Thursday, June 8, 2023

author photo June 08, 2023

Daftar isi [Tampil]

YouTube merupakan salah satu platform media sosial yang digunakan sebagai ajang hiburan berupa musik atau video. Melalui Youtube pengguna bisa menonton, mengunggah dan berbagai video. Tidak hanya itu saja, beberapa orang menjadikan YouTube sebagai ladang penghasilan dengan menjadi seorang Youtuber.


Lihat juga: Mengenal Situs Ubah Suara Voicechanger.io

Mengenal Fitur, Kelebihan, dan Cara Download YouTube Go Versi Lama

Kepopuleran YouTube sebagai salah satu media sosial terpopuler menjadi latar belakang munculnya Youtube Go. Aplikasi streaming video ini juga terus mengalami perkembangan dan pembaharuan guna memuaskan para penggunanya.


Namun meski demikian, ada beberapa orang merasa kecewa dengan adanya YouTube Go versi baru. Banyak pengguna yang merasa YouTube Go versi lama lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan versi baru. Lantas apa sebenarnya YouTube Go? Simak terus ulasan lengkapnya  berikut ini.

#1 Apa Itu YouTube Go?

YouTube Go

Sebelum membahas terlalu dalam, lebih baik kita memahami dan mengerti apa yang dimaksud dengan YouTube Go. Sesuai dengan namanya, YouTube Go merupakan aplikasi turunan dari YouTube ke dalam versi yang lebih ringan. 


Aplikasi ini dibuat khusus untuk pengguna YouTube yang berada di wilayah jaringan atau konektivitas rendah. Sama halnya dengan YouTube, pengguna YouTube Go terus mengalami peningkatan sejak awal perilisannya pada tahun 2016 silam. 


Namun karena alasan tertentu, pihak Google telah menghentikan aplikasi ini sejak Agustus 2022 kemarin. Meski telah dihapus dari Google, aplikasi ini tetap bisa diunduh melalui situs tertentu.

#2 Fitur Yang Disediakan Oleh YouTube Go versi Lama

Fitur YouTube Go

Banyak faktor yang menjadikan YouTube Go versi lama begitu diminati oleh banyak pengguna. Salah satunya adalah YouTube Go versi lama menyediakan beberapa fitur yang bisa digunakan oleh semua pengguna secara gratis, berikut diantaranya:


1. Nonton Video Offline

Pada aplikasi YouTube, umumnya pengguna harus menonton video secara online. Namun, berbeda halnya dengan YouTube Go yang menyediakan fitur untuk menonton video secara offline. Sehingga aplikasi ini sangat cocok bagi pengguna yang mengalami kendala pada akses internet.

2. Cek Penyimpanan dan Kuota

Sebagai aplikasi khusus yang diciptakan agar pengguna bisa lebih hemat kuota internet, maka aplikasi ini dilengkapi dengan fitur untuk pengecekan ruang penyimpanan dan pengecekan kuota. Jadi, pengguna bisa melakukan pengecekan kuota atau kapasitas penggunaan ruang yang ada di ponsel.

3. Share Video

Fitur menarik selanjutnya yang ada di YouTube Go versi lama yaitu pengguna bisa membagikan video secara offline. Dengan memanfaatkan koneksi Bluetooth, pengguna bisa berbagi semua video yang ada di YouTube dengan cara offline kepada semua orang.

4. Pilihan Bahasa

Fitur lainnya yang ada di YouTube Go versi Lama adalah YouTube Go dilengkapi dengan berbagai pilihan bahasa. Pengguna bisa memilih bahasa sesuai yang diinginkan. Hal ini sangat bermanfaat bagi pengguna, sehingga pengguna bisa dengan mudah memahami dan menggunakan YouTube Go.


#3 Kelebihan YouTube Go versi Lama

Selain menyediakan beberapa fitur unggulan seperti yang telah dibahas di atas. YouTube Go versi lama juga memiliki beberapa kelebihan yaitu:


  • Memiliki ukuran aplikasi yang lebih ringan
  • Penggunaan kuota internet jauh lebih hemat
  • Mudah untuk berbagi video YouTube
  • Kompatibel di semua jenis sistem operasi
  • Bebas menentukan kualitas video yang akan diunduh

#4 Perbedaan YouTube Go versi Lama dengan YouTube Go versi Baru

Perbedaan YouTube Go Lama vs Baru

Beberapa orang yang sudah menggunakan YouTube Go versi lama dan versi baru pasti telah mengetahui adanya perbedaan di antara keduanya.  Namun, bagi pengguna yang baru mengetahui tentang YouTube Go pasti akan bingung, dan penasaran tentang perbedaan keduanya. Berikut beberapa perbedaan antara YouTube Go versi lama dan versi baru yang perlu untuk diketahui:


  • Penggunaan aplikasi YouTube Go versi baru lebih lambat jika dibandingkan dengan versi lama. Hal ini disebabkan, YouTube Go versi baru lebih banyak menambahkan fitur dibandingkan dengan versi yang lama.
  • YouTube Go versi lama telah terbukti hemat dalam penggunaan kuota dibandingkan dengan versi YouTube Go yang baru.
  • Meski memiliki jenis aplikasi yang sama, YouTube Go versi lama sangat mudah digunakan dan memiliki tampilan yang sederhana dibandingkan dengan versi terbarunya yang jauh lebih kompleks.

#5 Cara Instal YouTube Go versi Lama dengan Mudah

Install YouTube Go

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, mulai Agustus 2022 YouTube Go sudah tidak ada di Google Play Store. Namun, bagi beberapa orang yang ingin menggunakannya bisa melakukan instal melalui pihak ketiga dengan cara berikut ini: 


  • Langkah 1: Pertama buka browser yang ada di Hp lalu klik YouTube Go versi Lama
  • Langkah 2: Tunggu proses download sampai selesai.
  • Langkah 3: Matikan update otomatis yang ada pada aplikasi Google Play Store.
  • Langkah 4: Pilih Play Store, lalu klik profil di sudut kanan atas, dan masuk ke menu Setelan.
  • Langkah 5: Pilih Preferensi jaringan, lalu pilih Update otomatis aplikasi, dan Jangan update otomatis aplikasi.
  • Langkah 6: Selanjutnya buka Youtube Go yang telah di download, lalu instal apk YouTube Go versi lama.
  • Langkah 7: Beri izin Youtub Go versi lama dengan cara mencentang sumber yang tidak dikenal.

Sampai disini pembahasan Autobild.co.id terkait YouTube Go versi lama mulai dari pengertian, fitur, kelebihan hingga cara mengunduhnya. Karena diunduh melalui situs tertentu, keamanan dari aplikasi ini belum terlalu bisa diperhitungkan. Namun jika memang dibutuhkan, pastikan kamu mengunduh dari situs yang benar-benar aman dan resmi.

Next article Next Post
Previous article Previous Post