Monday, May 3, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft Word? Program ini selalu setia menemani hari-hari anak kuliahan sampai skripsi datang. Tapi, tidak semua orang tahu kalau Microsoft Word hacks bisa mempercepat pengerjaan tugas. Apa saja itu?


Pada kegiatan belajar daring selama pandemi ini tentunya guru atau dosen lebih memilih untuk memberi tugas tambahan kepada ketimbang memberi penjelasan materi. Batas waktu tugas terkadang mempet sehingga harus pintar-pintar dalam mencari referensi. Salah satu teknik yang diandalkan dari siswa sampai mahasiswa adalah teknik copy paste. Teknik copy paste merupakan salah satu jalan pintas yang paling diandalakan. Akan tetapi, teknik copy paste ada kekurangannya. Kekurangannya adalah tak semua materi yang sudah di-copy akan langsung rapih setelah di-paste.


Hal tersebut tentu membuat sebal. Siapa sih yang tidak sebal ketika tulisan di Microsoft Word diatur malah berantakan? Ada tips mudah untuk mengaturnya lho. Beberapa pengguna Microsoft Word banyak yang belum mengetahui cara mudah merapikan teks dengan cepat dan efektif pada ketikan mereka tanpa aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga. Selama ini, pasti di antara kalian masih ada yang merapikan teks di Microsoft Word secara manual satu per satu atau menggunakan fitur Ruler secara manual.

cara mudah merapikan tulisan di word
cara mudah merapikan tulisan di word

Pada artikel kali ini, kami akan menyajikan tutorial mudah merapikan tulisan di Microsoft Word yang hanya dengan dua langkah mudah dan dengan waktu kurang dari lima detik, seluruh teks yang berantakan tadi akan tersusun rapi. Alat yang kamu butuhkan hanya dua: file milik kamu dan software Microsoft Word.


  1. Langkah pertama, buka dokumen Word kamu dengan mode Ruler yang sudah diaktifkan. Kalaupun belum, kamu bisa menuju View, lalu pada bagian Show centang Ruler maka tampilannya kurang lebih akan seperti ini.
    cara merapikan tulisan di word
    cara merapikan tulisan di Word

  2. Kemudian arahkan pointer pada ruler, klik kiri pada mouse sambil tekan Alt kemudian geser teks seperti panduan gambar dibawah ini.
    geser teks dengan ruler di word
    geser teks dengan ruler di word
  3. Selesai, tulisan di dalam dokumen Ms. Word Anda akan terlihat lebih rapih. Mudah sekali bukan?

Selain itu kamu bisa mengatur tanda “L” dan indent pada ruler terlebih dahulu. Setelah itu, kamu dapat langsung menuliskan format seperti form dengan menggunakan titik dua. Namun pastikan agar anda menggunakan tombol Tab sebagai pemisah antara titik dua dan jawabannya. Sudah dipastikan, tulisan-tulisan anda pada Microsoft Word akan tampak lebih rapi tanpa harus merapikannya di akhir.


Itulah beberapa tips untuk merapikan tulisan di Microsoft Word. Tentunya setiap dokumen memiliki spesifikasi dan karakteristik yang berbeda, sehingga bagian yang perlu dirapikan pun dapat bervariasi.Namun setidaknya tips di atas berlaku untuk mayoritas dokumen secara umum. Semoga membantu khususnya untuk kamu yang tengah bingung menggunakan software ini untuk pengerjaan tugas kuliah maupun sekolah.

Next article Next Post
Previous article Previous Post