Monday, September 27, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Mempunyai nada dering WA dari sound of text bahasa Jawa yang keren, lucu, dan unik menjadi keinginan banyak anak muda saat ini. Mungkin kamu adalah salah satunya. Nah, selama ini banyak yang mengira, bahwa untuk membuat nada dering WA dari sound text Jawa yang unik-unik tersebut membutuhkan pihak ketiga, alias aplikasi tambahan.

sound text jawa untuk nada dering wa tanpa aplikasi
sound text jawa untuk nada dering wa tanpa aplikasi

Padahal sebenarnya, ada loh cara membuatnya tanpa harus download aplikasi. Dan lewat tutorial sound of text kali ini, kami akan membahas cara buat suara Google Translate yang khas bagi orang Jawa khususnya orang Jawa Timur dan Jawa Tengah. Berikut adalah cara pakai sound of text Java keren di WhatsApp tanpa install aplikasi:

Cara Sound of Text Jawa Keren di WA

Kenapa harus sound of text? Ya karena sound of text merupakan cara yang paling mudah. Sound of text sendiri merupakan tool untuk mengubah sebuah tulisan menjadi suara atau voice. Dengan menggunakan situs yang tepat, kita dapat membuat suara dalam bahasa Jawa dari teks bahasa Indonesia ataupun bahasa Jawa itu sendiri.


Dengan bantuan situs sound of text, ketika akan menciptakan atau membuat sebuah voice bahasa Jawa untuk nada dering WhatsApp, kamu tidak perlu repot-repot melakukan rekaman dahulu. Cukup masukkan saja text yang sudah kamu punya, lakukan beberapa cara, lalu download. Maka ringtone wa lucu dalam bahasa daerah terpopuler di Indonesia itupun sudah siap untuk digunakan.


Dalam membuat sound of text Jawa, kamu bisa menggunakan sebuah situs atau aplikasi. Dan kali ini, kami hanya akan membahas satu cara utama, cara sound of text Jawa di WhatsApp tanpa install aplikasi ini wajib banget kamu ikuti step by stepnya hingga tuntas.

Buat Suara Google Jawa dengan Voiceoftext

Aplikasi utama yang bisa kamu gunakan adalah voiceoftext.com. Aplikasi voiceoftext ini merupakan pengembangan dari sound of text yang sangat keren. Karena di dalamnya, kamu bukan hanya bisa mengubah text yang berbahasa Indonesia tapi juga bahasa daerah lain.


Meskipun demikian, masih memungkinkan loh untuk membuat bahasa daerah, seperti Jawa dengan Sunda. Silahkan ikut panduan singkat berikut ini untuk lebih jelasnya:


  1. Buka suara google Jawa yang ada di tautan berikut ini: https://www.voiceoftext.com/p/sound-of-text-javanese.html.
    cara pakai sound of text jawa tanpa aplikasi
    cara pakai sound of text jawa tanpa aplikasi
  2. Masukkan teks dengan bahasa Jawa ataupun Indonesia pada kolom yang sudah tersedia.
  3. Klik tombol Convert to voice.
  4. Untuk mendownload, klik ikon download yang warnanya biru.
  5. Setelah muncul mp3 player, klik tombol play untuk memutar suara Google bahasa Jawa, lalu klik pada ikon titik tiga agar bisa mendownload filenya.

Ternyata sangat mudah bukan membuat sound of text Jawa tanpa aplikasi? Dengan menggunakan tools diatas, kamu juga bisa lebih mudah saat belajar bahasa daerah terutama saat bepergian ke pedesaan di Jawa Timur maupun Jawa Tengah agar dapat membaur dengan masyarakat.

Buat Nada Dering WA Jawa Ada Namanya

buat nada dering whatsapp jawa ada namanya
buat nada dering whatsapp jawa ada namanya
Buat kamu yang baru pertamakali menggunakan sound of text, mungkin masih heran mengapa ada orang yang memiliki notifikasi WhatsApp dengan menyebutkan nama sendiri. Terdengar sangat lucu bukan? Jika kamu ingin melakukan hal yang sama, kamu dapat menggunakan teks sesuai format berikut agar bisa mendapatkan nada dering wa Suara Google Jawa dengan sebut nama sendiri:

"halo mas [nama-kamu], monggo langsung mbukak whatsapp"

Nah, terdengar sangat unik dan keren bukan memiliki nada dering notifikasi WhatsApp dengan menyebutkan nama pemilik hp-nya. Jika kamu khawatir masalah privasi, kamu juga bisa mengganti isian nama dengan panggilan yang lebih akrab atau nama samaran sesuai selera kamu masing-masing.

Cara Ubah Notif WA dengan Sound of Text Jawa

Setelah membuat suara Google Translate dalam bahasa Jawa yang unik nan lucu dengan menggunakan beberapa cara di atas, kini saatnya kamu memasangnya sebagai nada dering WhatsApp yang keren. Kebayang dong bakalan sekeren apa nanti hasilnya.


Sebelumnya, kamu meski paham, bahwa ternyata, nada dering di WA itu tersedia 'default'. Sehingga jika ingin menggunakan nada dering, ada beberapa cara yang meski kamu lakukan. Nggak otomatis terganti. Meskipun demikian, ada sih beberapa hp yang otomatis.


Buat cara yang relatif mudah, cukup buka aplikasi WA kamu, buka pengaturan, pilih menu notifikasi, klik ubah nada dering notifikasi pada tiap kategori. Kemudian masukkan nada yang sudah kamu siapkan. Klik file suara sound of text dalam format mp3 yang sudah kamu buat, selesai. Nah buat hp kamu yang nggak bisa otomatis, tentu harus mengaturnya manual. Caranya sebagai berikut:


  1. Buka File manager.
  2. Pilih penyimpanan internal.
    Buat nada dering wa bahasa Jawa
    Buat nada dering wa bahasa Jawa
  3. Cari folder Notifications atau Ringtones. Kalau belum ada, kamu bisa membuat sendiri dengan menu New Folder lalu beri nama 'Notifications'.
  4. Cari file mp3 nada dering ang sudah kamu siapkan, kemudian pindahkan ke folder yang sudah kamu buat tadi.
  5. Selesai, kamu bisa mengubah nada dering WA lewat pengaturan seperti biasa.

Tidak sulit memang mempraktekkan tutorial sound of text diatas. Semoga dengan tutorial dari Autobild ini, bukan hanya kamu yang terhibur bisa membuat nada dering sendiri yang lucu dan keren, tapi juga menghibur orang yang mendengar ringtone buatan kamu. So, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Next article Next Post
Previous article Previous Post