Sunday, June 4, 2023

author photo June 04, 2023

Daftar isi [Tampil]

Jika Anda bosan dengan nada alarm bawaan hp yang itu-itu saja, maka bisa menggantinya dengan nada alarm dengan suara yang lebih keren dan unik. Lalu, bagaimana cara buat dan ganti nada alarm hasil buatan sendiri di hp Android?

Cara Buat dan Ganti Nada Alarm Buatan Sendiri di Android

Nada alarm setiap merk hp memiliki suara berbeda-beda dan khas. Anda bisa mengubahnya sesuai keinginan asalkan format audio untuk nada alarm sesuai dan support dengan sistem, biasanya nada alarm Android dalam format file MP3. 


Bagi Anda yang ingin membuat nada alarm Android keren, Anda bisa ikuti langkah-langkah proses pembuatannya di bawah ini. Yuk, simak!

#1 Cara Buat Nada Alarm HP Android

Ada beberapa langkah cara buat dan ganti nada alarm di hp Android. Namun, pertama akan membuat nada dering alarm terlebih dahulu. Setelah berhasil dibuat, maka dipasang di hp sebagai nada alarm. Berikut tutorial selengkapnya:

1. Cara Buat Nada Alarm dengan Text to Speech

Jika ingin membuat nada dering untuk alarm hp sendiri, maka bisa gunakan situs pengubah tulisan menjadi suara. Ada banyak pilihan karakter suara unik yang bisa dijadikan nada alam. Adapun cara membuatnya sebagai berikut:

Cara menggunakan Sound of Text


  1. Buka browser di hp Android Anda
  2. Silahkan akses situs sound of text 
  3. Kemudian masukkan teks pada kolom tersedia
  4. Pada Voice, pilih bahasa yang diinginkan
  5. Setelah itu, klik tombol Submit
  6. Klik Play untuk dengarkan hasil suara
  7. Klik Download untuk menyimpan suara

Pastikan suara atau audio yang sudah di download dalam format MP3 agar nantinya bisa dipasang di hp Android dengan mudah. Lalu, bagaimana cara buat nada alarm dari lagu yang sudah ada tanpa proses editing? Berikut tutorialnya.

2. Cara Buat Nama Alarm dari YouTube

Sebagai alternatif, jika tidak ingin repot membuat nada alarm sendiri maka bisa mencarinya melalui YouTube. Ada banyak kumpulan nada dering unik dan keren yang bisa dijadikan untuk nada alarm. Berikut langkah-langkahnya.
Cara menggunakan YTMP3
  1. Silahkan buka aplikasi YouTube di hp Anda
  2. Cari dan pilih lagu yang ingin dijadikan nada alarm
  3. Pilih share atau bagikan, lalu salin URL
  4. Selanjutnya akses ytmp3 dot cc
  5. Paste atau tempel URL di kolom tersedia
  6. Silahkan lanjut klik tombol Convert
  7. Pilih menu Mp3, lalu klik Download
  8. Tunggu proses download selesai

Otomatis lagu dengan format MP3 akan tersimpan di memori hp Anda. Langkah selanjutnya, Anda tinggal memasangnya saja sebagai nada alarm hp Android. Jika belum mengetahui cara pemasangannya, simak uraian di bawah ini!

#2 Cara Ganti Nada Alarm Keren dan Unik

Adapun cara buat dan ganti nada alarm sangatlah mudah, apalagi sudah memiliki stok nada dering keren dan unik yang akan dijadikan dering alarm. Anda cukup memasangnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Mengubah nada alarm di Android
  1. Langkah pertama, buka Pengaturan hp Anda
  2. Kemudian pilih menu Suara & Getaran
  3. Selanjutnya, Anda pilih menu Alarm
  4. Silahkan pilih semua nada
  5. Pilih nada yang sudah dibuat sebelumnya
  6. Selesai, nada alarm berhasil terpasang

Sebagai catatan, setiap merk hp mungkin cara pemasangan nada alarmnya berbeda-beda. Namun, intinya untuk mengganti nada alarm cukup mengakses menu berisikan nada dering hp yang ada di pengaturan. Mudah bukan cara memasangnya?


Sebenarnya ada banyak kumpulan nada dering yang bisa digunakan untuk nada alarm dan nada SMS. Namun, tidak ada salahnya mengikuti cara buat dan ganti nada alarm yang sudah diuraikan di atas. Yuk, praktekkan sekarang! Ubah nada alarm jadi keren!

Next article Next Post
Previous article Previous Post