Thursday, June 1, 2023

author photo June 01, 2023

Daftar isi [Tampil]

Facebook masih menjadi media sosial yang banyak digunakan saat ini. Karena sudah cukup berumur, banyak orang yang ingin mengenang apa yang mereka alami di tahun-tahun sebelumnya melalui postingan lama mereka. Salah satu cara menikmatinya adalah dengan mengubah sound of text Facebook.

Sound of Text Facebook, Ubah Status Facebook Jadi Ringtone

#1 Apa itu Sound of Text Facebook?

Sound Of Text Jawa
Sound Of Text Jawa

Sound of Text Facebook adalah mengubah teks postingan Facebook kita ke dalam bentuk suara. Setelah diubah menjadi bentuk suara atau bentuk audio, kita bisa menggunakannya sebagai ringtone atau nada dering juga mengirimkannya kepada orang yang kita kenal.


Apalagi jika postingan yang kita miliki tersebut memiliki makna yang spesial yang dulu sempat kita rasakan. Langsung saja kita mulai untuk cara membuat sound of text Facebook.

#2 Cara Membuat Sound of Text Facebook

Sound Of Text Sunda
Sound Of Text Sunda

Cara membuat audio dari postingan Facebook kita sangatlah mudah. Kita akan menggunakan aplikasi atau tool yang dikenal dengan nama Text to Sound yang akan merubah teks menjadi suara. Ada berbagai macam tool, hanya saja kali ini kita akan menggunakan dua tool yakni Sound of Text dan Voice of Text. Berikut langkahnya

1. Sound of Text

Cara pertama kita akan menggunakan Sound of Text WA. Berikut langkahnya.


  1. Pertama, cari postingan Facebook terbaik yang hendak kita ubah menjadi audio. Ada baiknya kita menggunakan laptop atau komputer untuk menyalin status atau Postingan Facebook kita.
  2. Setelah menemukan status, salin teksnya
  3. Kunjungi situs Sound of Text yakni di https://soundoftext.com
  4. Selanjutnya, paste atau tempelkan teks status yang sudah kita salin ke kolom yang sudah disediakan
  5. Pilih bahasa sesuai dengan teks yang kita tempelkan di bawah kolom teks
  6. Klik Submit dan tunggu beberapa saat
  7. Scroll ke bawah, akan ada dua opsi yakni Play untuk memainkan audio hasil perubahan teks
  8. Klik Play dan dengarkan. Apabila sudah sesuai, klik Download untuk mengunduh filenya

2. Voice of Text

Cara kedua adalah dengan menggunakan Voice of Text. Caranya kurang lebih sama, berikut langkahnya:


  1. Sama seperti langkah diatas, cari postingan Facebook terbaik yang hendak kita ubah menjadi audio. 
  2. Setelah menemukan status, salin teksnya. Kita bisa menambahkan tanggal dimana kita memposting status kita dalam teksnya nanti
  3. Kunjungi situs Voice of Text di https://www.voiceoftext.com
  4. Selanjutnya, paste atau tempelkan teks status yang sudah kita salin ke kolom yang sudah disediakan
  5. Pilih bahasa sesuai dengan teks yang kita tempelkan di bawah kolom teks
  6. Klik Convert to Voice dan tunggu beberapa saat. Voice of Text tidak memiliki fitur mendengarkan terlebih dahulu, jadi Anda harus mengunduhnya dulu dengan klik ikon download

Setelah mendapatkan file audionya, Anda bisa mengaturnya sebagai nada dering seperti ringtone telepon, nada pesan dan lainnya. Anda juga bisa mengirimkan file audionya ke seseorang yang Anda anggap spesial atau ada dalam status Facebook tersebut. Tentu kata-kata dalam status Anda tersebut sangat mengenang.


Bagaimana? Mudah bukan cara membuat sound of text Facebook. Untuk membuatnya semakin menarik, Anda bisa menangkap layar atau screenshot tampilan status Facebook Anda. Kemudian dengan menggunakan video editor seperti Cap Cut, Anda bisa menggabungkannya dengan file audio dan menambahkan musik.


Setelahnya, Anda bisa memberikannya ke media sosial seperti Instagram. Pasti banyak rekan Anda yang penasaran dengan apa yang Anda buat dari status lama Facebook Anda, selamat mencoba.

Next article Next Post
Previous article Previous Post