Sunday, September 20, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Kode TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) untuk wilayah Kalimantan Timur yaitu KT. Kode plat nomor Kalimantan Timur sama untuk seluruh wilayah pada bagian huruf depannya namun untuk huruf belakang setelah nomor plat maka akan terdiri dari variasi huruf yang bergantung pada seluruh kota dan kabupaten yang ada di Kalimantan Timur.

Ilustrasi plat nomor KT Kalimantan Timur
Ilustrasi plat nomor KT Kalimantan Timur

Kode Plat Nomor Kalimantan Timur

Jadi kode belakang setiap plat nomor bukanlah huruf acak melainkan huruf yang memang sudah ditentukan berdasarkan daerahnya masing-masing. Huruf-huruf ini yang berguna untuk mengidentifikasi wilayah Kalimantan Timur di mana kendaraan tersebut terdaftar. Berikut daftar kode plat nomor kendaraan Kalimantan Timur termasuk kode belakangnya berdasarkan kota dan kabupatennya.


  • Kota Balikpapan memiliki plat nomor kendaraan KT dan kode belakang A**/K*/L*/Y*/Z*
  • Kota Samarinda memiliki plat nomor kendaraan KT dan kode belakang B**/I*/M*/N*/W*/X*
  • Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki plat nomor kendaraan KT dan kode belakang C**/O*/U*
  • Kota Bontang memiliki plat nomor kendaraan KT dan kode belakang D**/Q*
  • Kabupaten Paser memiliki plat nomor kendaraan KT dan kode belakang E**
  • Kabupaten Berau memiliki plat nomor kendaraan KT dan kode belakang G**
  • Kabupaten Kutai Barat memiliki plat nomor kendaraan KT dan kode belakang P**
  • Kabupaten Kutai Timur memiliki plat nomor kendaraan KT dan kode belakang R**
  • Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki plat nomor kendaraan KT dan kode belakang V*

Cara Cek Plat Nomor Kalimantan Timur

Plat nomor merupakan suatu hal yang sangat penting dan krusial bagi setiap jenis kendaraan bermotor. Bisa dibilang plat nomor ini merupakan KTP kendaraan. Di dalam STNK juga tertera plat nomor kendaraan dan juga informasi kendaraan lainnya yang lengkap. Plat nomor ini juga sebagai identifikasi kendaraan untuk mengetahui wilayahnya dan juga sebagai izin beroperasi di jalanan.


Untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan Kaltim dapat dilakukan secara online melalui ATM. Kunjungi ATM terdekat kemudian pilih menu Layanan Umum setelah itu pilih menu Pembayaran Samsat.


Masukkan kode wilayah anda atau bisa langsung melihat daftar kode wilayah yang sudah ada di layar ATM. Tambahkan kode bayar (nomor polisi 4 digit dan dilanjutkan dengan huruf konversi. Nanti akan muncul informasi tagihan dan pilih menu lanjutkan pembayaran. Akan muncul pemberitahuan transaksi sukses jika sudah selesai.


Bisa juga dengan langsung datang ke kantor Samsat terdekat namun tentu anda harus mengantri lagi yang memakan cukup banyak waktu. Jika tidak, gunakan aplikasi SIMPATOR dari BAPENDA Kalimantan Timur untuk mengecek plat nomor dengan awalan KT.


Setelah pengecekan data sudah selesai, segera perpanjang STNK milik Anda sehingga tidak terkena denda keterlambatan perpanjangan pajak kendaraan. Setelahnya, plat nomor Kalimantan Timur sudah diperpanjang dan anda tidak perlu khawatir lagi akan ditilang dan dikenakan denda karena perihal nomor kendaraan yang belum diperpanjang atau pajak yang belum dibayar.

Next article Next Post
Previous article Previous Post