Tuesday, September 13, 2022

author photo September 13, 2022

Daftar isi [Tampil]

Aplikasi media sosial Facebook masih menjadi idola bagi sebagian besar masyarakat dunia, terutama Indonesia. Ya, seiring dengan bermunculannya aplikasi sosial media terbaru seperti Instagram, Tiktok, dan sebagainya, rupanya aplikasi Facebook tetap eksis hingga saat ini.

solusi aplikasi facebook lite unsupported tidak bisa dibuka
solusi aplikasi facebook lite unsupported tidak bisa dibuka

Apalagi, sejak kemunculan aplikasi Facebook Lite yang merupakan versi mini dari aplikasi Facebook reguler. Namun, benarkah belakangan ini aplikasi Facebook Lite mengalami gangguan? Bagaimanakah solusi Facebook lite apk unsupported (FB Lite tidak bisa dibuka)?

#1 Solusi Mengatasi Facebook Lite Apk Unsupported 

Versi lite sendiri hadir sebagai solusi aplikasi Facebook dengan kapasitas memori yang lebih ringan. Dengan demikian, masyarakat yang memiliki kapasitas penyimpanan atau RAM terbatas, bisa menginstal aplikasi lite untuk tetap eksis di media sosial. 


Lalu, bagaimana jika aplikasi lite tersebut mengalami gangguan, sepertipemberitaan yang santer belakangan ini? Pasti sangat meresahkan, bukan?


Saking ramainya, berita ini berhasil menjadi trending topics dan ikut terpampang di Google Trends. Nah, menghadapi kondisi ini, tentunya panik saja tidak akan menyelesaikan masalah. Mengingat, belum ada kejelasan terkait alasan FB Lite tidak bisa diakses oleh penggunanya.

notif unsupported version of facebook lite
notif unsupported version of facebook lite

Sembari menunggu kejelasan tersebut dari pihak FB, kami berikan sejumlah solusi Facebook lite apk unsupported (FB Lite tidak bisa dibuka) untuk Anda lakukan. Siapa tahu, bisa work dan mengobati keresahan Anda tanpa kehadiran FB lite seharian ini:

1. Mulai ulang (restart) ponsel Anda

Cara mengatasi Facebook yang tidak bisa dibuka pertama yaitu dengan memulai ulang (restart) ponsel Anda. Seperti saat mengalami hang atau gangguan pada aplikasi di smartphone, memulai ulang adalah langkah pertama yang efektif. Sebab, bisa jadi ponsel Anda sedang lelah dan perlu melakukan pemuatan ulang.


Selain itu, restart ponsel juga berkaitan dengan penuhnya RAM. Jadi, apabila aplikasi Facebook Lite Anda bisa kembali normal usai mulai ulang, bisa dikatakan bahwa masalah tersebut terjadi karena memori RAM yang penuh.


Lihat juga: Cara Memulihkan Akun Facebook yang dihack

2. Cek koneksi internet, pastikan dalam kondisi stabil

Kendati hanya sebagai aplikasi versi lite, namun Facebook Lite juga memerlukan spesifikasi tertentu untuk bisa digunakan dengan nyaman dan tanpa kendala. Nah, untuk memastikan aplikasi FB Anda terfasilitasi dengan baik, silahkan cek koneksi internet yang Anda miliki. Apakah dalam kondisi stabil atau tidak?


Apabila sinyal tidak stabil, pastinya akan mengganggu koneksi internet Anda. Dengan kata lain, akan mempengaruhi dan menyebabkan aplikasi FB lite tidak bisa dibuka.


Oleh karena itu, cara memperbaiki tampilan Facebook seperti semula yaitu dengan memastikan kembali jaringan sekaligus kuota internet Anda stabil kembali. Sebelum itu, sebaiknya rehat sebentar dari aplikasi FB lite ya!

3. Bersihkan file cache

Apabila aplikasi FB lite Anda masih mengalami gangguan setelah melakukan dua cara di atas, coba bersihkan file cache pada ponsel Anda. Berikut langkah-langkahnya:

cara hapus cache facebook lite setelah install ulang
cara hapus cache facebook lite setelah install ulang

  • Buka menu Setting atau pengaturan ponsel Anda
  • Pilih menu manajemen aplikasi
  • Cari aplikasi Facebook lite
  • Pilih hapus cache.

Selanjutnya, buka aplikasi Facebook lite Anda. Apakah sudah berjalan normal atau belum? Jika belum, silahkan ikuti solusi di bawah ini.

4. Hapus data aplikasi Facebook lite

Solusi selanjutnya yaitu dengan cara hapus data aplikasi facebook lite. Berikut langkah-langkahnya:


  • Buka menu Setting atau pengaturan ponsel Anda
  • Pilih menu manajemen aplikasi
  • Cari facebook lite
  • Klik berhenti paksa dan hapus data.

Cara ini akan menghapus akun Anda pada aplikasi Facebook lite pada ponsel Anda. Biasanya, hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi memori yang tersimpan selama Anda menggunakan Facebook lite.


Apabila sudah menghapus data aplikasi, silahkan login Facebook untuk bisa menggunakannya kembali.

5. Instal ulang aplikasi Facebook lite

install ulang facebook lite dari google play
install ulang facebook lite dari google play
Terakhir, instal ulang Facebook Lite APK untuk mengatasi masalah Facebook lite tidak bisa diakses. Caranya dengan menghapus aplikasi FB lite pada menu pengaturan dan mengunduhnya kembali melalui Play Store.


Masalahnya, bagaimana jika kelima cara di atas masih belum bisa berhasil mengatasi FB lite tidak bisa dibuka? Jika demikian, solusi Facebook lite apk unsupported adalah dengan menunggu konfirmasi dari pihak pengembang. Siapa tahu, memang sedang ada perbaikan, sehingga FB lite tidak bisa dibuka dialami secara global.

Next article Next Post
Previous article Previous Post