Wednesday, November 24, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Ketika Anda membutuhkan alat penerjemah yang cepat dan bagus mungkin akan terpikir menggunakan berbagai layanan yang ada di internet. Sejauh ini memang internet telah memberikan banyak kemudahan termasuk menerjemahkan bahasa asing seperti dari Google Translate.


Namun, masih ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia. Cara-cara ini umumnya bisa dilakukan dengan cepat dan bisa menjadi langkah alternatif ketika ada alat yang bermasalah untuk menerjemahkan bahasa asing.

Cara Pakai Google Translate Inggris Indonesia

cara pakai google translate inggris indonesia
cara pakai google translate inggris indonesia
Layanan untuk mengartikan dari bahasa asing menjadi bahasa yang Anda inginkan tidak hanya terbatas menggunakan Google Translate saja. Walaupun mungkin yang paling utama dan selalu jadi tujuan adalah layanan dari Google tersebut.


Ada beberapa cara menggunakan penerjemahan Google Translate Inggris Indonesia yang bisa Anda lakukan. Berikut beberapa caranya:

Cara pertama yang bisa Anda coba lakukan adalah dengan langsung menggunakan kolom pencarian di layanan mesin pencari Google. Mungkin Anda sebelumnya tidak membayangkan kalau sebenarnya proses penerjemahan bahasa asing bisa dilakukan lewat mesin pencarian Google.


Ketika cara ini digunakan, maka layanan mesin pencarian akan memberikan hasil pencarian berupa arti dari bahasa asing yang Anda masukkan tadi. Namun jika Anda memutuskan menggunakan cara ini, maka harus memperhatikan beberapa hal agar berhasil.


Sebenarnya, mesin pencarian Google tersebut juga masih memanfaatkan layanan Google Translate untuk menerjemahkannya. Hanya saja penggunaannya memang lebih simpel dan cepat dibandingkan cara normal ke situs Google Translate.


Caranya sangat mudah sekali seperti di bawah ini:


  • Pertama copy semua bahasa asing yang ingin Anda artikan ke bahasa lain sesuai keinginan.
  • Setelah itu, bisa buka browser dan masuklah ke situs Google agar berada di halaman pencarian Google.
  • Pada kolom pencarian yang kosong, tempelkan salinan text atau kalimat bahasa asing tadi dan tambahkan tulisan “Translate” atau “Google Translate” di bagian akhir kalimat asing tersebut.
  • Terakhir, tinggal tap tombol Cari dan akan muncul hasil penerjemahannya.
    cara pakai translate langsung di google search
    cara pakai translate langsung di google search

Sayangnya, cara ini tidak bisa digunakan untuk kalimat yang panjang. Hanya efektif untuk dua atau tiga kalimat saja. Kalau Anda ingin menerjemahkan kalimat yang panjang, maka bisa mengarah langsung ke situs Google Translate.


Baca juga: Buat Suara Google jadi Notifikasi WA

#2 Akses Domain atau Situs Google Translate

Cara ini merupakan kelanjutan dari yang sebelumnya yaitu ketika Anda kesulitan menerjemahkan kalimat yang panjang. Solusinya adalah mengakses domain atau situs dari penyedia layanan penerjemahan bahasa.


Sekarang ini sudah ada banyak sekali layanan penerjemahan bahasa asing ke bahasa yang diinginkan. Cara penggunaannya sebagian besar juga sangat mudah dan tidak akan membuat Anda kebingungan.


  • Pertama, bisa salin atau copy semua kalimat yang ingin diterjemahkan.
  • Setelah itu, buka dan jalankan aplikasi browser yang Anda miliki.
  • Pada bagian kolom url, ketik dengan “https://translate.google.co.id/” dan pilih Buka / Enter.
    katik alamat situs translate.google.com
    ketik alamat situs translate.google.com
  • Tunggu halaman dimuat dan tempelkan teks tadi ke kolom sebelah kiri.
  • Kemudian pada kolom sebelah kanan, ubah saja bahasa menjadi target penerjemahan yang Anda butuhkan.
  • Selesai.

Cara menerjemahkan kalimat menggunakan website dari Google Translate ini memang memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satunya adalah Anda bisa menerjemahkan dokumen secara langsung tanpa harus menyalinkan per paragraf.


Dengan begitu, Anda tinggal upload dokumen dan sistem akan menerjemahkannya. Selain itu, situs ini juga bisa menerjemahkan bahasa dalam berbagai cara seperti lewat suara yang Anda sampaikan, lewat percakapan langsung, penulisan langsung dan lain-lain.

#3 Install Aplikasi

Cara menerjemahkan bahasa asing yang jauh lebih simpel dan cepat bisa memanfaatkan beberapa penyedia aplikasi translate bahasa. Sampai sekarang ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda pilih untuk mengartikan bahasa asing ke bahasa yang dibutuhkan.

aplikasi google translate untuk android
aplikasi google translate untuk android

Cara ini dinilai jauh lebih mudah, cepat, dan bisa dipakai kapan saja saat dibutuhkan. Namun biasanya jika Anda ingin menerjemahkan kalimat yang panjang, akan membutuhkan akses internet. Tetapi, untuk sekedar menerjemahkan kata biasanya bisa digunakan secara offline.


Ada satu aplikasi yang bisa membantu menerjemahkan kalimat secara offline yaitu aplikasi Google Translate Mobile, kamu dapat mengunduhnya pada link berikut ini:


  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.translate&hl=in&gl=US

Tapi sebelumnya Anda harus menginstal bahasa yang diinginkan dan baru bisa dijalankan secara offline.


Bagaimanapun juga biasanya hasil terjemahan menggunakan alat seperti ini tidak bisa dipakai 100%. Alasannya adalah ada penggunaan kata ganti maupun kata yang kurang tepat. Sebab, semua terjemahan merupakan hasil sistem yang tidak luput dari kekurangan.


Jadi Anda harus menyempurnakannya dengan membacanya kembali dan mengganti arti yang kurang tepat agar lebih mudah dipahami.

Rekomendasi Aplikasi Alternatif

Ada beberapa rekomendasi aplikasi alternatif yang bisa Anda pilih untuk menerjemahkan bahasa asing agar lebih mudah dan cepat. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi alternatif selain Google Translate:


  1. Bing Translator

fitur autodetect bahasa bing translator
fitur autodetect bahasa bing translator
Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah bernama Bing Translator. Aplikasi ini merupakan hasil karya perusahaan IT ternama yaitu Microsoft. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk menerjemahkan berbagai bahasa asing dengan cara yang mudah dan fitur melimpah.


  1. Yandex Translate

Jika Anda mencari aplikasi yang bisa menerjemahkan suara, mungkin Yandex Translate ini bisa jadi pilihan. Aplikasi ini sudah hadir sejak lama sekali sekitar tahun 2011 dan sudah tidak diragukan layanannya dalam menerjemahkan bahasa asing.


  1. iTranslate

tampilan web app iTranslate
tampilan web app iTranslate
iTranslate memiliki tampilan yang sangat simpel dan sederhana. Dengan begitu, akan memudahkan Anda dalam pengoperasiannya sehari-hari. Aplikasi penerjemah bahasa Inggris Indonesia ini cocok bagi Anda, pembaca setia Autobild.co.id yang tidak suka dengan tampilan yang rumit dan membingungkan.


Di zaman sekarang, penerjemahan bahasa asing bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu menggunakan situs maupun aplikasi untuk menerjemahkan bahasa asing. Pilihannya juga sangat banyak tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

This Is The Newest Post
Previous article Previous Post