Friday, February 19, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]
Di zaman yang serba digital ini, isu privacy dan security telah menjadi konsen utama banyak pelaku digital. Pesatnya perkembangan fintech dan ecommerce membuat faktor keamanan akun menjadi sangat penting karena berkaitan erat dengan transaksi dan aset uang digital seseorang.


Menghadapi tantangan tersebut, perusahaan berbasis aplikasi ternama seperti Tokopedia dan Facebook mulai mengintegrasikan fitur 2-Factor Authentication. Dengan adanya autentikasi 2 faktor, sistem keamanan login ini memiliki dua lapis pertahanan selain dengan password yaitu dengan kode unik yang harus dimasukkan setiap kali akun diakses dari perangkat baru. 
Aplikasi Microsoft Authenticator
Aplikasi Microsoft Authenticator

Melalui tutorial kali ini, tim Autobild akan memberikan tutorial sederhana cara menggunakan aplikasi authenticator. Sebenarnya, aplikasi authenticator apapun yang Anda pakai memiliki cara kerja yang hampir sama, sehingga step-by-stepnya pun relatif tidak berbeda. Diantara dua aplikasi otentikasi yang paling populer adalah Google Authenticator dan Microsoft Authenticator. Oleh karenanya, tulisan kali ini akan mengulas cara menggunakan kedua aplikasi tersebut termasuk implementasi QR code nya.

Panduan Memakai Aplikasi Authenticator

Sebelum memulai integrasi autheticator apps pada sistem 2FA di platform pilihan kita terlebih dulu Anda perlu mengunduh aplikasi baik itu dari Google atau Microsoft di tautan berikut:


Setelah aplikasi pilihan Anda telah terinstall di perangkat yang kamu miliki, tahap selanjutnya adalah melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, login di aplikasi yang Anda ingin amankan akunnya menggunakan sistem otentikasi dua faktor. Dalam tutorial ini kami menggunakan Tokopedia dan Facebook sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia.
    pengaturan aplikasi authenticator di Tokopedia
    pengaturan aplikasi authenticator di Tokopedia
  2. Setelah login, Anda dapat menemukan menu 2 Factor Authentication di pilihan pengaturan atau keamanan akun. Untuk Facebook versi desktop, Anda dapat menemukamnya di menu Pengaturan dan Privasi > Keamanan dan Info Login lalu pilih opsi Edit Autentikasi Dua-Faktor di bagian bawah halaman tersebut.
    menu aplikasi otentikasi di Facebook
    menu aplikasi otentikasi di Facebook
  3. Klik tombol Aplikasi Autentikasi yang ada di halaman tersebut dan tunggu hingga muncul QR Code. Jika kode QR sudah tampil, maka tahap selanjutnya adalah mempersiapkan aplikasi Authenticator di device Android/iOS Anda. Pilih salah satu aplikasi yang kami sediakan pada tautan diatas dan ikuti proses instalasi hingga selesai.
  4. Di tahap keempat dan selanjutnya, kita akan lakukan lewat aplikasi yang sudah terpasang di smartphone masing-masing. Silakan buka aplikasi tersebut dan pilih menu tambah akun seperti tampilan dibawah ini.
    cara setting aplikasi ms authenticator
    cara setting aplikasi ms authenticator
  5. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memindai QR code. Scan QR code yang tampil pada tahap 3 dan salin kode Angka yang muncul di aplikasi Authenticator Anda.
  6. Simpan angka pada aplikasi Authenticator dan masukkan kode tersebut di akun platform yang sedang Anda integrasikan fitur 2FA seperti Facebook dan Tokopedia.
  7. Simpan pengaturan Anda dan setelahnya sistem keamanan otentikasi dua-faktor sudah terpasang di akun Anda.
    pengaturan autentikasi dua faktor Facebook selesai
    pengaturan autentikasi dua faktor Facebook selesai
  8. Langkah tambahan, jika dibutuhkan, kamu juga bisa login di aplikasi Google/Microsoft Authenticator menggunakan akun Gmail atau Microsoft agar tidak sembarang orang bisa mengakses aplikasi tersebut di smartphone Anda.

Tidak sulit bukan memasang sistem two-factor authentication menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga? Sekarang Anda sudah bisa merasa sedikit lebih aman dalam menggunakan akun media sosial ataupun marketplace karena setiap akun akan masuk dari sebuah perangkat yang tidak dikenal, maka ada kode di aplikasi Authenticator yang harus dimasukkan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post