Sunday, September 26, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Whatsapp luncurkan fitur terbaru? Fitur baru pada whatsapp ini bertujuan untuk memudahkan bagi pengguna seluruh whatsapp. Kegunaan salah satunya yaitu untuk membagikan kontak dengan lebih cepat dan mudah serta bisa diakses oleh siapapun. Whatsapp yang memiliki kode QR / barcode ini mempermudah siapapun agar tidak perlu membacakan atau mendiktekan nomor whatsapp kembali.


Whatsapp merupakan aplikasi yang memudahkan orang untuk bisa berkomunikasi jika sedang dalam keadaan jarak jauh. Selain chat, whatsapp juga bisa digunakan untuk telpon ataupun panggilan video yang sudah tersedia di dalam aplikasinya. 

Cara Menemukan Barcode WA secara Otomatis

cara pakai barcode whatsapp
cara pakai barcode whatsapp
Kode QR ini bisa ditemui dengan cara sebagai berikut:


  1. Sebelumnya kamu harus mempunyai whatsapp dan nomor yang aktif terlebih dahulu
  2. Setelah itu kamu juga harus memastikan bahwa aplikasi yang kamu gunakan telah terupdate yang paling baru, jika belum segera unduh melalui google playstore atau app store.
  3. Selanjutnya kamu bisa membuka whatsapp hingga muncul halaman utamanya.
  4. Lalu klik tiga titik bagian kanan atas dan pilih pengaturan atau Settings.
    menu barcode di aplikasi whatsapp
    menu barcode di aplikasi whatsapp
  5. Setelah itu kamu bisa klik kode QR
  6. Selanjutnya, akan muncul halaman My Code (kode saya) untuk dibagikan atau di-scan oleh user lainnya
    opsi scan dan share Barcode wa
    opsi scan dan share Barcode wa
  7. Kamu juga dapat menyimpan kontak WhatsApp pengguna lainnya dengan memilih tab Pindai Kode (Scan Code)

Dengan cara diatas, kamu sudah bisa membagikan kontak kamu tanpa harus mendikte nomor kamu terlebih dahulu. Keuntungan lainnya kamu juga bisa menggunakan cara diatas untuk bisa menghubungi orang lain tanpa harus menyimpan nomor ponsel mereka terlebih dahulu. Pengguna lainnya juga perlu memindai Barcode untuk bisa scan punya kamu dengan memilih menu scan code. 


Saat ini kode QR menjadi tren dan menjadi salah satu kebutuhan utama yang dimiliki dunia pasar digital atau online. Bukan hanya whatsapp saja, tetapi bisa digunakan dengan transaksi, penyimpanan informasi, dan juga reservasi untuk memesan makanan di restoran. Menggunakan berbagai tools yang bisa digunakan untuk menyediakan adanya Barcode tersebut sudah banyak dimiliki hampir semuanya. 

tampilan share barcode whatsapp
tampilan share barcode whatsapp

Perlu diingat pula, setelah memindai Barcode tadi maka akan secara otomatis tersimpan pada ponsel yang dipindai. Fitur ini setidaknya lebih memudahkan untuk anda yang memiliki event atau acara untuk keperluan penting dan lainnya yang tidak perlu ribet. Sejauh ini juga banyak yang menyimpan kontak di telepon dengan menambahkan nomor terlebih dahulu.

Menambahkan Kontak WA dengan Barcode

Namun ada cara lain yang dapat digunakan untuk menambahkan whatsapp dengan menggunakan Barcode dengan mudah yaitu, membuka whatsapp terlebih dahulu. Selanjutnya klik pengaturan dan klik pindai kode (Scan Code) pada ikon QR. Setelah dipindai anda bisa langsung mengklik ikon galeri yang ada di bawah layar pada bagian kiri.


Selanjutnya anda bisa memilih kode QR dengan klik tiga titik pada kanan atas dan membuka foto untuk memilih gambar kode QR. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan klik oke lalu klik tambah untuk menyesuaikan kembali. Barcode yang ada di whatsapp ini sangat menguntungkan untuk siapapun yang memiliki acara besar, karena sangat membuat pengunjung tidak ribet dan menjadi lebih mudah dalam mengaplikasikannya.

Buat Barcode WhatsApp secara Manual

cara kirim chat wa dengan kode qr
cara kirim chat wa dengan kode qr
Salah satu aplikasi yang digunakan untuk menyediakan adanya Barcode secara gratis yaitu menggunakan generator Autobild yang super cepat dan mudah. Kamu bisa menggunakan hanya dengan mengetikkan data yang ada di kolom teks tersedia lalu bisa langsung mendapatkan Barcode. Sangat sederhana, mudah, dan sangat super cepat sekali dalam menggunakan generator Barcode dari situs Autobild.co.id.


Ikuti Langkah berikut untuk bisa membuat Barcode dengan mudah dan cepat:


  1. Kamu terlebih dahulu harus membuka laman Barcode Generator dari Autobild ini
  2. Selanjutnya kamu mengetikan tulisan yang ingin diubah menjadi kode QR yang tertera. Yang paling mudah, kamu dapat memasukkan tulisan berikut "https://wa.me/62811223344" dengan mengganti nomor nya dengan nomor hp kamu sendiri.
  3. Lalu silahkan dilanjutkan dengan klik Generate QR dan ditunggu
  4. Setelah ditunggu, nanti kamu bisa dapat dengan langsung mendapatkan gambar QR yag dibutuhkan
  5. dilanjutkan dengan klik download yang sudah disediakan

Dengan cara diatas, setiap ada yang memindai kode QR buatan kamu, secara otomatis jendela chat WhatsApp akan terbuka dan siap mengirim pesan pada nomor kontak yang kamu tulis di link tersebut.


Selain link WA, data yang dapat disimpan melalui generate QR dari Autobild ini bisa berupa url sebuah situs, data NISN siswa, kartu nama dan lainnya. Selanjutnya bisa juga menggunakan data login wifi, alamat email, hingga akun media sosial lainnya. Cara berikut merupakan Langkah yang digunakan untuk membuat Barcode dengan mudah sebagai salah satu fitur penting di aplikasi WhatsApp, semoga dapat bermanfaat. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post