Saturday, October 17, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Indonesia adalah sebuah negara dengan sumber daya alam yang sangat terkenal. Salah satunya adalah batu bara. Negara tersebut mempunyai pengaruh sangat besar di pasaran batu bara tingkat Internasional. Pasalnya, batu bara merupakan hasil tambang yang memiliki banyak nilai guna. Terbukti banyak negara yang menggunakannya sebagai bahan bakar maupun industri.


Contohnya adalah dimanfaatkan pada industri kimia, sebagai pembangkit listrik, penghasil gas, dan lain-lain. Sumber batu bara di Indonesia tersebar di berbagai daerah dari Sabang hingga Merauke. Informasi mengenai daerah-daerah penghasil batu bara terbesar bisa Anda simak pada ulasan di bawah ini.  

Daerah Penghasil Batu Bara Terbesar di Indonesia

1. Aceh Barat

Aceh Barat terkenal memiliki batu bara dengan kualitas terbaik, bahkan telah lama menjadi penyetor batu baru di dunia. Wilayah yang banyak menghasilkan batu bara adalah di Meulaboh, yaitu di Kecamatan Kaway XVI.

Tambang batu bara skala besar
Tambang batu bara skala besar

Kekayaan batu bara yang terkandung di tanah Aceh ada 15 lapisan yang kedalamannya mencapai 100 meter. Ketebalan lapisan tersebut sekitar 0,5 hingga 9,5 meter. Cadangan batu bara yang ada di dalamnya berjumlah 500 juta ton dengan kedalaman 80 meter.

2. Sawahlunto, Sumatera Barat

Sumatera merupakan salah satu pulau yang menyimpan batu bara cadangan cukup banyak. Contohnya terletak di Sawahlunto, Sumatera Barat yang sudah populer sejak abad ke-19, tepatnya sekitar tahun 1860.  Pada tahun tersebut Indonesia masih dikuasai oleh pemerintah kolonial Belanda. Hingga kini, pertambangan ini menjadi yang tertua di Indonesia.


Nama pertambangan di Sawahlunto disebut dengan tambang Ombilin. Batu bara yang dihasilkan di sana sudah tidak diragukan lagi karena kualitasnya telah terbukti bagus. Namun, semua aktivitas petambangan berhenti saat UNESCO menobatkan kawasan tersebut sebagai warisan budaya dunia.

3. Tanjung Enim, Sumatera Selatan

Di Sumatera Selatan, Anda juga dapat menjumpai daerah yang menjadi pertambangan batu bara, yaitu di Tanjung Enim, lebih tepatnya berlokasi di Bukit Asam. Meskipun hanyalah kota kecil, namun keberadaan batu bara di dalamnya menjadikan kota tersebut kaya.


Dalam satu jam, jumlah batu bara yang diproduksi di daerah tersebut adalah 1.500 sampai 1.700 ton. Jika dikalkulasikan dalam satu hari bisa menghasilkan sampai 400 ton. Hal ini dapat terwujud karena adanya dukungan fasilitas yang memadai, yaitu kereta loader yang mampu menampung batu bara 2.000 hingga 2.800 kubik per jamnya.

foto batu bara mentah
foto batu bara mentah

Tanjung Enim menjadi area pertambangan dari PTBA Persero Tbk. Pertambangan tersebut mulai beroperasi sejak Belanda masih menjajah Indonesia, yaitu sekitar tahun 1919. Pada mulanya masyarakat setempat menggunakan batu hitam untuk membuat berbagai peralatan rumah tangga.


Kabar ini diketahui oleh pemerintah Belanda yang kemudian melakukan penyelidikan hingga dimulailah penambangan di Tanjung Enim. Penemuan batu bara ini telah menyebar ke berbagai negara seperti Eropa. Hal inilah yang membuat orang-orang Eropa berdatangan ke Indonesia. Orang Jawa pun turut bermigrasi untuk menjadi buruh di pertambangan.


Penambangan diambil alih oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1950. Semua ini berkat kerja keras para buruh yang memiliki inisiatif untuk mengusir Belanda. Tambang dikelola oleh BUMN dengan nama Perusahaan Negara Tambang Arang Bukit Asam atau PN TABA yang telah berubah nama menjadi PTBA sejak 1981.


Batu bara di Tanjung Enim memiliki cadangan sebesar 6,36 miliar ton. Hasil penambangan yang telah berhasil dilakukan sebanyak 1,59 miliar ton. Berdasarkan tingkat produksinya dalam satu tahun telah mampu menghasilkan 20 juta ton.

4. Sorong, Papua

Berbicara mengenai hasil tambang, Papua merupakan salah satu daerah yang terkenal di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah emas, minyak, dan batu bara. Batu bara sendiri berlokasi di Sorong dan termasuk dalam daftar pertambangan terbesar.

conveyor dan pekerja tambang batu bara
conveyor dan pekerja tambang batu bara

Di Sorong, teknik yang dipakai untuk memproduksi batu bara berkualitas terbaik adalah teknik blending. Alhasil, batu bara tersebut dapat berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).


Kabar yang begitu istimewa tentang batu bara  yang ada di Sorong ini, batu bara yang dihasilkan di wilayah ini memiliki kualitas yang sangat populer. Bukan hanya populer di Nusantara saja, namun terkenal di seluruh dunia. Tak heran, jika permintaan batu bara yang ada di Sorong dari negara-negara lain sangat tinggi.

5. Kota Baru, Kalimantan Selatan

Kota Baru, Kalimantan Selatan turut andil sebagai daerah terbesar yang menghasilkan barang tambang berupa batu bara. Dilihat dari segi kualitasnya juga tidak kalah bagus dari berbagai daerah lainnya. Hal ini dibuktikan dengan jangkauan ekspornya yang luas dari Cina, Jepang, bahkan hingga Amerika Serikat.


Anda tentu bangga bukan menjadi bagian dari warga Indonesia yang kekayaan alamnya melimpah dan bermanfaat bagi kehidupan. Anda perlu mengetahui bahwa manfaat tersebut tidak hanya di rasakan oleh negara ini saja melainkan juga membantu memenuhi kebutuhan batu bara dunia.  

Next article Next Post
Previous article Previous Post