Sunday, September 20, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Untuk identifikasi kendaraan bermotor umumnya menggunakan plat nomor kendaraan yang terpasang di bagian depan dan belakang kendaraan baik itu mobil maupun motor hingga truk. Plat ini juga bisa dijadikan sebagai registrasi kendaraan. Maka dari itu setiap wilayah memiliki kode plat nomor yang berbeda-beda misalnya plat nomor Sulawesi Tenggara dengan kode DT.

Plat Nomor Sulawesi Tenggara
Plat Nomor Sulawesi Tenggara 


Susunan plat nomor setiap kendaraan terdiri dari susunan huruf, angka, kemudian diakhiri lagi dengan huruf. Plat nomor juga disebut dengan nomor polisi di Indonesia. Nomor polisi ini mengandung banyak informasi kendaraan seperti nama pemilik, alamat pemilik, dan informasi penting lainnya. Semua data-data ini tertera di STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Terdapat juga informasi seperti merk, warna, model, dan tahun pembuatan.

Kode Plat Nomor Sulawesi Tenggara

Huruf dan angka yang tertera pada plat nomor tidak sembarang dibuat karena sudah memiliki ketentuan yang telah ditetapkan. Tentu saja terdapat tujuan mengapa ada plat nomor kendaraan apalagi melihat jumlah pengguna kendaraan di Indonesia yang sangat banyak. Nomor polisi kendaraan yang diberikan akan disesuaikan dengan urutan pendaftaran kendaraan bermotor. Nomor ini akan didapatkan saat kendaraan didaftarkan di wilayah kendaraan tersebut.


Apabila nomor yang sudah ditentukan telah habis maka akan menggunakan nomor urut pendaftaran berikutnya dengan abjad yang berbeda dari A hingga Z yang terletak di belakang angka pendaftaran. Untuk wilayah DKI Jakarta bahkan sudah mencapai 3 huruf abjad. Jadi setiap wilayah memang sudah memiliki ketentuan nya masing-masing. Sedangkan untuk daftar kode depan dan kode belakang plat nomor Sulawesi Tenggara yaitu:


  • Kabupaten Konawe memiliki plat nomor kendaraan DT dan kode belakang A* 
  • Kabupaten Kolaka Utara memiliki plat nomor kendaraan DT dan kode belakang B* 
  • Kabupaten Wakatobi memiliki plat nomor kendaraan DT dan kode belakang C* 
  • Kabupaten Muna memiliki plat nomor kendaraan DT dan kode belakang D* 
  • Kota Kendari memiliki plat nomor kendaraan DT dan kode belakang E* 
  • Kabupaten Buton Utara memiliki plat nomor kendaraan DT dan kode belakang F* 
  • Kabupaten Buton memiliki plat nomor kendaraan DT dan kode belakang G* 
  • Kabupaten Konawe Selatan memiliki plat nomor kendaraan DT dan kode belakang H* 
  • Kabupaten Kolaka memiliki plat nomor kendaraan DT dan kode belakang J* 
  • Kabupaten Bombana memiliki plat nomor kendaraan DT dan kode belakang K* 
  • Kabupaten Konawe Utara memiliki plat nomor kendaraan DT dan kode belakang M*

Cara Cek Plat Nomor Sulawesi Tenggara

Setiap pemilik kendaraan sudah diwajibkan untuk membayar pajak kendaraan dan memperpanjang STNK kendaraan tepat waktu agar tidak dikenakan denda. Tentu saja anda tidak ingin sampai dikenakan denda karena terlambat membayar. Maka dari itu selalu ingat kapan harus memperpanjang STNK dan membayar pajak kendaraan. 


Sayangnya, untuk mengecek plat dan status pajak kendaraan bernomor Sulawesi Tenggara, Anda harus datang ke kantor Samsat setempat karena tidak tersedia aplikasinya di Play Store atau App Store.

Next article Next Post
Previous article Previous Post