Silakan atur beberapa opsi dibawah seperti tujuan kota Anda, gerbang masuk, gerbang keluar dan golongan kendaraan. Informasi yang muncul langsung diambil dari situs BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) dari kementrian PU Republik Indonesia.


Cek Tarif Tol


Ruas Jalan Tol :

Gerbang Masuk :

Gerbang Keluar :

Golongan Kendaraan :

Tarif Tol

Cara Menggunakan Cek Tarif Tol Autobild

Saat Anda melakukan pengecekan tarif tol yang dikembangkan oleh tim Autobild.co.id diatas, Anda mungkin akan bingung soal beberapa menu soal ruas jalan, gerbang masuk dan lain-lain. Berikut maksud dari opsi tersebut:


Ruas Jalan Tol: ruas jalan adalah dua penggal jalan di selang dua simpul atau persimpangan sebidang atau tidak sebidang yang dilengkapi dengan alat pemberi lalu lintas atau tidak. Karena konteksnya ada di jalan tol, berarti dua penggal jalan itu ada di jalanan tol.


Bagian ini menentukan kemana tujuan Anda. Misalnya dari Jakarta ke Tangerang. Anda diberikan satu ruas jalan untuk mengarah ke kota tersebut.


Gerbang Masuk: setiap tol punya gerbang masuk dan keluar. Di gerbang masuk, Anda diharuskan membayar. Inilah awal dari transaksi Anda. Usahakan bertransaksi dengan cepat agar tidak menimbulkan kemacetan di belakang Anda.


Gerbang Keluar: yaitu gerbang yang membuat Anda keluar dari area jalan tol tersebut. Anda akan masuk ke jalan biasa, dan mulai dari situ kalian tidak perlu khawatir dengan biaya tarif karena jalanan yang Anda lewati selanjutnya adalah jalanan biasa.


Golongan Kendaraan: terdapat beberapa golongan, yaitu golongan l, ll, lll hingga golongan VI atau golongan 6.


  • Golongan 1, kendaraan yang dimaksud meliputi: sedan, mobil jip, truk kecil, mobil pikap dan bus. Termasuk mobil pribadi Anda.
  • Golongan 2: kendaraan jenis truk besar dengan dua gandar. Gandar adalah sumbu roda truk.
  • Golongan 3: adalah jenis kendaraan truk besar dengan tiga gandar.
  • Golongan 4: yaitu golongan truk besar dengan empat gandar.
  • Golongan 5: kendaraan truk besar dengan lima gandar.
  • Golongan 6: adalah kendaraan bermotor roda dua. Golongan ini hanya berlaku di beberapa ruas tol saja, karena tidak semua tol di Indonesia membolehkan motor masuk ke dalam area tol tersebut.

Kelebihan Cek Cek Tol Autobild Ini

Anda dapat menemukan informasi tarif yang sesuai dan berlaku saat itu. Jika Anda mengalami masalah, misalnya tarif tidak muncul, silakan Anda refresh situs kemudian masukkan ruas jalan, gerbang masuk, gerbang keluar dan golongan kendaraan Anda.


Berikut ini adalah beberapa kelebihan lain menggunakan tool cek tarif tol dari Autobild:


  1. Mudah digunakan
  2. Tidak perlu unduh aplikasi dan tidak perlu mendaftar
  3. Informasi yang disajikan cepat dan akurat
  4. Tarifnya berdasarkan putusan undang-undang. Contohnya tarif tol dari Jakarta ke Tangerang diatur berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum No. 507/KPTS/M/2015 dan 214.1/KPTS/M/2017

Mudah bukan cara cek tarif tol terbaru mengandalkan cek tarif Autobild melalui HP ini? Silakan coba dan sebarkan ke keluarga atau kolega kamu yang membutuhkan.

 
×