Sunday, September 20, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Kode plat nomor Kalimantan Utara sama pada bagian awalan kemudian diikuti dengan angka dan diakhiri dengan huruf lagi. Untuk kode huruf belakangnya berbeda pada setiap kota/kabupaten dengan tujuan sebagai pengenal asal kendaraan terdaftar. 

Plat nomor Kalimantan Utara
Plat nomor Kalimantan Utara

Adanya plat nomor kendaraan juga memudahkan pembayaran pajak, perpanjangan STNK, dan kebutuhan kendaraan lainnya. Maka dari itu setiap kendaraan wajib memiliki plat nomor. Mengemudikan kendaraan tanpa plat nomor tentu saja akan ditilang dan didenda. Namun tetap harus plat nomor yang resmi dan bukan dibuat sendiri secara asal-asalan. 

Kode Plat Nomor Kalimantan Utara

Kalimantan Utara merupakan merupakan sebuah provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan bagian Utara dengan berbatasan langsung dengan Malaysia sebagai negara tetangga terutama pada negara bagian Sarawak dan Sabah. Kecamatan Tanjung Selor merupakan pusat pemerintahan Kalimantan Utara bersama dengan Kabupaten Bulungan. Untuk kode plat Kalimantan Utara yaitu: 


  • Kabupaten Nunukan – Nunukan memiliki plat nomor kendaraan KU 
  • Kabupaten Tana Tidung – Tideng Pale memiliki plat nomor kendaraan KU
  • Kabupaten Bulungan – Tanjungselor memiliki plat nomor kendaraan KU dan kode belakang A*
  • Kabupaten Malinau – Malinau memiliki plat nomor kendaraan KU
  • Kota Tarakan memiliki plat nomor kendaraan KU dan kode belakang G*

Cara Cek Plat Nomor Kalimantan Utara

Untuk cek plat nomor Kalimantan Utara sebenarnya bisa dilakukan dengan mengunjungi kantor Samsat setempat namun saja hal ini cukup repot karena anda masih harus mengantri lagi yang akan memakan cukup banyak waktu. 


Karena kita sudah hidup di zaman digital yang sudah lebih canggih, maka pengecekan ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Samsat resmi. Untuk nama aplikasi Samsat Kalimantan Utara yaitu eSamsat Kalimantan Utara.


Aplikasi ini bukan hanya untuk pengecekan plat nomor namun juga pengecekan jatuh tempo STNK, jatuh tempo pajak, total yang harus dibayarkan, bahkan hingga pemilik kendaraan dan informasi lainnya. Untuk cara menggunakan aplikasinya yaitu: 


  1. Buka aplikasi kemudian pilih menu Pendaftaran Online
  2. Masukkan NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor) setelah itu pilih YA saat muncul pertanyaan Lanjutkan Daftar Online.
  3. Anda akan diarahkan ke menu untuk membayar PKB secara online kemudian masukkan nomor e-ktp pemilik kendaraan. 
  4. Klik Setujui saat muncul enam pasal ketentuan agar bisa melanjutkan pembayaran PKB secara online. 
  5. Setelah itu akan muncul informasi biaya pajak kendaraan dan juga kode bayar yang harus dimasukkan saat melakukan pembayaran. Anda bisa melakukan pembayaran melalui Internet Banking, Mobile Banking, maupun ATM. Pilih salah satu metode pembayaran dan ikuti petunjuknya. 
  6. Jangan buang bukti pembayaran apabila sudah melakukan pembayaran. Anda harus mengesahkan STNK ke Samsat Kalimantan Utara terdekat. Anda bisa mengesahkan STNK maksimal 14 hari dari waktu setelah melakukan pembayaran.
  7. Kunjungi kantor Samsat setempat dan datang ke bagian loket dengan membawa STNK asli, e-KTP, SKPD asli, dan smartphone yang memiliki aplikasi e-Samsat. 
  8. Setibanya di bagian loket, petugas Samsat akan membantu anda mengesahkan STNK dan juga mengisi data-data yang dibutuhkan seperti NIK e-KTP, NRKB, dan 4 angka terakhir nomor rangka kendaraan anda. Petugas Samsat juga akan melakukan scan QR Code yang ada pada bagian informasi PKB dan kendaraan bermotor. 

Inilah cara untuk membayar pajak plat nomor Kalimantan Utara dan juga memperpanjang STNK. Anda bisa menggunakan cara dengan menggunakan aplikasi atau bisa juga dengan langsung datang ke kantor Samsat terdekat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post