Monday, September 19, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

Apple iPhone X dirilis di tahun 2017, sementara Apple iPhone XS dirilis 1 tahun kemudian (2018). Kedua iPhone tersebut memiliki kemiripan rupa. Meskipun merupakan model terbaru dari, iPhone XS dinilai tidak terlalu signifikan bedanya dengan pendahulunya. Ada 5 perbedaan iPhone X dan XS yang bisa ditemukan.

iPhone X dan XS, Bingung Pilih Mana Yuk Cari Tahu Beda Harga dan Speknya
iPhone X dan XS, Bingung Pilih Mana Yuk Cari Tahu Beda Harga dan Speknya

Perbedaan keduanya ada pada performa, baterai, kamera, tampilan, dan desain. Melihat spesifikasinya, wajar jika orang kesulitan menemukan perbedaan keduanya kecuali komponen prosesor. Untuk mengetahui perbedaan keduanya memang diperlukan analisis dan penelusuran yang lebih jauh.

Daftar Perbedaan iPhone X dan XS

Berikut adalah 5 perbedaan antara Apple iPhone X dengan Apple iPhone XS.


1. Performa

Perbedaan antara iPhone X dan iPhone XS yang terlihat jelas ada pada prosesor yang digunakan. iPhone X menggunakan prosesor Apple A11 Bionic. Sementara iPhone XS menggunakan prosesor yang lebih baru, yaitu Apple A12 Bionic. Dengan prosesor yang lebih baru, tentu saja performa iPhone XS lebih baik.

Prosesor A12 Bionic di iPhone XS

Dari sisi grafis, pihak Apple menjanjikan lompatan 50%. Dalam pemrosesan gambar, Apple iPhone XS pun lebih baik. Kapasitas RAM 4GB membuat kemampuan multitasking dari iPhone XS jelas lebih baik. Hal yang lebih baik lainnya adalah jaringan 4G yang lebih cepat pada Cat 16 LTE dan support pita 600MHz.

2. Baterai

Perbedaan iPhone X dan XS selanjutnya ada pada daya tahan baterai. Pihak Apple memang menjanjikan adanya peningkatan daya tahan baterai dari iPhone X ke iPhone XS. Janji tersebut ditepati. iPhone XS memiliki baterai berkapasitas 2658 mAh. Sementara iPhone X memiliki baterai berkapasitas 2716 mAh.


Baterai pada iPhone XS memiliki daya tahan 30 menit lebih lama. Pengisian nirkabel yang disediakan pun dianggap lebih cepat. Sayangnya, meskipun ada perbedaan pada ketahanan baterai dan pengisian daya, namun perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan.

3. Kamera

Kualitas kamera iPhone XS lebih unggul dibanding IP X

Dari sisi perangkat keras kamera, tidak banyak perbedaan antara kedua iPhone X dan Iphone XS. Kedua iPhone menggunakan kamera utama 12 MP Wide Angle dan 12MP Telephoto serta kamera depan 7MP. Perbedaan ada pada pikselnya dimana XS menggunakan 1,4µm, sementara X menggunakan 1,22 µm.


Umumnya, semakin besar pikselnya maka kamera akan semakin baik dalam pengambilan cahaya. Pada praktiknya, memang iPhone XS mampu menyesuaikan keburaman latar belakang gambar setelah dipotret. Di luar perbedaan yang hampir tidak terlihat tersebut, kualitas kamera antara kedua iPhone relatif sama.

4. Tampilan

iPhone X dan XS sama-sama menampilkan layar 5,8 inci Super Retina Display dengan resolusi 2436 x 1125, 458 ppi OLED. Melihat spesifikasi inti, siapapun akan kesulitan melihat perbedaan iPhone X dan XS dari sisi tampilan. Perbedaan keduanya dari sisi ini ternyata terdapat pada performa layar iPhone-nya.


Apple iPhone XS sudah didukung HDR10/Dolby Vision yang membuat peningkatan kualitas pada gambar dan video. Ponsel tersebut juga menyediakan apa yang disebut Penginderaan Sentuh 120Hz. Adanya hal tersebut membuat layar iPhone XS lebih responsif. Dari sisi tampilan, perbedaan keduanya memang minor.

5. Desain

Ada alasan kenapa banyak orang menganggap iPhone X dan iPhone XS adalah HP kembar. Keduanya memiliki tampilan yang mirip. Dimensinya pun sama, yaitu 143,6 x 70,9 x 7,7 mm. Terlihat sama, ternyata keduanya memiliki perbedaan. iPhone XS lebih berat dan memiliki ketahanan air dan debu yang lebih baik.


Perbedaan lain dari kedua iPhone yang termasuk minor adalah penambahan Dual SIM dan warna. Soal harga, berdasarkan pantuan tim Autobild.co.id, harga iPhone X second ada di kisaran Rp 3 - 5 juta. Sementara, harga iPhone XS ada di kisaran Rp 4 - 6 juta. Setelah melihat perbedaan iPhone X dan XS di atas, kesimpulan pun bisa diambil.


Perbedaan antara kedua HP tersebut terasa signifikan pada performanya. Prosesor baru yang digunakan membuat performa iPhone XS terasa lebih kencang dan lebih baik ketimbang pendahulunya, iPhone X.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×