Thursday, October 27, 2022

author photo October 27, 2022

Daftar isi [Tampil]

Voice Maker adalah salah satu situs yang cukup terkenal di Indonesia. Dengan situs ini Anda bisa mengkonversikan tulisan menjadi suara dan digunakan untuk kebutuhan konten maupun sebagai nada dering WA dan telepon. 

voice maker bahasa indonesia dengan pilihan suara keren
voice maker bahasa indonesia dengan pilihan suara keren

Adanya Voice Maker ini tentunya sangat membantu. Apalagi dilengkapi dengan fitur-fitur menarik yang tersedia, Anda bisa membuat berbagai jenis suara dengan menggunakan tipe-tipe suara yang ada di Voice Maker.

1. Cara Menggunakan Voice Maker untuk Notifikasi WA

Sebagai salah satu tool yang populer di Indonesia, ini dia cara menggunakan Voice Maker untuk notifikasi Whatsapp agar menarik yang bisa Anda ikuti dengan mudah.

variasi suara keren di situs voice maker
variasi suara keren di situs voice maker

  • Langkah 1: Kunjungi situs https://voicemaker.in/
  • Langkah 2: Tulis kalimat yang ingin Anda jadikan sebagai suara pada kolom yang tersedia
  • Langkah 3: Anda dapat mengganti tipe suara yang sesuai dengan keinginan Anda
  • Langkah 4: Anda juga bisa memilih bahasa yang tersedia
  • Langkah 5: Selanjutnya, Anda klik convert to speech untuk mulai mendengarkan hasilnya
  • Langkah 6: Download hasil suara menjadi MP3
  • Langkah 7: Buka Whatsapp ANda
  • Langkah 8: Pergi ke setelan Whatsapp
  • Langkah 9: Pilih pengaturan notifikasi, cari nada notifikasi
  • Langkah 10: Pilih MP3 dari Voice Maker
  • Langkah 11: Gunakan sebagai notifikasi WA

Untuk lebih jelasnya mengenai cara pasang dan menggunakan situs ubah suara dari teks mejadi nada dering WhatsApp, kamu juga bisa membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul sound of text wa

2. Fitur-Fitur yang Tersedia di Voice Maker

Setelah Anda mengetahui cara menggunakan Voice Maker untuk mengubah notifikasi, berikut ini informasi mengenai fitur-fitur yang tersedia di Voice Maker:

#1. Fitur Voice Effect dan Say As

Fitur pertama yang tersedia di Voice Maker adalah Voice Effect dan Say As. Fitur Voice Effect ini memungkinkan Anda menggunakan sentuhan efek suara yang bisa Anda sesuaikan dengan ketertarikan Anda, seperti breathing dan soft. 

fitur efek modifikasi suara di voice maker
fitur efek modifikasi suara di voice maker

Kemudian fitur Say As yaitu fitur yang dapat membuat suara terdengar lebih alami. Anda juga dapat memilih cara pembacaan teks oleh mesin sesuai yang Anda inginkan. Hal ini akan memacu kreativitas Anda untuk menghasilkan suara yang unik dan menarik. 

#2. Fitur Speed dan Pitch

Fitur selanjutnya yang tersedia di Voice Maker adalah Speed dan Pitch. Fitur Speed ini bisa Anda gunakan untuk mengatur cepat atau lambatnya pembacaan teks kalimat yang sudah Anda tulis.


Kemudian, fitur Pitch ini adalah fitur yang berfungsi untuk mengatur tinggi rendahnya nada suara. Dalam hal ini Anda sebagai pengguna bisa mengatur bagaimana mesin membaca teks yang telah Anda tulis.

#3. Fitur Emphasis dan Volume

Fitur ini berguna untuk Anda mengatur jenis suara yang akan dihasilkan melalui pembacaan teks. Anda bisa menggunakan fitur Volume untuk mengatur hal tersebut. Kemudian fitur Emphasis bisa Anda gunakan untuk membuat efek suara lebih ekspresif. Anda dapat mengatur feel suara yang dihasilkan melalui pengaturan yang tersedia di situs tersebut.

3. Kelebihan dari Voice Maker

Disamping fitur-fitur yang menarik, Voice Maker juga memiliki sejumlah kelebihan. Kelebihan tersebut sebagai berikut.

#1. Pilihan Bahasa yang Variatif

Kelebihan pertama dari Voice Maker adalah adanya pilihan bahasa yang variatif dan juga cukup lengkap untuk Anda gunakan. Dengan begitu Anda bisa membuat suara menjadi lebih beragam karena penggunaan bahasa yang dapat Anda pilih dengan bebas.

#2. Beragam Pilihan Jenis Suara

Voice Maker menawarkan Anda sebagai pengguna untuk memilih jenis suara yang menurut Anda cocok. Ada beragam jenis suara yang bisa Anda pilih pada situsnya. Anda juga bisa menentukan jenis kelamin dari pembaca teks tulisan Anda.

#3. Dibekali Pengaturan Suara yang Lengkap

Yang tidak kalah menarik dari Voice Maker adalah adanya pengaturan suara yang lengkap untuk Anda kombinasikan. Mulai dari speed, pitch, volume dan say as. Semua dapat Anda lakukan untuk lebih membuat suara teks lebih menarik.


Sebagai salah satu tool text to speech yang populer, Voice Maker ini telah banyak dipercaya oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan konten mereka. Dimana di era saat ini, adanya tool ini sangat membantu orang-orang dengan masing-masing tujuan mereka.


Namun, untuk menikmati berbagai fitur dan keunggulan tanpa batas, Anda dikenakan sejumlah biaya tertentu untuk untuk mengaksesnya. Harga tersebut tentunya sebanding dengan apa yang ditawarkan oleh Voice Maker.

4. Situs Voice Maker Alternatif untuk buat Suara Keren

Selain voicemaker.in, adapula beberapa situs pembuat suara keren yang bisa kamu gunakan secara gratis. Berikut review serta keunggulan masing-masing situs voice maker alternatif tersebut:

Voicechanger.io Situs Pengubah Suara Gratis

Setelah kamu mengetahui sekilas tentang Voice Maker, tidak ada salahnya kamu mengetahui pula situs ubah suara terbaik yang juga bisa digunakan sebagai nada dering yaitu situs Voice Changer.io. Berikut cara memakainya:
situs voice changer bisa upload mp3 atau rekam suara sendiri
situs voice changer bisa upload mp3 atau rekam suara sendiri
  1. Buka situs di alamat https://voicechanger.io 
  2. Kemudian akan ditampilkan tiga opsi yaitu “Use Microphone”, “Upload Audio”, dan “Generate Speech from Text”.
  3. Misalnya kamu memilih opsi “upload audio”, berikutnya kamu dapat memilih apakah ingin rekam langsung atau mengambil dari file manager.
  4. Setelah itu, kamu bisa pilih efek suara yang akan digunakan.
  5. Setelah berhasil memilih efek, nantinya kamu bisa mendengarkan hasilnya.
  6. Jika dirasa sudah cocok dan unik, maka kamu bisa download dengan cara pilih ikon tiga titik di sebelah logo volume yang ada di bar voice.
  7. Selanjutnya, klik “Download”, dan tunggu sampai proses download selesai.

Voice of text Situs Pembuat Suara Bahasa Jawa

Selain situs Voicechanger.io diatas, kamu juga bisa manfaatkan situs voice of text untuk membuat suara wanita dalam bahasa daerah seperti Jawa dan Sunda lalu menjadikannya sebagai nada dering. Berikut tutorial pembuatannya:

situs voice of text pembuat suara bahasa Jawa
situs voice of text pembuat suara bahasa Jawa

  1. Pertama buka situs voiceoftext.com lewat browser di hp kamu
  2. Selanjutnya pada koolom "Voice" pilih bahasa yang ingin dipakai, misalnya Javanese (Indonesian) untuk buat suara Jawa
  3. Lalu pada kotak "Voiceoftext" silahkan masukan teks kalimat yang ingin diubah jadi suara wanita
  4. Kemudian klik "Convert to Voice"
  5. Klik tanda panah kebawah yang berwarna biru untuk mendengarkan hasilnya
  6. Untuk mendownloadnya atau menyimpan di perangkat silahkan klik titik tiga dan pilih "Download"
  7. Maka otomatis sound of text wanita tersimpan di perangkat kamu

Demikianlah artikel mengenai Voice Maker, fitur, cara menggunakan, serta situs pembuat suara alternatif yang tersedia secara online dan gratis dan bisa kamu pakai untuk berbagai keperluan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post