Wednesday, September 14, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Meta: Perbedaan iPhone XS dan XR tidak hanya terletak pada body dan tampilannya saja. Melainkan juga kapasitas baterai, mana yang lebih tangguh?


Harga iPhone terbaru memang sangat tinggi, terlebih untuk seri yang belum lama keluar. Banyak yang memilih alternatif dengan membeli iPhone seri sebelumnya, salah satunya iPhone XR. Adapun perbedaan iPhone XS dan XR memang banyak dicari karena keduanya memang mirip.


Membeli iPhone seri lawas bisa menjadi keputusan yang tepat jika budget terbatas. Namun, sebaiknya tetap teliti dengan menanyakan sejumlah fitur normal dan minus ke pihak penjual. iPhone XS dan XR sendiri peminatnya masih cukup banyak di kalangan pecinta produk Apple.

Perbedaan iPhone XS dan XR

Perbedaan iPhone XS dan XR
Lebih bagus mana iPhone XS dan XR
Kedua seri iPhone yang sama-sama dirilis tahun 2018 tersebut memang masih worth it dibeli di tahun ini. Fitur-fiturnya menunjang kebutuhan penggunaan smartphone sehari-hari. Terlebih hasil jepretannya pun terbilang menakjubkan dibanding beberapa seri sebelumnya.


Namun, sebaiknya kenali perbedaan iPhone XS dan XR terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar terhindar dari rasa penyesalan apabila memilih produk yang salah.

1. Tampilan Layar

Beda tampilan layar iPhone XR dan XS
Beda tampilan layar iPhone XR dan XS

Apple merancang layar iPhone XS lebih berbeda dibanding seri sebelumnya. Bagaimana tidak, iPhone XS memiliki tampilan jernih karena menggunakan layar OLED. Sementara itu, LCD yang digunakan iPhone XR tidak lebih unggul meski menggunakan gimmick “liquid retina”.


Perbedaan lainnya juga terlihat pada backlight layar iPhone XS jangkauan pandangannya lebih luas. Gambar yang ditampilkan lebih menarik karena kontras lebih tajam dibanding liquid retina yang diunggulkan seri XR.


iPhone XS memang kalah dari segi ukuran layar, yaitu 5,7 inci. Sedangkan iPhone XR lebih lebar sedikit sebesar 6,1 inci. Namun, bukan berarti kerapatannya lebih baik karena seri XS dirancang dengan pixel 458 ppi dan seri XR hanya 326 ppi.

2. Model Bodi

Model bodi iPhone XR lebih kecil dibanding XS
Model bodi iPhone XR lebih kecil dibanding XS

Perbedaan iPhone XS dan XR juga terletak pada material bodinya sehingga keduanya memiliki bobot berbeda. iPhone XR terbuat dari bahan aluminium dan memiliki berat 177 gr. Sedangkan iPhone XR sedikit lebih berat, yaitu 194 gr dan terbuat dari baja anti karat.


Kedua smartphone ini sama-sama bersifat water resistant, namun tipe sertifikatnya berbeda. iPhone XR bersertifikat IP67 sedangkan XS lebih tinggi, yaitu IP68. Dengan demikian, seri yang lebih tahan dari air dan debu adalah iPhone XS.

3. Kamera

Perbandingan hasil jepretan kamera iPhone XR da XS
Perbandingan hasil jepretan kamera iPhone XR da XS

Perbedaan iPhone XS dan XR yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Pada dasarnya, kedua seri iPhone ini memiliki resolusi sebesar 12 MP. Hanya saja, iPhone XS dirancang dengan fitur optical zoom yang lebih canggih.


Tak heran jika hasil gambar terlihat lebih jernih dan tajam. Namun, bukan berarti hasil kamera iPhone XR tidak bagus, hasilnya juga terlihat menakjubkan. Terlebih jika berada di pencahayaan yang maksimal.


Baca juga: Cara Sound of Text iPhone di Aplikasi WhatsApp

4. Baterai

Beda kapasitas baterai iPhone XS dan XR
Beda kapasitas baterai iPhone XS dan XR

Jika membutuhkan daya baterai yang lebih tangguh, maka iPhone XR bisa menjadi pilihan dibanding XS. Hal ini karena kapasitas baterainya mencapai 2942 mAh, sedangkan sedikit lebih rendah yaitu 2.658 mAh.


Kapasitas baterai juga berpengaruh terhadap penggunaan fitur multi media. Misalnya dalam menjalankan musik atau video, iPhone XR memiliki ketahanan yang lebih baik dibanding XS. Tidak sedikit yang berspekulasi perbedaan ini disebabkan perbedaan penggunaan jenis layar LCD.

5. Harga

Perbedaan harga iPhone XR dan XS
Perbedaan harga iPhone XR dan XS

iPhone XS dan XR dirilis di tahun yang sama, yaitu 2018. Apple menyediakan pilihan warna yang kekinian, yaitu putih, koral, hitam, merah, dan biru. Adapun harga pertama kali rilis untuk iPhone XR adalah mulai dari Rp 10 juta, sedangkan iPhone XS mulai dari Rp14 juta.


Lihat juga: Ini Perbedaan iPhone 11 dan iPhone 12 yang Perlu Kamu Tahu!


Namun, harga second untuk seri iPhone ini semakin menurun. Terlebih jika membeli versi ex inter, bahkan banyak yang menjual di bawah Rp5 juta.


iPhone memang menjadi smartphone impian banyak orang. Namun dengan memahami perbedaan iPhone XS dan XR dari Autobild.co.id diatas, membeli versi lawas juga bisa menjadi pilihan tepat. Perhatikan setiap perbedaannya dengan baik agar tidak menyesal nantinya.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×