Friday, November 12, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Aplikasi perekam layar yang ada di PC jenisnya ada banyak. Anda bisa menggunakan versi gratis dengan fitur yang sedikit terbatas atau versi profesional dengan fitur yang sangat lengkap. Semua bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang dimiliki.


Apabila ingin menggunakan aplikasi perekam layar yang gratis, disarankan untuk menggunakan beberapa yang akan terjadi di bawah ini. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa dengan mudah melakukan perekaman dan membuatnya menjadi video yang bisa disunting untuk dimasukkan YouTube.

Daftar Aplikasi Perekam Layar PC

perekam layar laptop gratis tanpa watermark
perekam layar laptop gratis tanpa watermark

1. Hitpaw Screen Recorder

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang cukup sederhana saat digunakan. Jadi, seorang pemula bisa menggunakan aplikasi ini secara maksimal untuk melakukan berbagai jenis perekaman pada layar komputer atau laptop yang dimiliki.

Hitpaw Recorder ideal untuk merekam gameplay YouTuber
Hitpaw Recorder ideal untuk merekam gameplay YouTuber

Biasanya aplikasi ini digunakan untuk berbagai keperluan seperti melakukan perekaman pada presentasi, meeting, webinar, atau aktivitas lain yang dilakukan secara online dan ingin direkam agar memiliki cadangan filenya.


Artikel terkait: Cara Download Video YouTube jadi MP3


Kelebihan dari aplikasi ini selain gratis adalah bisa menyesuaikan resolusi rekaman layar sesuai dengan keinginan. Selain itu, tersedia juga fitur recording sehingga bisa membuat rekaman layar menjadi lebih sempurna.

2. VideoProc

Aplikasi perekaman biasanya cukup memberatkan kerja dari komputer atau PC. Itulah kenapa beberapa orang selalu mencari aplikasi perekaman layar yang ukurannya tidak terlalu besar dan tidak akan membuat kinerja dari CPU menjadi lebih berat.

videoproc vlogger free download
videoproc vlogger free download

Apabila Anda mencari aplikasi yang demikian maka VideoProc adalah pilihan yang sangat tepat. Apalagi kualitas video rekaman yang cukup stabil, Anda bisa membuat rekaman apapun entah itu tutorial ataupun presentasi tanpa ada gangguan sama sekali.


Suatu kekurangan yang dimiliki aplikasi ini adalah fitur yang ditawarkan tidak terlalu lengkap. Namun, untuk perekaman standar saja sudah cukup. Jadi, dengan alat pengunting lain.

3. Tiny Take

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan merupakan salah satu alternatif perekam layar PC yang banyak digunakan. Meski gratis bukan berarti tidak memiliki fitur yang bermanfaat, justru aplikasi ini menawarkan sesuatu yang mirip sekali dengan aplikasi premium.

tiny take video recording software
tiny take video recording software

Anda bisa melakukan perekaman dengan mudah dan memilih area mana saja yang akan diambil. Selain itu, bisa juga melakukan zoom in atau zoom out. Aplikasi juga memiliki fitur anotasi dan beberapa fitur lain sehingga memudahkan proses rekaman.


Apabila ingin menggunakannya untuk merekam dengan durasi cukup panjang, disarankan untuk melakukan upgrade ke versi yang lebih profesional. Jadi, rekaman bisa sampai 120 menit.

4. WM Capture

Secara fungsi aplikasi aplikasi ini hampir sama dengan yang lain yaitu melakukan perekaman dan menyesuaikan isinya. Meski demikian, ada beberapa kelebihan yang dimiliki dan cukup bisa diandalkan yaitu fitur perekaman terjadwal.


Dengan fitur pertama terjadwal ini anda bisa melakukan perekaman tanpa harus ditunggu terlebih dahulu. Misal ingin merekam webinar atau acara apapun, dengan menggunakan fitur ini semuanya bisa berjalan otomatis lalu hasilnya akan disimpan ke berbagai jenis format termasuk MPEG dan WMV.


Aplikasi perekam layar PC memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda-beda. Meski demikian, secara umum bisa digunakan untuk melakukan perekaman dengan kualitas video yang cukup baik. Selanjutnya video bisa disimpan secara langsung atau disuntik dengan menggunakan aplikasi tersebut.


Aplikasi perekam layar rekomendasi Autobild.co.id diatas bisa dimanfaatkan dengan baik untuk membuat konten khususnya yang berhubungan dengan tutorial. Jadi, tidak perlu merekam dengan kamera secara langsung ke komputer atau PC. Cukup manfaatkan Ini hasilnya akan sempurna dan tanpa watermark

Next article Next Post
Previous article Previous Post