Thursday, August 26, 2021

author photo August 26, 2021

Daftar isi [Tampil]

Video voice over yang sempat viral membuat pekerjaan ini dikenal secara luas. Profesi voice over sendiri identik dengan produksi suara untuk berbagai produk seperti film, siaran di radio, tayangan di televisi, iklan, dan sebagainya yang mana suara tersebut tidak termasuk dalam narasi.


Di Indonesia sendiri terdapat beberapa platform voice over yang menyediakan talent-talent berbakat. Artikel ini akan mengulas beberapa platform voice over Indonesia yang populer. Penasaran? Simak sampai akhir artikel ini supaya Anda mendapatkan informasi yang lengkap.

Mengulas Platform Voice Over di Indonesia

platform voice over ternama di indonesia
platform voice over ternama di indonesia
Ada banyak platform dari dalam maupun luar negeri yang menyediakan talent untuk voice over bahasa Indonesia. Di antara seluruh platform tersebut terdapat 5 yang menduduki posisi teratas dilihat dari popularitasnya. 

Indovoiceover

Indovoiceover adalah salah satu platform voice dari Indonesia yang terbesar dan paling populer. Sister company dari WaiWai Studio ini pertama kali berdiri pada 2014. Meski masih tergolong baru, Indovoiceover langsung melesat menjadi agensi voice over terkemuka.


Perlu Anda ketahui bahwa WaiWai Studio juga dikenal sebagai perusahaan yang fokus pada audio post production yang mendunia.


Jika ditanya mengenai portofolio, Indovoiceover sudah berpengalaman menghandle klien dari perusahaan-perusahaan besar. Sebut saja Mitsubishi, Astra Honda Motor (AHM), IKEA, dan masih banyak lagi.

pilihan suara bahasa yang didukung indovoiceover
pilihan suara bahasa yang didukung @indovoiceover via twitter

Ingin melihat portofolio dari Indovoiceover? Anda dapat mengaksesnya melalui media sosial Instagram. Temukan akun dengan username @indovoiceover. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap dan mendalam termasuk memilih talent, kunjungi website resminya dengan alamat indovoiceover.com.

Inavoice

Inavoice yang memiliki kantor pusat di Sleman, DIY ini juga menjadi salah satu agensi voice over terkemuka di Indonesia. Tak hanya meladeni klien-klien lokal, Inavoice juga melebarkan sayap ke pasar internasional. Jadi, dari kualitasnya sudah tak perlu diragukan lagi.

deretan klien ternama inavoice
deretan klien ternama inavoice

Ada 3 service utama yang ditawarkan oleh Inavoice. Service paling utamanya adalah voice over. Kemudian disusul audio marketplace dan music production. Sebuah paket lengkap.


Sampai saat ini, talent yang dimiliki oleh Inavoice memang masih kalah jumlah jika dibandingkan dengan Indovoiceover. Namun hal ini tak menjadi kelemahan dari Inavoice. Sebaliknya, Inavoice justru dapat memantau kualitas talentnya dengan lebih mudah karena jumlahnya tak terlalu banyak.


Untuk meningkatkan kepuasan klien, Inavoice menawarkan beberapa hal berikut:


  • Produksi voice over selesai dalam 24 jam
  • Gratis konsultasi
  • Unlimited revisi dalam editing
  • Garansi 100% uang kembali.

Cari tahu informasi lebih lengkap mengenai layanan yang disediakan oleh Inavoice di website resminya. Anda bisa mengaksesnya melalui inavoice.com.

Indonesia Voice Over

Indonesia Voice Over sama sekali tidak bisa diremehkan. Jasa Indonesia Voice Over sendiri sudah digunakan oleh banyak perusahaan ternama. Contohnya antara lain Singapore Airlines, Google, HBO, Grab, dan AXA. Mungkin Anda pernah mendengar suara dari salah satu brand tersebut tanpa sengaja.

indonesia voice over
indonesia voice over

Tak berhenti sampai di situ, sekelas UNICEF juga pernah menggunakan jasa dari Indonesia Voice Over. Untuk mendengar voice over yang telah dibuat khusus untuk perusahaan dan organisasi tersebut, kunjungi saja situs resmi Indonesia Voice Over di indonesiavoiceover.com.


Keunggulan utama dari Indonesia Voice Over adalah biaya jasanya yang tidak terlampau tinggi. Dengan begitu, layanan yang disediakan oleh agensi ini lebih terjangkau oleh berbagai segmentasi konsumen. 


Meski biaya jasa yang ditawarkan cenderung lebih rendah dibandingkan agensi lain, Indonesia Voice Over tetap memberikan pelayanan prima. Berikut ini keuntungan yang Anda dapatkan jika menggunakan jasa dari agensi Indonesia  Over.


  • Menggunakan suara dari voice over talent pilihan benar-benar profesional di bidangnya.
  • Suara direkam dan diproses oleh teknisi yang andal dan berpengalaman.
  • Menggunakan alat rekam dengan kualitas terbaik.
  • Suara direkam di studio dengan kualitas internasional.

VOI

VOI merupakan singkatan dari Voice Over Indonesia, salah satu agensi VO dari Cimahi, Jawa Barat. Namanya memang belum sebesar ketiga agensi atau platform yang telah dijelaskan sebelumnya. Meski demikian, kualitas dari VOI sama sekali tidak dapat dipandang sebelah mata.


Berdasarkan informasi yang tertera di laman http://www.e-voi.id/portofolio/, sudah banyak klien ternama yang menggunakan jasa VOI. Contohnya antara lain Pakuwon Tower Surabaya, Kementerian Perindustrian, Sinarmas, dan masih banyak lagi.

Voicecrafters

Platform voice over yang terakhir ini memang bukan berasal dari Indonesia namun menyediakan layanan untuk VO bahasa Indonesia. Namanya adalah Voicecrafters yang berbasis di Amerika Tengah. Berdiri sejak 2008 membuat Voicecrafters memiliki banyak portofolio dari klien di seluruh dunia.

daftar layanan vo profesional dari voice crafters
daftar layanan vo profesional dari voice crafters

Hingga saat ini, Voicecrafters sudah memiliki beberapa voice talent dari Indonesia yang berpengalaman. Untuk mencari tahu mengenai voice talent tersebut beserta sampel suaranya, Anda dapat mengunjungi https://www.voicecrafters.com/language/indonesian-voice-over-artists/


Kelima platform voice over yang telah dibahas di atas memiliki jenis layanan yang hampir sama. Produk audio yang dihasilkan juga sama-sama memiliki kualitas yang terbaik. Hal ini dibuktikan dengan popularitas platform tersebut. 


Jika kamu membutuhkan suara yang berkualitas, menggunakan jasa voice over diatas adalah pilihan utama, namun kamu juga bisa membuat suara dengan lebih mudah dan gratis menggunakan platform seperti sound of text wa. Kekurangannya, suara yang dihasilkan merupakan suara robot yang terdengar lebih kaku, tapi cukuplah untuk sebuah layanan gratisan yang bsia diakses siapa saja. Selamat mencoba!

Next article Next Post
Previous article Previous Post