Sunday, September 20, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Setiap kendaraan bermotor tanpa pengecualian haruslah dilengkapi dengan plat nomor kendaraan bermotor resmi yang dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan bermotor. Setiap wilayah juga memiliki kode yang berbeda-beda misalnya plat nomor Sulawesi Tengah akan berbeda dengan Sulawesi Utara, dsb.


Setiap kendaraan bermotor yang turun ke jalan harus dilengkapi dengan STNK (Surat Tanda Kendaraan Bermotor) dan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor). Keduanya harus memuat kode wilayah, masa berlaku, dan nomor registrasi kendaraan. TNKB juga sering disebut dengan Nopol (Nomor Polisi).


Plat nomor kendaraan terdiri dari huruf dan angka dengan susunan huruf - angka - huruf. Huruf awal merupakan kode wilayah kendaraan terdaftar yang terdiri dari 1 huruf atau 2 huruf. Sedangkan untuk angka pada plat nomor terdiri dari nomor 1 hingga 9999 dan untuk huruf terakhir terdiri dari 1-3 abjad dari A-Z.

Ilustrasi kode plat Sulawesi Tengah
Ilustrasi kode plat Sulawesi Tengah

Apabila angka pada plat nomor sudah habis maka akan menggunakan abjad baru dan seterusnya. Angka ditentukan sesuai dengan nomor urut terdaftarnya kendaraan dan juga jenis kendaraan. Untuk kendaraan penumpang 1 s/d 1999, sepeda motor 2000 s/d 6999, bus 7000 s/d 7999, dan kendaraan beban 8000 s/d 9999.

Kode Plat Nomor Sulawesi Tengah

Kota Palu merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Tengah dengan jumlah penduduk sekitar 3 juta jiwa. Sulawesi Tengah termasuk wilayah yang paling luas dibandingkan dengan wilayah Sulawesi lainnya. Sulawesi Tengah juga dikenal akan seni dan budayanya yang bervariasi bahkan dijadikan sebagai hiburan wisata. Wajar jika banyak pengunjung yang datang ke Sulawesi Tengah untuk menikmati seni dan budayanya.


Untuk daftar plat nomor Sulawesi Tengah yaitu DN pada huruf awalnya kemudian diikuti oleh angka yang diakhiri dengan huruf. Huruf-huruf ini berbeda pada setiap kota/kabupaten di Sulawesi Tengah. Untuk membedakan plat nomornya yaitu:


  • Kota Palu memiliki plat nomor kendaraan DN dan kode belakang A*/V*/Y* 
  • Kabupaten Donggala memiliki plat nomor kendaraan DN dan kode belakang B* 
  • Kabupaten Banggai memiliki plat nomor kendaraan DN dan kode belakang C*/R* 
  • Kabupaten Tolitoli dan kode belakang Toli memiliki plat nomor kendaraan DN dan kode belakang D* 
  • Kabupaten Poso memiliki plat nomor kendaraan DN dan kode belakang E* 
  • Kabupaten Buol memiliki plat nomor kendaraan DN dan kode belakang F* 
  • Kabupaten Morowali memiliki plat nomor kendaraan DN dan kode belakang G* 
  • Kabupaten Banggai Kepulauan memiliki plat nomor kendaraan DN dan kode belakang H* 
  • Kabupaten Parigi Moutong memiliki plat nomor kendaraan DN dan kode belakang J*/K* 
  • Kabupaten Tojo Una dan kode belakang memiliki plat nomor kendaraan DN dan kode belakang L* 
  • Kabupaten Sigi memiliki plat nomor kendaraan DN dan kode belakang M* 
  • Kabupaten Banggai Laut memiliki plat nomor kendaraan DN dan kode belakang Q* 
  • Kabupaten Morowali Utara memiliki plat nomor kendaraan DN dan kode belakang U*

Cara Cek Plat Nomor Sulawesi Tengah

Saat ini melakukan pengecekan pajak dan STNK sudah bisa dilakukan secara online dengan menggunakan plat nomor. Caranya juga mudah yaitu cukup dengan mengunduh aplikasi e-Samsat Sulawesi Tengah di Play Store atau App Store ke smartphone anda. Setelah itu lakukan pendaftaran secara online dan masukkan data-data yang dibutuhkan.


Anda akan mendapatkan informasi sesuai dengan plat nomor Sulawesi Tengah yang dimasukkan. Informasi tersebut berupa jumlah pajak yang harus dibayar wajib pajak, tanggal jatuh tempo pajak dan STNK, informasi pemilik berupa nama dan alamat, dan informasi lainnya.

Next article Next Post
Previous article Previous Post