Sunday, October 30, 2022

author photo October 30, 2022

Daftar isi [Tampil]

Setiap orang pasti pernah mendengarkan lagu yang menurutnya bagus tapi tidak tahu judul lagunya. Kamu mungkin mendengarkan lagu itu di media sosial, radio, tempat umum, dan lain sebagainya. Dulu kamu mungkin akan kebingungan mencari judul lagu tersebut. Namun sekarang adanya Google Assistant membantumu menemukan judul lagu serta penyanyinya dengan mudah.


Cara pakai “OK Google Lagu Apa Ini” dari Google Assistant sebenarnya sangat mudah. Tidak perlu berlama-lama lagi, ketahui cara menggunakannya berikut ini:

I. Mengenal Google Assistant

Google Assistant merupakan aplikasi asisten virtual yang dikembangkan oleh Google. Berbeda dengan layanan Google Now, layanan satu ini memungkinkan percakapan dua arah dengan bot. Pertama kali digunakan di aplikasi Google Allo pada bulan Mei 2016 lalu. Kini Google Assistant sudah menjadi aplikasi yang populer dan banyak digunakan, salah satunya yaitu untuk mencari lagu.

Selain mencari lagu, ada beberapa fitur lain yang dimiliki yaitu sebagai berikut:


fitur bantuan berbasis suara di google assitant
fitur bantuan berbasis suara di google assitant

#1. Memasang Pengingat

Sebagai produk dari Google, aplikasi satu ini tentu saja bisa terkoneksi dengan aplikasi Google lain seperti Google Keep, Gmail, Google Calendar, dan lain sebagainya. Jadi Anda bisa memanfaatkannya untuk memasang pengingat atau reminder. Cara memasangnya sangat mudah yaitu dengan mengatakan “OK Google set reminder for my monthly meeting”. Nanti aplikasi akan membantu mengatur jadwal bulanan.

#2. Memberi Informasi kondisi lalu lintas

Kemacetan merupakan hal yang biasa untuk kamu yang tinggal di kota besar. Google Assistant bisa memberikan informasi mengenai kondisi lalu lintas. Aplikasi ini juga bisa membantumu menemukan jalur yang tidak macet dan aman untuk sampai tujuan. Saat menjalankannya,, Google Assistant terintegrasi dengan Google Maps dan Waze.

#3. Menerjemahkan kata

Sebagian besar dari kamu pasti menerjemahkan bahasa asing menggunakan Google Translate. Namun aplikasi satu ini juga bisa menerjemahkan bahasa asing. Sangat berguna apabila kamu berada di luar negeri. Contoh penggunaannya yaitu “How do you say thank you in Japan”, nanti akan ada balasan sesuai bahasanya. Katakan “OK Google, repeat that” apabila pelafalannya belum jelas.

#4. Membacakan Berita

Fitur canggih terakhir yang dimiliki oleh Google Assistant adalah membacakan berita. Cara menggunakan untuk baca berita yaitu “OK Google, play the news”. Nanti aplikasi akan membacakan berita, kamu hanya perlu mendengarkannya sambil melakukan aktivitas lain. Jika ingin berhenti, kamu juga bisa memintanya berhenti.

II. Cara Menggunakan Google Assistant Untuk Mencari Lagu

Berikut ini adalah cara menggunakan Google Assistant untuk mencari lagu yang kamu inginkan:

buka ok google dan pilih telusuri lagu
buka ok google dan pilih telusuri lagu

  • Langkah 1: Aktifkan layanan terlebih dahulu dengan memberikan perintah suara “Hey Google” atau “OK Google”.
  • Langkah 2: Kamu bisa menanyakan judul lagu dengan perintah “OK Google Lagu Apa Ini” atau bisa dalam Bahasa Inggris yaitu “What’s this song”.
  • Langkah 3: Putar lagu lalu arahkan ke microphone ponsel. Google Assistant akan mendeteksinya.
    putar lagu saat google assistant sedang mendeteksi mp3 seperti gambar diatas
    putar lagu saat google assistant sedang mendeteksi mp3 seperti gambar diatas
  • Langkah 4: Aplikasi Google Assistant akan menampilkan informasi lagu lengkap. Ada juga fitur untuk membagikan tautan hasil pencarian.
  • Selesai.

III. Aplikasi Lain yang Bisa Untuk Mencari Lagu

Bukan hanya Google Assistant saja, masih banyak aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk mencari lagu yaitu sebagai berikut:

#1. Musixmatch

Aplikasi pertama yang bisa membantumu mencari lagu yaitu Musixmatch. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif lain dari Google Assistant. Kelebihan aplikasi ini yaitu bisa diunduh dan digunakan secara gratis. Bahkan kamu bisa mendengarkan lagu secara offline atau tidak terkoneksi ke internet. Selain memberikan judul lagu, Musixmatch juga memberikan informasi lain seperti penyanyi, album, dan lirik.

#2. Shazam

aplikasi shazam untuk deteksi lagu yang sedang diputar
aplikasi shazam untuk deteksi lagu yang sedang diputar
Shazam merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Apple Inc. Aplikasi ini mendapatkan review yang bagus dan telah diunduh lebih dari 500 juta pengguna di Play Store. Shazam memang populer digunakan untuk mencari dan mendeteksi lagu. Cara menggunakannya pun mudah. Kamu hanya perlu mendekatkan sumber suara ke ponsel saat aplikasi diaktifkan.

#3. Soundhound

SoundHound memiliki fitur yang hampir sama seperti kedua aplikasi sebelumnya. Cara menggunakannya pun juga sama. Adapun fitur yang bisa digunakan untuk mencari lagu dinamakan dengan Voice Command. Aktifkan fitur tersebut jika kamu ingin mencari lagu yang membuat penasaran. Aplikasi yang dikembangkan oleh SoundHound Inc ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali.

#4. MusicID

Meskipun belum sepopuler beberapa aplikasi sebelumnya, namun MusicID layak untuk kamu jadikan pilihan. Aplikasi ini memiliki user interface yang simpel sehingga bisa digunakan oleh siapa saja. Sudah diunduh lebih dari 500 ribu pengguna membuat aplikasi ini cukup terpercaya. Kamu bisa mencari lagu menggunakan fitur yang ada. Lalu gunakan fitur Explore untuk mencari tahu lebih dalam mengenai lagu tersebut.

#5. Music Recognition

Music Recognition adalah aplikasi pendeteksi lagu yang cocok untuk HP memori kecil. Pasalnya kapasitasnya juga kecil sehingga bisa digunakan di HP milikmu. Sudah lebih dari 10 juta orang menggunakannya. Selain bisa mencari lagu, kamu juga bisa menggunakan Music Recognition untuk melihat video Youtube lagu yang dicari. Ada fitur lampu flash untuk sensasi mendengarkan musik yang lebih menarik.

#6. Genius

Alternatif terakhir untuk mencari lagu yang tidak kamu ketahui adalah aplikasi Genius. Aplikasi berwarna kuning ini dikembangkan oleh Genius Media Group Inc. Bukan hanya bisa menemukan lagu, kamu juga bisa melihat lirik lagunya jika menggunakan aplikasi ini. Genius sudah diunduh lebih dari 5 juta orang di Play Store.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai cara pakai “OK Google Lagu Apa Ini”. Sangat mudah bukan? Kecanggihan teknologi memang memudahkanmu dalam melakukan berbagai hal. Aplikasi Google Assistant juga aplikasi yang aman sehingga bisa kamu gunakan tanpa khawatir. Semoga apa yang dibahas mengenai cara pakai Google Assistant tersebut bermanfaat ya!

Next article Next Post
Previous article Previous Post