Monday, October 12, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Indonesia merupakan negara yang penduduknya sebagian besar beragama Islam. Hal itu membuat Indonesia mempunyai banyak bangunan masjid yang mengagumkan. Masjid yang biasanya dipakai jamaah untuk beribadah, ternyata ada beberapa masjid yang sering dipakai sebagai tempat wisata religi. Anda juga bisa pergi berwisata religi disana dikutip Hasana.id.

5 Daftar Masjid Paling Indah di Indonesia

Masjid Raya Baiturrahman (Aceh)

Berdasarkan pada sumber yang lain, Masjid Baiturrahman ternyata dibangun lebih awal oleh Sultan Alaidin Mahmudsyah pada 1299. Belanda pernah membakar ini pada masa Indonesia dijajah tahun 1873, kemudian hal tersebut membuat masyarakat Aceh melakukan perlawanan terhadap Belanda. Setelah perlawanan tersebut, Jenderal Van Der Heiden memerintahkan masjid dibangun kembali.

Masjid Baiturrahman Aceh
Masjid Baiturrahman Aceh

Arsitek yang mendesain pada pembangunan itu adalah de Bruchi, yang memilih konsep masjid dengan gaya India. Masjid ini pun adalah simbol budaya, agama, kekuatan, semangat, nasionalisme, dan perjuangan rakyat Aceh.

Masjid Islamic Center (Samarinda)

Masjid Islamic Center merupakan masjid paling megah di Indonesia, dan menjadi masjid paling besar urutan ke-2 di Asia Tenggara. Masjid ini dibangun menghadap langsung ke arah Sungai Mahakam, sehingga menjadikannya sangat menakjubkan. Perlu diketahui bahwa gaya arsitek pada masjid ini adalah menggunakan kombinasi Indonesia, Timur Tengah, dan Eropa.

Masjid Kubah Emas (Depok)
masjid kubah emas depok
masjid kubah emas depok

Masjid lain yang tidak kalah indahnya adalah Masjid Dian Al Mahri (masjid kubah emas), masjid ini mempunyai kubah berlapis emas berjumlah 5 buah. Selain itu, masjid ini juga mempunyai menara berjumlah 6 yang melambangkan rukun iman. Proses pembangunannya sendiri menghabiskan waktu kurang lebih selama 7 tahun.

Masjid Istiqlal (Jakarta)

Frederich Silaban adalah seseorang yang mendesain Masjid Istiqlal yang berada di Jakarta dan Presiden Soekarno adalah yang memprakarsai pembangunannya. Masjid tersebut mulai didirikan pada 24 Agustus 1951, dengan total waktu yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 17 tahun. masjid ini pun selesai dibangun pada tahun 1978.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah memakai konsep Islam, Romawi, dan campuran Jawa sebagai desainnya. Bangunan utama pada masjid ini pun menggunakan atap khas bangunan Jawa berupa limas, tetapi pada bagian ujungnya terdapat kubah besar dengan diameter 20 m. Menara yang ada di masjid ini sebanyak 4 setinggi 62 meter.


Sedangkan pada setiap penjuru atapnya terdapat satu menara setinggi 99 meter, yang terpisah dengan bangunan masjid tersebut. Untuk gaya Romawi, Anda bisa melihatnya dari bangunan masjid yang menggunakan pilar berjumlah 25. Pilar tersebut ternyata menjadi simbol untuk 25 Nabi yang ada di agama Islam.


Anda bisa berwisata religi dengan mengunjungi masjid-masjid yang sudah disebutkan di atas. Anda pun dapat jalan-jalan dan mampir untuk berkunjung ke masjid-masjid tersebut. Masjid yang ada di Indonesia juga tidak kalah dengan masjid-masjid di luar negeri, hal itu terbukti dengan masjid Islamic Center menjadi masjid terbesar urutan ke-2 di Asia Tenggara.

Next article Next Post
Previous article Previous Post