Wednesday, February 17, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Penggunaan smartphone sebagai alat komunikasi sudah tidak lagi relevan, hal ini dikarenakan fungsinya yang telah menjelma untuk memenuhi kebutuhan harian setiap orang. Mulai dari aktivitas memasak, jadwal kegiatan harian, hingga akses informasi hampir di segala bidang dapat dipenuhi oleh smartphone yang ada dalam ganggaman kita.


Menyadari hal ini, Microsoft sebagai perusahaan piranti lunak terbesar saat ini meluncurkan sebuah platform baru berupa Your Phone Companion. Platform ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat smartphone dengan PC (personal computer) atau laptop melalui tautan aka.ms/linkphone.

Fitur dan Requirements Your Phone Microsoft

Dengan menggunakan aplikasi Your Phone ini, Anda dapat mengakses berbagai informasi dari ponsel melalui laptop atau komputer. Berikut beberapa fitur yang bisa diakses dari laptop Windows kamu sesuai rilis laman resmi aplikasi tersebut di Microsoft.com:


  1. Mengirim dan menerima pesan sms
  2. Akses foto dan galeri
  3. Transfer file dari ponsel ke PC atau sebaliknya
  4. Menggunakan layar handphone langsung dari komputer
cara menghubungkan hp android dengan windows pc
cara menghubungkan hp android dengan windows pc
Cukup menarik bukan? Sayangnya, ada beberapa kebutuhan minimum agar aplikasi ini dapat berjalan lancar di perangkat Anda. Berikut system requirements untuk kedua device Anda untuk pengalaman paling optimal:
  • OS PC: Windows 10 version 17134.0 atau diatasnya, Xbox One. Hardware: ARM, ARM64, x64, x86, tersedia fitur Bluetooth
  • Android Device: Minimal Android 7, Fitur Phone screen membutuhkan Android 11, daftar lengkap device Samsung yang mendapat fitur ini dapat dilihat di halaman Supported devices for Your Phone app.

Cara Link Phone dengan PC

Adapun cara untuk menghubungkan smartphone Anda dengan PC bukanlah hal yang sulit. Cukup ikuti tahapan-tahapan berikut ini:


  1. Install aplikasi Your Phone dengan membuka halaman aka.ms/linkphone 
    aplikasi your phone di ms store
    aplikasi your phone di ms store

  2. Setelah berhasil terpasang di PC Anda, jalankan aplikasi tersebut dan pilih jenis smartphone yang ingin dihubungkan.
    pilih device yang ingin dihubungkan
    pilih device yang ingin dihubungkan

  3. Login menggunakan akun Microsoft lalu tunggu hingga muncul QR code di layar PC Anda. Jika sudah muncul, maka lanjut ke pengaturan di smartphone Android yang Anda miliki.
    generate qr code
    generate qr code

  4. Di perangkat Android, pastikan sudah terpasang aplikasi Your Phone Companion, jika belum, install aplikasi tersebut di link play.google.com/store/apps/com.microsoft.appmanager
  5. Masuk ke menu Settings di hp Anda, lalu klik pilihan Advanced Features
  6. Cari opsi Link to Windows dan aktifkan pengaturan tersebut seperti gambar dibawah ini.
    pengaturan linkphone di android
    Tahap pengaturan linkphone di android

  7. Setelah muncul jendela aplikasi Your Phone dari Microsoft, klik tombol Link your phone and PC
  8. Login menggunakan akun yang sama seperti aplikasi Phone di tahap 3.
  9. Pilih opsi "Is there a QR code on your PC?" jika Anda belum login dan scan QR code yang muncul di PC Anda sesuai pada tahap 3.
  10. Tunggu hingga notifikasi Check your PC selesai dan Anda sudah dapat mengakses device Android dari komputer atau Laptop jika tahap ini sukses.

Bagaimana, sudah bisa menghubungkan device Android dengan PC? Jika belum, Anda perlu memeriksa kompatibilitas perangkat Anda dengan kebutuhan sistem minimum yang dibutuhkan.


Berdasarkan situs Microsoft.com, memang dukungan Your Phone ini baru sebatas pada smartphone high-end seperti Samsung S9 dan Note9 ke atas, Galaxy Fold, Surface Duo, hingga device Samsung versi 5G lainnya. Oleh karenanya, Anda perlu mengecek kembali apakah ponsel Anda termasuk jenis hp Android yang dapat menggunakan fitur ini atau tidak.


Oke, sekian panduan sederhana cara menyambungkan hp dengan PC menggunakan fitur Linkphone dari Autobild. Semoga berhasil dan selamat mencoba terobosan terbaru dari kerjasama Android dan Microsoft ini.

Next article Next Post
Previous article Previous Post