Friday, May 7, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]
Bagaimana cara membuat suara Google tanpa aplikasi? Inilah pertanyaan netizen yang sering dicari di internet. Memang belakangan ini, suara Google atau text to speech telah menjadi teknologi yang dibutuhkan banyak orang. Selain karena kemudahan dalam pemakaiannya, penggunaan suara Google seperti menjadi nada dering di WA telah menjadi tren baru di kalangan anak muda.

Aplikasi Suara Google Terbaik

nada dering wa dengan suara google.jpg
nada dering wa dengan suara Google
Lewat tulisan ini, Autobild akan mengulas tiga aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membuat suara Google tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu. Dengan cara ini pula, kamu dapat mengganti nada dering WhatsApp suara Google dengan cepat dan mudah. Penasaran? Simak ulasan serta tutorial apikasi suara Google berikut ini:

Botika Text to Speech

Sebagai salah satu pionir dalam hal teknologi text to speech berbahasa Indonesia, Botika online dapat menghasilkan suara robot bahasa Indonesia yang paling natural dan menyerupai ucapan orang asli. Sayangnya, lewat aplikasi ini, kamu hanya dapat mengubah tulisan menjadi suara wanita saja. Walau begitu, terdapat dua pilihan jenis suara yaitu Female 1 - Profesional untuk ucapan formal serta Female 2 - Fast untuk gaya baca cepat dengan kesan classy.

Berikut cara menggunakan Botika Text to Speech untuk mendapatkan suara Google bergender wanita:
botika text to speech bahasa Indonesia
botika text to speech bahasa Indonesia
  1. Buka aplikasi di halaman https://botika.online/TextToSpeech/
  2. Masukkan tulisan yang akan diubah menjadi suara pada kolom Text to speech
  3. Pilih jenis suara Female 1 atau Female 2
  4. Klik kotak verifikasi captcha
  5. Tekan tombol Play untuk memutar suara dan Icon Download untuk mengunduh mp3

Wideo Text to Speech

Aplikasi lain yang bisa kalian gunakan untuk menkonversi tulisan ke dalam bentuk suara adalah Wideo text to speech. Engine TTS gratis yang disediakan oleh platform editor video bernama Wideo ini dapat mengubah teks bahasa Indonesia ke dalam suara Google Pria ataupun Wanita dengan dua gaya bicara yang berbeda untuk msaing-masing gender. Cara menggunakannya juga terbilang praktis, kamu cukup mengikuti panduan singkat dibawah ini untuk menggunakan aplikasi sound of text dari Wideo:
wideo text to speech pria wanita
wideo text to speech pria wanita
  1. Buka situs https://wideo.co/text-to-speech/
  2. Ketik teks yang sudah kamu siapkan di bagian Write your text here
  3. Pilih salah satu jenis suara ada kolom Voice, gunakan suara berlabel [id-ID] untuk suara dalam bahasa Indonesia
  4. Atur kecepatan bicara pada control bar Speed atau biarkan default untuk kecepatan normal
  5. Tekan previeew untuk mendengarkan hasil suara atau tekan Download MP3 untuk mengunduh suara dalam format mp3

FreeTTS - Text to Mp3

Aplikasi suara robot Google lainnya yang bisa kamu gunakan adalah freeTTS.com. Sama seperti Wideo, freeTTS juga menyediakan opsi download suara Google wanita serta pria yang bisa kamu simpan langsung dalam format mp3. 

Kelebihannya, freeTTS menyediakan jumlah karakter lebih banyak yang bisa kamu konversi dalam sekali klik. Jika Wideo menyediakan hingga 2000 karakter per hari, freeTTS bisa mengkonversi hingga 6000 karakter walau dalam rentang yang lebih lama yaitu setiap minggu. Ingin tahu bagaimana cara penggunaanya? Simak panduan cara menggunakan freeTTS berikut ini:
cara mudah menggunakan freetts suara google
cara mudah menggunakan freetts suara google
  1. Buka halaman https://freetts.com/
  2. Masukkan tulisan yang akan dikonversi pada kolom "Copy and paste your content here"
  3. Pilih bahasa pada menu Choose the Language
  4. Pilih voice Standard A dan B untuk suara wanita dan Standard C untuk suara pria
  5. Klik tombol Convert
  6. Download file mp3 dengan cara mengklik tautan Click to download yang berwarna biru

Cara Ubah Nada Dering WA Suara Google

Jika kamu sudah dapat membuat file mp3 suara Google dari teks bahasa Indonesia yang kamu miliki, sekarang saatnya kamu memasang suara tersebut sebagai nada dering notifikasi di aplikasi WhatsApp. Tujuanny adalah agar ketika ada pesan WA yang masuk ke ponsel kamu, notifikasi yang muncul akan berbunyi seperti kalimat berikut ini:
Halo kak, ada pesan WhatsApp masuk, tolong dibuka segera

Penasaran bagaimana langkah-langkahnya? Silakan ikut panduan cara mengganti nada dering WhtasApp dengan suara Google terbaru berikut ini:

  1. Buka file manager di ponsel Android kamu dan masuk pada penyimpanan internal di ponsel kamu
    simpan mp3 nada dering android
    simpan nada dering mp3 baru di android

  2. Cari folder Notifications dan simpan atau pindahkan file mp3 suara Google yang sudah kamu unduh tadi ke dalam folder tersebut.
  3. Jika kamu kesulitan menggunakan cara diatas, kamu bisa menambahkan nada dering secara manual dengan masuk ke pengaturan di Android (Settings), lalu klik Ringtone, selanjutnya tekan Icon + dan terakhir pilih file mp3 suara Google lalu klik Done
  4. Selanjutnya, kamu tinggal mengganti nada dering WhatsApp default menjadi suara Google dengan klik tombol titik tiga di bagian atas aplikasi WA, pilih Settings, klik Notifications, pilih menu Notification tone dibawah Messages dan tekan nama mp3 suara Google yang sudah kamu siapkan sebelumnya setelah muncul daftar ringtone. Selesai, dengan cara ini, kamu sudah menggunakan nada dering WA suara Google tanpa install aplikasi tambahan apapun di ponsel Android kamu.
    nada dering wa suara google
    nada dering wa suara google

Tidak sulit bukan menerapkan cara ganti notifikasi wa dengan suara Google baik itu suara pria ataupun wanita tanpa aplikasi? Lebih uniknya lagi, kamu bisa mengkreasikan notifikasi ssuai dengan bahasa atau bahkan memasukkan nama pemilik ponsel tersebut pada kata-kata yang akan diubah menjadi suara.

Dengan memasukkan nama kamu, nada dering yang muncul akan lebih personal dan berbeda dengan nada dering notifikasi teman-teman kamu yang lain. Penasaran bagaimana hasilnya? langsung saja prakteik menggunakan tutorial lengkap yang sudah kami ulas diatas, selamat mencoba!  

Next article Next Post
Previous article Previous Post