Wednesday, June 7, 2023

author photo June 07, 2023

Daftar isi [Tampil]

Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang cukup populer dan banyak digunakan oleh semua orang. Demi kenyamanan penggunanya, Facebook selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dengan menghadirkan fitur terupdate seperti filter, siaran langsung dan yang lainnya. 

Perbedaan Facebook Lite Versi Terbaru, Kelebihan serta Kekurangannya

Namun sayangnya, dengan hadirnya beberapa fitur tambahan tersebut membuat aplikasi ini semakin berat untuk digunakan. Selain itu, FB versi baru juga lebih boros kuota karena memakan banyak data.


Untuk mengatasi hal tersebut, kini muncul aplikasi FB yang jauh lebih ringan yaitu Facebook Lite. Meskipun hadir dalam versi lebih ringkas, namun fitur dan kegunaannya hampir sama dengan versi aslinya.

#1 Apa Itu Facebook Lite Terbaru?

Facebook Lite

Sesuai dengan namanya, Facebook Lite merupakan aplikasi turunan dari Facebook yang memiliki ukuran lebih ringan. Facebook Lite diluncurkan secara resmi pada tahun 2015 silam. 


Tujuan utama diciptakan Facebook Lite adalah sebagai solusi untuk pengguna dengan kualitas jaringan yang tidak stabil. Selain itu, aplikasi ini juga ramah untuk pengguna smartphone berspesifikasi rendah.


Meski memiliki ukuran yang lebih kecil, namun Facebook Lite  bisa digunakan secara optimal seperti Facebook pada umumnya. Aplikasi ini juga bisa dijalankan pada semua akses jaringan yang ada. Hal ini sangat bermanfaat bagi beberapa negara yang masih memiliki kualitas jaringan yang kurang memadai.

#2. Perbedaan Facebook dengan Facebook Lite Terbaru

Perbedaan Facebook dengan Facebook Lite

Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing. Begitu juga dengan aplikasi Facebook Lite terbaru. Meski memiliki tampilan yang serupa dengan Facebook lama, namun tetap ada beberapa perbedaan pada aplikasi Facebook Lite, berikut diantaranya:


1. Ukuran 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, perbedaan yang paling terlihat antara Facebook dengan Facebook Lite terbaru yaitu dari segi ukuran. Facebook Lite terbaru memiliki ukuran sekitar 1,5 MB, dibandingkan dengan Facebook yang memiliki ukuran hampir 54MB

2. Ruang Penyimpanan

Masih berhubungan dengan ukuran, Facebook Lite terbaru yang memiliki ukuran lebih kecil tidak memakan banyak ruang penyimpanan di ponsel. Hal ini bisa menjadi salah satu solusi bagi pengguna yang memiliki ruang penyimpanan ponsel yang terbatas.

3. Tampilan yang Sederhana

Perbedaan lainnya yang ada pada Facebook Lite terbaru yaitu dari segi tampilan. Facebook Lite memiliki tampilan yang sangat sederhana, sehingga mudah digunakan. Aplikasi ini lebih mengedepankan fungsi utama dibandingkan dari segi desain.


Lihat juga: Cara Mengatasi FF Tidak Bisa ogin Facebook

4. Hemat Kuota

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa Facebook Lite diciptakan khusus untuk ponsel dengan spesifikasi yang minim serta konektivitas internet yang rendah. Sehingga penggunaan kuota internet lebih hemat dibandingkan dengan aplikasi Facebook pada umumnya.


Selain itu, pengguna Facebook Lite terbaru masih bisa menggunakan atau mengoperasikan Facebook Lite meski hanya tersedia jaringan 3G, 2G bahkan Edge. Bisa dikatakan aplikasi Facebook Lite sangat praktis untuk digunakan dimana saja.


#3 Kekurangan Facebook Lite Terbaru

Kekurangan Facebook Lite

Selain mengetahui kelebihan atau perbedaan yang ada pada Facebook lama dengan Facebook Lite terbaru. Terdapat juga beberapa kekurangan yang ada pada Facebook Liter terbaru, berikut diantaranya:


1. Keterbatasan Fitur

Sekilas Facebook Lite terbaru memiliki tampilan yang sama seperti Facebook lama. Namun, Facebook Lite memiliki keterbatasan fitur dibandingkan dengan Facebook lama. Hal ini disebabkan karena ukurannya yang lebih kecil, sehingga harus memangkas sebagian fitur yang ada.


Beberapa fitur yang tidak ada di Facebook Lite terbaru yaitu game, siaran langsung, dan yang lainnya. Saat ingin menggunakan fitur tersebut, maka Facebook Lite akan mengalihkan pengguna langsung ke aplikasi browser yang tersedia di ponsel.

2. Load Tidak Otomatis

Facebook Lite terbaru mempunyai akses load yang lebih cepat, namun aplikasi ini tidak bisa melakukan load secara otomatis. Pengguna harus melakukan scrolling halaman Facebook untuk kembali load saat akan memilih menu yang lain. Hal ini sebenarnya lebih memakan waktu pengguna yang harus mengulang load lagi dari awal.

3. Kualitas Video & Foto Lebih Rendah

Kekurangan Facebook Lite selanjutnya adalah kualitas foto & video yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan Facebook.  Hal ini disebabkan gambar atau video yang ada pada Facebook Lite akan dikompres secara otomatis sehingga ukurannya menjadi kecil. Biasanya hal tersebut akan berpengaruh pada resolusi gambar yang pecah atau suara video yang kurang jernih.


#4 Cara Instal Facebook Lite Terbaru

Install Facebook Lite

Saat ini Facebook Lite bisa diinstal secara langsung melalui Google Play Store secara gratis. Pengguna juga bisa melakukan update sesuai dengan versi terbaru yang ada di Play Store. Tentu semua aplikasi yang ada di Play Store telah terbukti aman dan terpercaya.

Next article Next Post
Previous article Previous Post