Friday, September 17, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Pada saat ingin login Google menggunakan HP, maka hal utama yang perlu diperhatikan yaitu Anda diharuskan untuk mengatur supaya perintah Google dikirimkan ke ponsel. Hal ini bisa dilakukan apabila Anda tidak ingin memasukkan kata sandi setiap kali login ke akun Google.


Sementara perintah dari Google merupakan notifikasi push yang dapat membantu untuk mengkonfirmasi identitas penggunanya.

Cara Login Google Terbaru di HP dan Browser

cara login akun google
cara login akun google
Alasan mengapa Anda membutuhkan perintah Google yaitu karena saat melakukan login tidak menggunakan kata sandi. Hal ini bisa dilakukan bagi seseorang yang sekiranya lupa dengan password yang dimilikinya.

Cara #1 Login Google Melalui Hp

  1. Pada langkah pertama Anda harus mempersiapkan ponsel yang ingin digunakan untuk login akun Google.
  2. Jika sudah, bukalah akun Google Anda.
  3. Di bagian panel navigasi silakan ketuk menu keamanan.
  4. Setelah itu, login ke Google.
  5. Nantinya ada beberapa pilihan dan silahkan pilih gunakan ponsel untuk login.
  6. Klik siapkan. Untuk langkah ini Anda akan diminta untuk login dan ikuti petunjuk di layar.
  7. Apabila tidak terdapat kunci layar pada ponsel, maka silahkan ketuk tambahkan kunci layar dan ikuti perintah yang diminta.
  8. Pada saat melakukan login ke akun Google, silahkan masukkan nomor telepon atau alamat email.
  9. Selanjutnya klik next dan Anda bisa memperoleh pengingat untuk melakukan pemeriksaan ponsel.
  10. Jika sudah, buka kunci ponsel.
  11. Jika terdapat perintah mencoba login silahkan klik iya. Apabila sedang tidak memegang HP silahkan gunakan sandi maupun pilihan lain di layar login.

Cara #2 Login Google Melalui Browser

Dalam melindungi akun yang dimiliki oleh setiap penggunanya, maka Google tidak akan memberikan izin bagi Anda untuk login di beberapa browser. Sementara Google mungkin saja mencegah login dari browser yang disematkan pada aplikasi yang berbeda.


Selain itu, aplikasi tersebut juga tidak memberikan dukungan JavaScript maupun menonaktifkan JavaScript. Ada juga alasan lain karena Google tersebut tidak mempunyai tambahan ekstensi yang tidak didukung atau tidak aman.


Jika Anda melakukan login atau mengalami kegagalan, maka hal ini bisa saja dikarenakan browser sedang dikontrol melalui otomatisasi software dan bukan manusia. Jika ingin login menggunakan browser, maka bisa memperhatikan beberapa langkah berikut ini:


  • Gunakan Browser yang sekiranya didukung. Contohnya seperti Google Chrome, Firefox, Safari, opera, Edge, dan Internet Explorer.
  • Apabila Anda menggunakan Browser yang didukung namun masih tetap tidak bisa login Anda harus mengaktifkan javascript terlebih dahulu.
  • Untuk caranya Anda bisa membuka Google Chrome.
  • Setelah itu, pada bagian atas silahkan cari 3 titik.
  • Pilih setelan.
  • Jika sudah silahkan ketuk bagian menu lanjutan dan pilih setelan situs (Site Settings)
  • Selanjutnya barulah Anda aktifkan JavaScript.
    pengaturan javascript di chrome browser
    pengaturan javascript di chrome browser
  • Untuk mengaktifkan JavaScript ini bisa dilakukan apabila Anda sudah berhasil login. 
  • Apabila tidak yakin apakah browser tersebut mendukung javascript silahkan periksa di menu halaman dukungan.

Mengapa Tidak Bisa Login Ke Akun Google?

Permasalahan yang seringkali terjadi pada saat Anda ingin melakukan login ke Google yaitu gagal login. Hal ini bisa saja disebabkan karena beberapa faktor. Contohnya seperti tanggal dan waktu yang salah, adanya efek factory reset, pembuatan akun Google di Android yang dilakukan secara terus-menerus.

Solusi akun Google tidak bisa login
Solusi akun Google tidak bisa login

Masih ada penyebab lain, seperti mempunyai akun yang terlalu banyak. Penyebab terakhir yaitu karena login ke akun Google Android dalam jangka waktu yang singkat dan dengan akun yang berbeda. Mungkin ada beberapa hal tersebut menimbulkan Anda tidak dapat login ke akun Google di Android.


Namun tenang saja, karena kegagalan login tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana seperti penjelasan yang ada di bawah ini:

1. Koneksi Internet

Cara yang paling utama untuk bisa memastikan bahwa Anda berhasil login ke akun Google yaitu dengan memastikan koneksi jaringan yang tersedia. Pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel terhubung dengan jaringan internet dan tidak lemot, agar bisa menghubungkan ke server Google.


Apabila tidak dapat login silahkan restart HP, kemudian mengaktifkannya kembali dan cobalah untuk melakukan login.

2. Beri Jeda

Ketika Anda membuat dan mempunyai akun Google yang cukup banyak, maka Anda harus memberikan jeda jika ingin berganti antara akun yang satu dengan akun yang lainnya. Disarankan bagi Anda untuk membuat akun Gmail dalam jangka waktu 10 menit paling cepat.


Dengan waktu 10 menit tersebut menjadi waktu yang paling aman, supaya Gmail tetap bisa bekerja secara optimal. Jika mengganti akun Google secara langsung dalam waktu yang bersamaan atau berdekatan, maka hal ini bisa menimbulkan penyebab Anda tidak bisa melakukan login.

3. Hapus Data Aplikasi

Langkah selanjutnya yaitu dengan menghapus beberapa data aplikasi yang berasal dari layanan Google Play. Untuk cara ini bisa dilakukan bagi Anda yang sudah melakukan restart HP. Untuk melakukan sebenarnya sangat mudah. Namun, beberapa orang gagal melakukannya.


Berikut ini cara menghapus data dari aplikasi layanan Google Play:


  • Pertama masuk ke menu pengaturan.
  • Jika sudah, pilih aplikasi dan klik semua aplikasi.
  • Setelah itu, barulah Anda memilih layanan Google Play.
  • Selanjutnya temukan menu hapus data aplikasi.
  • Apabila Anda sudah menghapus datanya maka hal ini kemungkinan besar smartphone akan kembali normal seperti sedia kala.

Hal yang paling penting saat Anda ingin menerapkan cara login Google terbaru di HP atau di browser, yaitu dengan memastikan bahwa HP yang Anda digunakan tersebut tidak diberikan custom room. Alasannya karena akun yang sudah dicustom room, maka cara mengatasi gagal login pun berbeda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post