Tuesday, October 13, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Kuliner ala Timur Tengah memiliki penikmat yang kian hari terus bertambah. Jenis makanan ini, bisa menjadi opsi bagi kamu yang senang mencicipi makanan dari pelbagai daerah. Mungkin, beberapa juga bosan dengan khas nusantara, Asia Timur, atau ala barat yang dominan di restoran

Restoran Nuansa Arab di Jakarta

Lima wisata kuliner yang kental dengan nuansa Arab di bawah ini, bisa jadi rekomendasi. Terutama bagi kamu yang bermukim di kawasan Jakarta.

Al Jazeerah Restaurant & Cafe

Sebagaimana menu andalan di banyak makanan Timur Tengah. Kambing pasti selalu menjadi primadona, begitu juga dengan restoran ini. Al Jazeerah Restaurant & Café menyediakan daging kambing muda yang dipadu dengan nasi mandi.

resto aljazeera cikini jakarta - zomato
Resto aljazeera cikini jakarta - zomato

Aneka sop berbahan dasar kambing juga bisa menjadi pilihan menu berbeda. Untuk kamu yang tidak menyukai daging kambing, restoran ini menyediakan daging ayam dan makanan laut (seafood).


Cara masaknya tentu berbeda, selayaknya makanan Timur Tengah yang diracik dengan beragam rempah. Kamu akan menemukan rasa yang berbeda ketika menyambangi restoran ini. Tak hanya makanan, desain interior bergaya Arab sangat kental dan cukup memanjakan mata.


Al Jazeerah Restaurant & Café terletak di Jalan Raden Saleh Raya No 58, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Tempat ini sangat cocok untuk makan bersama seperti acara keluarga maupun kantor.


Tapi lebih baik untuk menghindari jam makan tertentu jika tak ingin menunggu lama, karena tempat ini nyaris tak pernah sepi pengunjung. Harga rata-rata untuk makanan dibanderol kisaran Rp100 hingga Rp200 ribu. Sementara untuk minuman mulai harga Rp30 ribu.


Lihat pula: Kumpulan Lengkap Kuliner Tradisional Indonesia

Larazeta Restaurant and Gallery

Rekomendasi restoran berikutnya adalah Larazeta Restaurant and Gallery yang terletak di Jalan Tebet Barat Raya, No 17, Jakarta Timur. Berdiri sejak tahun 2013, restoran ini sempat diklaim sebagai yang terbesar di Jakarta.


Hal yang unik adalah tersedianya lima jenis nasi legendaris Timur Tengah yakni nasi mandhi, nasi Briyani, nasi Kebuli, nasi Kabsah dan nasi zurbian. Kelima jenis nasi ini tentu menjadi pilihan untuk kudapan berat.


Selain itu, jika menyambanginya ada baiknya mencoba varian roti pitha, foul mudamas dan hummus jika tak ingin konsumsi terlalu berat.  Menu utama Larazeta yang juga bestseller adalah beras brasmati yang dicampur rempah tradisional khas Arab.


Santapan tersebut tentu kurang lengkap tanpa daging kambing sebagai pendamping utamanya. Untuk makan di restoran ini, kamu cukup menyediakan uang sebesar 100 hingga 200 ribu per orang.

Al Nafoura Labanese Restaurant

Bagi kamu yang penasaran dengan kudapan Lebanon, cobalah berkunjung ke Al Nafoura Labanese Restaurant. Restoran ini terletak di Le Meridien, Jakarta. Di sini, kamu akan menemukan suasana ala café  di negara Timur Tengah itu.


Pemesanan pun dapat dilakukan dengan ala carte dan buffet. Desain interior memukau jadi salah satu jualan restoran yang berkolaborasi dengan hotel bintang lima ini. Mode middle eastern dengan batu dan lantai terracotta, membawa kamu pada dunia berbeda saat memasukinya.


Menu andalan yang direkomendasikan adalah haruf ouzi, sejenis braised lamb shank dengan gaya ouzi. Sajian ini baik dikombinasikan dengan nasi, assorted nuts dan yoghurt sauce. Daging lamb juga patut dicoba karena menggunakan teknik slow cooked, yang pasti memanjakan lidah.


Bagi kamu yang ingin mencoba ada baiknya menyediakan uang yang cukup. Quick set lunch dihargai Rp250 ribu dan middle eastern barbeque seharga Rp375 ribu.

Ajwad Resto

Ajwad Resto adalah restoran milik penceramah kondang yang juga berasal dari Timur Tengah, Khalid Basalamah. Terletak di Jalan Condet Raya, No 50, Kramat Jati, Jakarta, tempat ini tak sekadar memberimu santapan yang enak.

restoran ajwad kuliner ala timur tengah
restoran ajwad kuliner ala timur tengah

Memiliki tiga lantai dengan nuansa coklat dan emas, Ajwad Resto memiliki tiga bagian tempat makan yang bisa kamu pilih. Pertama yakni lesehan, kursi dan meja, serta ruang VIP, mirip dengan konsep dasar restoran pada umumnya.


Konsep yang diusung adalah open kitchen yang memungkinkan pengunjung melihat langsung proses memasak para koki. Rekomendasi menu di antaranya nasi briani, mandhi dan khabsaha.


Soal harga, Ajwad Resto menaruh harga yang terjangkau dibanding rata-rata restoran dengan konsep serupa. Yakni di kisaran Rp30 ribu untuk menu per orang. Ragam minuman yang tersedia yakni jus, kopi hingga mocktail.


Hal menarik lain dari tempat ini adalah budaya kerja dimana saat waktu shalat, seluruh karyawan akan meninggalkan pekerjaan dan shalat berjamaah.

Abunawas Restaurant

Satu lagi rekomendasi bernuansa Arab yang wajib dikunjungi. Abunawas Restaurant yang terletak di Jalan Kemang Utara, No 15, Jakarta Selatan dan Jl Matraman No 15, Jakarta Timur.

resto abu nawas melayani takeaway ala new normal
resto abu nawas melayani takeaway ala new normal / facebook.com

Menu restoran ini secara umum menyediakan lamb dan nasi briani. Terdiri dari dua lantai dengan ruang lesehan dan meja. Ada juga bantal khas Timur Tengah pada konsep lesehan yang menarik sebagai spot foto.


Kisaran hara mulai dari Rp100 hingga Rp200 ribu. Uniknya, resto ini memiliki konsep pisah antara pengunjung wanita dan pria. Konsep syariah memang banyak diterapkan pelaku bisnis jenis ini.


Rekomendasi lima restoran di atas bisa kamu pilih untuk kudapan bersama keluarga, dan reuni kerabat. Untuk yang sulit keluar di masa pandemic, restoran tersebut juga menyediakan pemesanan online yang dapat disantap di rumah.

Next article Next Post
Previous article Previous Post