Sunday, September 20, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Setiap kendaraan pasti memiliki plat nomor dengan kodenya masing-masing misalnya kode awal plat nomor Sulawesi Selatan yaitu DD dengan setiap kode belakang dan angka yang berbeda. Plat nomor kendaraan merupakan pelat yang terbuat dari aluminium yang dicetak dengan dua baris tulisan.

Plat Nomor Sulawesi Selatan
Plat Nomor Sulawesi Selatan 

Nomor kendaraan juga disebut Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kendaraan tanpa plat nomor tentu saja akan ditilang dan dikenakan denda karena tidak memiliki izin beroperasi di jalanan. Maka dari itu plat nomor sangatlah penting bagi kendaraan. 


Baris pertama pada plat nomor terdiri dari kode wilayah berupa huruf, nomor polisi berupa angka, dan kemudian diakhiri dengan huruf yang merupakan kode/seri akhir wilayah kota/kabupaten. Sedangkan baris kedua menunjukkan masa berlaku plat nomor berupa bulan dan tahunnya. Untuk ukuran plat kendaraan roda 2 dan 3 biasanya lebih kecil dibandingkan ukuran plat kendaraan roda 4 dan kendaraan besar lainnya. 


Untuk warna plat kendaraan juga berbeda-beda bukan hanya terdiri dari warna dasar hitam dan tulisan putih saja yang merupakan plat untuk kendaraan bermotor perseorangan dan sewa. Untuk kendaraan angkutan umum berwarna dasar kuning dan tulisan hitam, kendaraan dinas pemerintah memiliki tulisan putih dan warna dasar merah, dan tulisan biru dan warna dasar putih untuk kendaraan korps diplomatik negara asing. 

Kode Plat Nomor Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan merupakan provinsi dengan ibu kota Makassar. Sulawesi Selatan menjadi provinsi yang kaya akan bahasa, agama, budaya dan adat istiadat, dengan jumlah penduduk sekitar 8 juta jiwa. Provinsi Sulawesi Selatan terbagi menjadi kabupaten dan kota termasuk banyak tempat wisata yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. 


Sudah wajar jika di Sulsel ditemukan plat nomor kendaraan yang bervariasi namun sebenarnya kode plat nomor kendaraan Sulawesi Selatan yang asli yaitu DD. Plat nomor Sulawesi selatan memang sama di bagian kode awal plat nomor namun memiliki kode belakang plat yang berbeda sesuai dengan kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Selatan. Berikut daftar plat nomor kendaraan Sulawesi Selatan beserta kode belakangnya. 


  • Kabupaten Selayar memiliki kode plat nomor kendaraan DD dengan kode belakang J*
  • Kabupaten Bulukumba memiliki kode plat nomor kendaraan DD dan kode belakang H*
  • Kabupaten Jeneponto memiliki kode plat nomor kendaraan DD dan kode belakang G*
  • Bantaeng memiliki kode plat nomor kendaraan DD dan kode belakang F*
  • Kabupaten Maros memiliki kode plat nomor kendaraan DD dan kode belakang D*
  • Kabupaten Takalar memiliki kode plat nomor kendaraan DD dan Kode belakang C*
  • Gowa memiliki kode plat nomor kendaraan DD dan kode belakang B*/L*
  • Kabupaten Makassar memiliki kode plat nomor kendaraan DD dan kode belakang A*/K*
  • Kabupaten Pangkajene Kepulauan memiliki kode plat nomor kendaraan DD dan kode belakang E*

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Sulawesi Selatan

Apabila anda tidak memiliki waktu untuk ke kantor Samsat setempat, anda bisa menggunakan aplikasi e-Samsat Sulawesi Selatan online yang bisa didownload di smartphone anda yang menggunakan sistem informasi Android atau iOS. Anda bisa mendapatkan informasi yang lengkap mengenai kendaraan baik itu nama pemilik kendaraan, tanggal jatuh tempo, informasi jumlah pajak, dan informasi lainnya.


Aplikasi e-Samsat untuk cek plat nomor Sulawesi Selatan memiliki tampilan yang mudah dipahami sehingga memudahkan siapa saja menggunakannya. Anda cukup mengisi data-data yang diminta untuk melakukan pendaftaran online agar bisa membayar pajak dan juga memperpanjang STNK kendaraan bermotor. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post