Aksara Jawa adalah sistem tulisan abugida yang terdiri dari sekitar 20 hingga 33 aksara dasar, tergantung dari penggunaan bahasa yang bersangkutan. Seperti aksara Brahmi lainnya, setiap konsonan merepresentasikan satu suku kata dengan vokal inheren /a/ atau /ɔ/ yang dapat diubah dengan pemberian diakritik tertentu.

Belajar bahasa Jawa bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya memanfaatkan generator translate huruf dari autobild. Ini adalah tools yang akan membantu kamu dalam menerjemahkan bahasa jawa latin ke aksara Jawa atau sebaliknya. Cara penggunaannya cukup ketik kalimat pada kolom “Latin” di bawah ini lalu secara otomatis aksara Jawa akan muncul di kolom sebelahnya.


Latin
Aksara Jawa

Fitur Generator Aksara Jawa Dari Autobild

Tak jauh beda dengan generator pada umumnya, generator aksara Jawa dari autobild juga memiliki beberapa fitur seperti:


  1. Latin dan Aksara Jawa

Fitur pertama ini bisa kamu gunakan untuk menulis atau menyalin kalimat bahasa Jawa yang ingin diubah ke dalam aksara Jawa atau sebaliknya. Untuk jumlah katanya tidak dibatasi sehingga kamu bisa menerjemahkan sebanyak mungkin sesuai kebutuhan.


  1. Salin 

Ini adalah fitur yang digunakan untuk menyalin aksara Jawa setelah selesai diterjemahkan. Setelah tombol salin ini ditekan kamu  langsung bisa mengcopynya di halaman baru. 


  1. Switch

Switch menjadi fitur terakhir yang dimiliki oleh generator aksara Jawa dari autobild. Fitur ini berguna jika kamu ingin menerjemahkan aksara Jawa ke latin atau sebaliknya. 


Selain generator aksara Jawa, di autobild juga menyediakan banyak generator lain yang tak kalah menarik seperti daftar dibawah ini:


Belajar Mengenal Aksara Jawa 

Aksara merupakan huruf dasar yang merepresentasikan satu suku kata. Aksara Jawa memiliki sekitar 45 aksara dasar, tetapi tidak semuanya digunakan dengan setara. Dalam perkembangannya, terdapat aksara yang tidak lagi digunakan sementara beberapa lainnya hanya digunakan pada konteks tertentu sehingga huruf-huruf dalam aksara Jawa dikelompokkan ke dalam beberapa jenis berdasarkan fungsi dan penggunaannya.


Aksara Jawa masuk dalam peninggalan budaya yang masih dilestarikan hingga saat ini. Aksara Jawa sendiri terdiri dari 45 aksara dasar (tidak semua digunakan). Karena tidak semua digunakan, huruf dalam aksara Jawa kemudian dikelompokkan kedalam beberapa jenis dan digunakan sesuai dengan kebutuhan. 


Pemahaman terkait aksara Jawa umumnya sudah diajarkan sejak kita berada di sekolah dasar. Namun seiring dengan majunya teknologi belajar aksara jawa bisa dilakukan dengan banyak cara termasuk menggunakan bantuka tools atau generator dari autobild. Selamat mencoba!

 
×