Ingin mengecek secara online kapan kamu berangkat haji? Proses pengecekan ini sangat penting untuk mempersiapkan keberangkatan haji. Kamu bisa cek porsi haji ini via smartphone atau desktop baik itu laptop atau tablet.


Kamu cukup masukkan berapa nomor porsi hajinya pada kolom yang tersedia. Lalu klik tombol search untuk mengetahui tahun keberangkatan (tunggu sekitar 10 detik untuk menerima respon dari server situs Haji Kemenag RI). Bagaimana sangat mudah bukan proses checkingnya?



Apa itu Porsi Haji?

Porsi haji merupakan nomor antrian yang didapatkan oleh calon jamaah haji setelah melakukan setoran awal di bank. Proses setoran uang yang perlu dibayarkan disarankan sebesar 30 juta rupiah, adapun format nomor porsi haji terbaru terdiri dari 10 digit angka seperti contoh nomor porsi berikut ini: 1101355146.

data hasil pengecekan nomor porsi haji
data hasil pengecekan nomor porsi haji

Nomor porsi inilah yang nantinya bisa kamu cek sewaktu-waktu secara online via smartphone atau. Untuk proses cek ini dibutuhkan waktu loading yang cukup lama sehingga kamu sabar menunggu. 


Nomor porsi haji ini terdiri dari 10 digit angka yang tertera saat setoran awal dilakukan. Ada hal yang perlu diingat bahwa nomor porsi ini bukan nomor SPPH (Surat Pendaftaran Pergi Haji). 


Proses pengecekan ini dilakukan sebagai bentuk pengingat kepada kamu untuk melunasi ibadah haji. Jika sampai batas waktunya tidak juga dilunasi maka jadwal berangkat hajinya bisa diundur. 


Selain itu proses pengecekan juga dimaksudkan agar kamu bisa mempersiapkan segala sesuatu. Jadi mulai dari baju, ilmu hingga persiapan lain yang akan dibawa ke tanah suci. 

Cara Cek Porsi Haji

caraa cek nomor porsi haji secara online
caraa cek nomor porsi haji secara online
Setelah nomor porsi haji sudah didapatkan maka sewaktu-waktu bisa kamu cek dengan cara sebagai berikut:


  • Langkah 1: Pastikan perangkat yang digunakan terhubung dengan internet. 
  • Langkah 2: Buka browser Google lalu pada kolom pencarian, ketikkan saja "Cek Porsi Haji Autobild" atau klik link tersebut
  • Langkah 3: Masukkan nomor porsi haji pada kolom yang ada. 
  • Langkah 4: Lalu kamu bisa mengklik tombol search yang ada di sebelah kanan nomor porsi.
  • Langkah 5: Tunggu beberapa saat hingga muncul data diri kamu beserta jadwal keberangkatan. 


Saat proses pengecekan ini dilakukan ada beberapa data diri kamu yang ditampilkan di layar. Misalnya nama, kabupaten dan provinsi tempat mendaftar, kuota dan perkiraan pemberangkatan.


Untuk perkiraan pemberangkatan ini dibagi menjadi dua bagian yaitu masehi dan hijriah. Dari perkiraan ini nantinya kamu melakukan berbagai hal sebelum sampai di tahun pemberangkatan haji. 

Hal Penting terkait Cek Nomor Porsi Haji

Ada beberapa hal penting saat mengecek nomor porsi haji dengan situs tersebut, diantaranya:


  1. Saat proses pengecekan tiba-tiba tidak muncul maka sedang ada perbaikan pada database. Proses pengecekan ini dilakukan rutin oleh Kemenag dan tidak diketahui waktu tepatnya. Sehingga ketika hal ini terjadi maka lakukan pengecekan di lain hari.
  2. Pastikan yang kamu masukkan nomor porsi haji bukan nomor SPPH. nomor porsi haji memiliki ciri-ciri terdiri dari 10 digit dan semuanya menggunakan angka. 
  3. Nomor porsi haji bisa kamu dapatkan ketika mendaftar untuk kuota Depag secara resmi. 
  4. Jika terdapat berbagai kendala, kamu bisa menghubungi call center Kemenag di 021-500425.

Estimasi Keberangkatan Haji

Saat kamu melakukan pengecekan akan tertera kapan estimasi keberangkatan haji calon jamaah. Dikatakan estimasi karena jadwal keberangkatan ini bisa saja berubah sewaktu-waktu. Karena berupa estimasi maka bisa saja lebih lama atau lebih maju tergantung dari aturan Kemenag. 


Proses perubahan ini bisa terjadi dan disesuaikan dengan bilangan pembagi daftar tunggu haji pada kuota di tahun berjalan. Untuk perhitungannya selalu menggunakan kuota tahun terakhir sebagai pembaginya. 


Misalnya pada tahun 2022, kuota haji di Indonesia sebanyak 100.000 calon jamaah. Jumlah diatas hanya 50% dari kuota pada tahun sebelumnya. Karena kuota ini menurun maka estimasi keberangkatan haji semakin lama. Namun jika kuota ini lebih tinggi maka keberangkatannya akan semakin cepat. 


Jadi untuk kamu bisa mendapatkan nomor porsi haji setelah melakukan setoran 30 juta di bank yang terdaftar di Kemenag. Pastikan nomor tersebut terdiri dari 10 digit dan berupa angka semuanya. 


Selanjutnya kamu bisa mengecek porsi haji ini situs Autobild yang disebutkan di atas. Pengecekan dengan situs ini tergolong lebih lengkap karena disertai juga dengan estimasi tahun masehi dan hijriah. 

 
×