan dan Pesan.
  • Langkah 4: Klik opsi notifikasi.
  • Langkah 5: Pilih nada dering yang ingin Anda gunakan.

Cara Pakai Sound of Text Jadi Nada Dering Alarm

Selain menjadi nada dering notifikasi, Anda juga bisa menggunakan suara dari sound of text menjadi alarm. Mungkin saja dengan nada dering alarm yang unik, Anda bisa lebih mudah bangun di pagi hari. Begini caranya:


  • Langkah 1: Buka pengaturan alarm pada smartphone Anda.
  • Langkah 2: Masuk ke pilihan nada dering yang akan digunakan.
  • Langkah 3: Pilih dari folder.
  • Langkah 4: Lalu pilih nada dering dari sound of text di tempat Anda menyimpannya.

Tips Membuat Nada Dering Keren

Sebenarnya tidak ada tips paten untuk membuat sebuah nada dering keren yang telah Autobild.co.id ulas diatas. Pasalnya, setiap orang tentu saja memiliki selera masing-masing. Setiap orang bebas mengubah teks apa saja menjadi suara yang diinginkannya.


Namun, agar tidak monoton dan itu-itu saja, mungkin Anda bisa mengkombinasikan berbagai bahasa serta menggunakan nama Anda sendiri pada nada dering tersebut. Hal ini akan menimbulkan kesan yang unik dan keren pada nada dering dan Anda akan semakin percaya diri ketika menggunakannya.


Sound of text wa adalah sebuah teknologi yang memberikan Anda kesempatan untuk mengeksplorasi dan membuat sendiri nada dering. Supaya tidak ketinggalan tren, jangan lewatkan kesempatan tersebut.

Next article Next Post
Previous article Previous Post