Wednesday, September 16, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

 Di antara 34 provinsi yang ada di Indonesia, Kalimantan Tengah termasuk salah satu provinsi yang luas. Di Kalimantan Tengah terdapat 1 kota madya dan 13 kabupaten membuat Kalimantan Tengah menjadi salah satu provinsi terluas. Bahkan terdapat 14 resort kepolisian di mana setiap plat nomor Kalimantan Tengah berbeda satu sama lain setiap kabupatennya. 

Kode Plat Nomor Kalimantan Tengah
Kode Plat Nomor Kalimantan Tengah

Kode Plat Nomor Kalimantan Tengah

Kode plat kendaraan Kalimantan Tengah atau nomor polisi kendaraan Kalimantan Tengah diawali dengan huruf KH kemudian pada bagian belakang setelah angka juga diakhiri dengan huruf yang merupakan kode kabupaten Kalimantan Tengah. Untuk plat kode belakang Kalimantan Tengah yaitu:


  • Kabupaten Gunung Mas memiliki plat nomor kendaraan KH dan kode belakang H*
  • Kabupaten Pulang Pisau memiliki plat nomor kendaraan KH dan kode belakang J*
  • Kabupaten Barito Timur memiliki plat nomor kendaraan KH dan kode belakang K*
  • Kabupaten Murung Raya memiliki plat nomor kendaraan KH dan kode belakang M*
  • Kabupaten Katingan memiliki plat nomor kendaraan KH dan kode belakang N*
  • Kabupaten Seruyan memiliki plat nomor kendaraan KH dan kode belakang P*
  • Kabupaten Lamandau memiliki plat nomor kendaraan KH dan kode belakang R*
  • Kabupaten Sukamara memiliki plat nomor kendaraan KH dan kode belakang S*
  • Kabupaten Kapuas memiliki plat nomor kendaraan KH dan kode belakang B*
  • Kabupaten Barito Selatan memiliki plat nomor kendaraan KH dan kode belakang D*
  • Kabupaten Barito Utara memiliki plat nomor kendaraan KH dan kode belakang E*
  • Kabupaten Kotawaringin Timur memiliki plat nomor kendaraan KH dan kode belakang F*
  • Kabupaten Kotawaringin Barat memiliki plat nomor kendaraan KH dan kode belakang G*
  • Kota Palangkaraya memiliki plat nomor kendaraan KH dan kode belakang A*/T*

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Kalimantan Tengah

Di zaman yang sudah serba canggih ini membuat pengecekan nomor kendaraan, pemilik, pajak kendaraan, dan informasi lengkap lainnya sudah bisa dilihat secara online tanpa harus repot keluar rumah dan pergi ke kantor Samsat setempat. Beberapa wilayah sudah dilengkapi dengan situs online resmi seperti Kalimantan Tengah dengan E-Samsat Kalteng


Jika melalui situs resmi Samsat, maka wajib pajak bisa mengakses website di wilayahnya masing-masing kemudian masukkan data yang diminta seperti nomor polisi kendaraan dan juga nomor KTP atau NIK untuk bisa mengetahui berapa besaran pajak kendaraan yang harus dibayarkan. 


Selain mengakses situs online Samsat, bisa juga dengan menggunakan aplikasi Samsat resmi yang dapat diunduh di Playstore atau App Store. Setelah itu bisa menekan menu pendaftaran apabila ingin melakukan pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor).


Setelah melakukan pendaftaran maka akan muncul pemberitahuan yaitu “perhatian, TBPKP/SKPD dan stiker pengesahan STNK akan dikirim ke alamat yang tertera di STNK.”. Setelah itu anda akan diminta untuk mengisi formulir yang harus diisi secara benar dan lengkap oleh wajib pajak. Data-data yang diminta seperti email, nomor telepon, NIK, nomor polisi, dan lima digit terakhir nomor rangka.


Kemudian anda akan diminta untuk melakukan pembayaran pajak sesuai dengan jumlah pajak sesuai plat nomor Kalimantan Tengah kendaraan anda. Pembayaran bisa melalui Mobile Banking, Internet Banking, atau ATM. Nantinya bukti bayar memiliki masa berlaku selama 14 hari yang nantinya harus ditukarkan ke kantor Samsat terdekat untuk mendapatkan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah) yang baru. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post