Friday, July 9, 2021

author photo July 09, 2021

Daftar isi [Tampil]

Banyak orang membutuhkan platform text to speech atau TTS untuk mengubah file tertulis atau teks, agar menjadi file suara atau audio yang banyak gunanya. File audio yang diucapkan dengan jelas akan sangat berguna bagi banyak orang, terutama bagi para penyandang tuna netra.


Di internet, ada banyak sekali platform tts yang tersedia untuk mengunduh suara Google. Ada yang bisa dipakai secara langsung dan gratis tapi ada pula yang hanya bisa digunakan setelah pengguna melakukan pembayaran atau berlangganan. Di antara sekian banyak platform, ada Voice of Text yang bisa digunakan secara gratis.

Kelebihan Platform Voice of Text Versi Web

Masing-masing platform TTS berlomba menawarkan berbagai kelebihan atau keunggulan bagi para pengguna setianya dan calon pengguna baru, tidak terkecuali Voice of Text. Anda bisa menggunakan platform TTS yang satu ini dengan mengunjunginya di alamat www.voiceoftext.com.

download suara google dalam format mp3
download suara google dalam format mp3

Sebelum menggunakan platform TTS yang satu ini Anda tentu ingin mengetahui keunggulan atau kelebihan apa saja yang dimiliki oleh Voice of Text. Beberapa kelebihan yang ditawarkan lebih menggiurkan dari berbagai platform TTS lainnya, yaitu:


  1. Gratis dan Mudah untuk Digunakan

User interface situs web Voice of Text sangat sederhana dan didominasi dengan warna putih yang nyaman untuk dilihat. Tombol-tombol penting diwarnai biru yang kontras dengan warna utama, sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan petunjuk yang jelas dari situs web ini.


  1. Tidak Ada Batasan Karakter untuk Teks Inggris

Saat membuka halaman beranda Voice of Text, ada kolom untuk mengetikkan teks khusus dalam bahasa Inggris. Jika langsung menggunakan kolom tersebut untuk mengonversi teks menjadi audio, Anda bebas memasukkan sebanyak apapun karakter karena tidak ada batasan sama sekali.


Tapi kalau Anda memilih menggunakan bahasa lain yang tersedia di platform Voice of Text, ada batasan karakter yang ditetapkan. Anda hanya bisa mengkonversi file teks sebanyak maksimal 200 karakter saja untuk menjadi file audio.


  1. Pengaturan Penting yang Tidak Rumit

Platform TTS lain menawarkan alat pengaturan yang bervariasi seperti penjedaan, pengaturan volume, kecepatan, dan lain sebagainya. Berbagai alat pengaturan tersebut memang terlihat menarik tapi bisa membingungkan bagi yang belum terbiasa menggunakan platform TTS.


Di Voice of Text, hanya ada pengaturan yang paling penting, yaitu speed atau kecepatan suara serta pitch atau tinggi dan rendahnya suara. Alat pengaturan yang sangat sederhana, tapi berguna ini memudahkan penggunanya untuk mengatur gaya suara dengan lebih mudah.


  1. Proses Konversi Suara Lebih Cepat

Proses konversi teks menjadi file suara adalah salah satu fitur yang membuat pengguna mempertimbangkan apakah platform TTS layak digunakan atau tidak. Semua orang membutuhkan alat yang bisa bekerja dengan cepat sehingga akan lebih efektif.


Voice of Text menawarkan proses konversi yang super cepat. Setelah memasukkan teks yang Anda inginkan, Voice of Text akan langsung menyediakan file suaranya. Hal ini tentu akan sangat berguna bagi Anda yang punya waktu terbatas untuk mengedit video dan membuat konten.

Pilihan Bahasa Asing yang Tersedia di Voice of Text

Satu hal yang sangat dibanggakan oleh platform TTS adalah pilihan bahasa yang tersedia. Semakin banyak pilihan bahasa yang tersedia, platform TTS akan semakin menarik. Voice of Text juga menawarkan berbagai pilihan bahasa, yaitu:

download suara google indonesia
download suara google indonesia


Nah, yang unik dari Voice of Text adalah Anda bisa memasukkan teks bahasa Indonesia ke semua kolom alat konversi teks bahasa asing. Suara yang dihasilkan tidak akan terdengar aneh karena tetap akan diucapkan dalam bahasa Indonesia, hanya saja dengan logat bahasa asing.

2 Pilihan Bahasa Daerah yang Tidak Ada di Platform TTS Lain

Tidak seperti berbagai platform TTS berbasis online lainnya, Voice of Text juga punya keunikan berupa adanya pilihan bahasa daerah. Untuk saat ini pilihan bahasa daerah yang tersedia adalah bahasa Jawa dan bahasa Sunda. Bisa jadi nantinya akan ada bahasa daerah lain yang ditambahkan.


download suara google bahasa jawa
download suara google bahasa jawa
Anda bisa mengunjungi situs web resmi Voice of Text untuk mengecek semua fitur yang disebutkan sebelumnya. Scroll atau gulir ke bagian bawah halaman beranda untuk menemukan berbagai pilihan bahasa yang disediakan. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post