Tuesday, August 31, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Tiktok kerap menjadi platform awal mula sebuah tren muncul. Ada banyak hal yang viral dimulai dari video Tiktok. Belakangan ini banyak orang membuat video yang menayangkan notifikasi Whatsapp masuk dibarengi pemberitahuan berbahasa Korea yang sangat imut.


Netizen pun ramai-ramai mengikuti video tersebut dan membuat konten serupa. Ternyata, nada dering yang sempat viral itu dibuat menggunakan tool bernama Sound of Text. Tahukah Anda tool apa itu? Jika belum tahu, sebaiknya simak artikel ini sampai habis.

sound of text wa terbaru 2021
sound of text wa terbaru 2021

Apa Itu Sound of Text dan Teknologi Text to Speech

Pertama, mari mengenal apa itu Sound of Text terlebih dahulu. Sound of Text merupakan sebuah situs yang menyediakan fitur untuk mengubah sebuah tulisan menjadi suara. Konversi dari teks menjadi suara dapat terjadi karena adanya teknologi yang bernama Text to Speech yang viral di tahun 2021 ini.


Text to Speech atau biasa disingkat dengan TTS adalah salah satu produk kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dapat memproduksi suara buatan atau sintetis dari sebuah teks yang diketik oleh pengguna.

text to speech di wa
text to speech di wa

Teknologi Text to Speech ini sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, mungkin Anda tidak menyadarinya. Contoh paling mudahnya adalah fitur Listen yang dapat ditemukan di Google Translate. 


Kembali ke pembahasan mengenai Sound of Text, situs yang satu ini juga dibuat menggunakan Text to Speech Engine milik Google


Developernya, Nick Pierson, awalnya mengembangkan Sound of Text untuk kebutuhan dirinya sendiri. Seiring berjalannya waktu, ia memutuskan untuk mempublikasikan proyeknya tersebut. Kini, semua orang di seluruh dunia dapat menggunakan Sound of Text untuk berbagai keperluan.

Asal Mula Sound of Text di WA 

Setiap hari selalu ada tren video yang baru di Tiktok. Salah satu jenis video yang sempat menjadi tren adalah penggunaan Text to Speech di situs berbagi video tersebut. Contohnya ada pada video membacakan chat di Whatsapp atau teks apa pun.


Jenis video seperti itu umumnya dibuat menggunakan fitur Text to Speech yang tersedia secara default di Tiktok. Awalnya tak banyak yang mengetahui keberadaan dan kegunaan fitur tersebut karena memang tak begitu terlihat jelas.


Kemudian ada beberapa video creator di Tiktok memberikan tutorial untuk menggunakan fitur Text to Speech tersebut. Akhirnya banyak pengguna Tiktok lain yang menggunakan fitur tersebut.


Namun tak semua video yang menggunakan voice over di Tiktok dibuat menggunakan fitur bawaan. Sebagian pengguna juga lebih nyaman menggunakan tool dari situs lain untuk memasukkan suara ke video Tiktok.


Sound of Text yang sebelumnya sudah dibahas banyak digunakan juga oleh para Tiktokers. Sound of Text dipilih karena menyediakan berbagai pilihan bahasa. 


Jenis bahasa yang berbeda akan menghasilkan pengucapan yang berbeda pula. Berikut ada beberapa bahasa yang ada di Sound of Text.


  • Bahasa Inggris (Australia, United Kingdom, United States)
  • Bahasa Mandarin
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Korea, dan masih banyak lagi.

Viralnya penggunaan Sound of Text di WA juga diawali oleh tren nada pemberitahuan berbahasa Korea. Setelah ada video yang dibuat oleh satu kreator akhirnya terungkap bahwa ringtone tersebut dibuat menggunakan Sound of Text. Sejak itulah Sound of Text di WA mulai dikenal oleh netizen.

Contoh Nada Dering Sound of Text yang Sempat Viral

Kalau mengikuti tren di Tiktok dari waktu ke waktu, mungkin dua ringtone di bawah ini sangat familier untuk Anda. Sekitar akhir Mei hingga bulan Juni lalu, ringtone chagiya muncha washo dan nani ohayo viral di Tiktok. 


Saking viralnya, pengguna Tiktok ramai-ramai mengganti nada dering Whatsappnya menggunakan nada dering tersebut. Apa sih artinya?


  • Chagiya Muncha Washo

Nada dering pemberitahuan chagiya muncha washo sempat menjadi trending di Tiktok. Banyak pengguna Tiktok menggunakan nada dering tersebut bahkan tanpa mengetahui apa artinya. Tak sedikit orang menggunakan ringtone tersebut hanya karena suaranya yang terdengar imut.


Chagiya Muncha Washo merupakan ungkapan dalam bahasa Korea yang memiliki arti “Sayang, ada pesan masuk”. Oleh karena itu, ringtone tersebut lebih sering dipakai sebagai nada dering pemberitahuan di Whatsapp.


Berdasarkan video-video yang diupload di Tiktok, nada dering chagiya muncha washo lebih sering dipakai sebagai nada dering khusus untuk pemberitahuan pesan dari orang spesial seperti pacar atau pasangan.


  • Nani Ohayo

Selain chagiya muncha washo, di kurun waktu yang sama juga viral satu ringtone lain bernama nani ohayo. Ringtone satu ini juga memiliki suara yang sangat imut sehingga disukai oleh banyak orang.


Nani ohayo sendiri merupakan ungkapan dalam bahasa Jepang. Dalam bahasa Indonesia, ungkapan tersebut bisa diartikan sebagai selamat pagi. Sebagian pengguna Tiktok mengungkapkan bahwa ringtone tersebut sebenarnya berbunyi “darling, ohayo” yang memiliki arti “selamat pagi, sayang”.


Berbeda dengan chagiya muncha washo yang lebih sering digunakan sebagai nada dering pemberitahuan, nani ohayo biasanya dipakai untuk ringtone telepon.

Cara Buat Nada Dering Sound of Text WA

Anda juga bisa membuat nada dering sendiri di Whatsapp menggunakan beberapa situs text to speech. Perhatikan beberapa tutorial di bawah ini supaya Anda memahami caranya.

Pakai Soundoftext.com 

Situs pertama yang dapat Anda pakai untuk membuat nada dering Whatsapp adalah Sound of Text. Penjelasan mengenai situs ini bisa Anda lihat di atas dan berikut ini merupakan tutorial untuk menggunakan Sound of Text.

cara pakai aplikasi sound of text com
cara pakai aplikasi sound of text com

  1. Pertama, pastikan bahwa ponsel Anda sudah terhubung dengan internet.
  2. Selanjutnya buka browser seperti Google Chrome dan kunjungi alamat soundoftext.com.
  3. Di halaman awalnya, Anda akan melihat text box. Nah, text box inilah yang menjadi tempat bagi Anda untuk mengetik teks. Tulis apa saja yang ingin Anda ubah menjadi suara.
  4. Jika sudah selesai menyiapkan teks, lanjutkan dengan memilih bahasa di opsi Voice. Sebagai contoh, pilihlah bahasa Korea untuk menghasilkan suara mirip BTS.
  5. Klik Submit.
  6. Hasilnya bisa Anda lihat di bagian bawah. Klik Play untuk mendengarkan hasilnya dan klik Download untuk menyimpan file audio ke smartphone.

Pakai Voiceoftext.com 

Jika ingin membuat ringtone memakai bahasa Jawa atau Sunda, Voice of Text adalah pilihan yang tepat. Ini dia tutorial selengkapnya.

aplikasi voiceoftext.com
aplikasi voiceoftext.com

  1. Buka browser terlebih dahulu, kemudian kunjungi https://www.voiceoftext.com/p/sound-of-text-sunda.html jika ingin membuat audio dengan bahasa Sunda.
  2. Kalau ingin membuat ringtone berbahasa Jawa, kunjungi link berikut https://www.voiceoftext.com/p/sound-of-text-javanese.html.
  3. Ketik kalimat atau kata-kata yang akan diubah menjadi audio di text box Voice of Text. Pastikan tulisan Anda tidak lebih dari 200 karakter.
  4. Klik tombol Convert to Voice
  5. Hasil konversi akan muncul di bagian bawah. Klik tombol Download berwarna biru dan Anda akan diarahkan ke halaman baru untuk mendengarkan hasilnya.
  6. Klik titik tiga di bagian kanan bawah audio tersebut dan klik Download untuk menyimpannya di smartphone.

Pakai Voicemaker.in 

Voicemaker merupakan situs text to speech dengan tools dan fitur paling lengkap di internet. Di situs ini, Anda tak hanya bisa memilih bahasa. Namun ada pula banyak pilihan penutur mulai dari pria dan wanita biasa, hingga anak-anak atau suara bayi.


Tak hanya itu, Voicemaker juga memiliki tools untuk mengatur output suara. Tools tersebut terdiri atas voice effects, pauses, emphasis, speed, pitch, volume, dan say as. Ini dia tutorial lengkap menggunakan Voicemaker.in untuk menghasilkan ringtone suara anak-anak atau bayi.

aplikasi vo codes
aplikasi vo codes

  1. Pertama, kunjungi alamat voicemaker.in menggunakan browser di smartphone.
  2. Ketik kata atau kalimat yang Anda inginkan. 
  3. Lakukan settings terlebih dahulu bila diperlukan, tools yang tadi disebutkan dapat diakses dari tombol yang ada di bagian atas text box.
  4. Pilih jenis AI, bahasa, dan voice. Khusus di bagian voice, pilih kategori Child.
  5. Jika semua telah siap, klik pada tombol Convert to Speech
  6. Sesaat kemudian akan muncul track audio di halaman yang sama. Klik tombol Play untuk mendengarkannya.
  7. Untuk menyimpan audio, klik tombol Download MP3.

Pakai Freetts.com

FreeTTS lebih cocok digunakan untuk Anda yang ingin membuat audio dalam durasi yang panjang dan membutuhkan banyak kata atau kalimat. Pasalnya, FreeTTS ini menyediakan limit atau batasan sampai 5.000 karakter dalam sekali convert.


Coba bandingkan dengan situs lain, umumnya mereka hanya memberikan limit sampai 200-an karakter. 


Beberapa bahasa yang dimiliki oleh FreeTTS menyediakan jenis suara orang yang berbeda, ada yang wanita dan pria. Jadi, di sini Anda bebas memilih jenis suara yang akan dipakai. Langsung saja, berikut ini tutorial menggunakan FreeTTS selengkapnya.

aplikasi freetts com
aplikasi freetts com

  1. Kunjungi freetts.com.
  2. Ketik atau paste teks yang sudah Anda sediakan pada text box yang ada di landing page FreeTTS.
  3. Pilih jenis bahasa di bagian Languages.
  4. Untuk memilih suara wanita atau pria, klik di bagian Voices.
  5. Selanjutnya, klik pada Convert to MP3.
  6. Tunggu sesaat sampai muncul track audio di bagian bawah tombol. Klik Download untuk menyimpannya.

Pakai Vo.codes 

Ingin membuat ringtone yang unik menggunakan suara Spongebob? Hal ini sangat mudah dilakukan karena situs bernama Vo.codes sudah menyediakan fiturnya. Situs ini tak cuma memiliki suara Spongebob, ada banyak suara tokoh kartun lain yang dimiliki Vo.codes.


Cara menghasilkan suara menggunakan Vo.codes tak begitu sulit, berikut tutorialnya.

aplikasi vo codes
aplikasi vo codes

  1. Seperti biasa, buka browser kemudian kunjungi link vo.codes.
  2. Pilih kategori Cartoons and Anime terlebih dahulu.
  3. Kemudian pilih Spongebob Squarepants.
  4. Ketik kata-kata yang ingin dijadikan sebagai ringtone.
  5. Setelah itu klik Speak.
  6. Untuk melihat hasilnya, klik pada menu Result.
  7. Klik Download.

Cara Pasang Nada Dering Sound of Text di WA

Sekarang saatnya untuk menambahkan ringtone baru dan mengganti ringtone WA menggunakan audio yang telah dibuat tadi. Berikut ini langkah selengkapnya.


  1. Buka menu Settings di Android.
  2. Selanjutnya klik menu Sound dan pilih Default notification sound.
  3. Klik Add ringtone kemudian pilih file audio hasil download tadi.
  4. Sekarang buka Whatsapp dan masuk ke Settings.
  5. Klik notifications dan pilih Notification tone.
  6. Pilih audio yang baru ditambahkan kemudian klik OK.
ubah nada dering notifikasi di whatsapp
ubah nada dering notifikasi di whatsapp
Ternyata membuat nada dering sendiri menggunakan Sound of Text dan situs TTS lainnya sangat menyenangkan, bukan? Cara menambahkan ringtone-nya di Android juga tak kalah mudah. Tunggu apa lagi, coba tutorial sound of text wa sekarang juga!

Next article Next Post
Previous article Previous Post