Sunday, September 20, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Setiap kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan wajib memiliki plat nomor yang dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan. Setiap wilayah memiliki kode plat nomor yang berbeda sebagai identifikasi kendaraan misalnya seperti kode plat nomor Gorontalo yaitu DM. Setiap TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) harus memiliki nomor registrasi, kode wilayah, dan masa berlaku plat nomor. 


Tanda Nomor Kendaraan Bermotor juga sering disebut dengan Nomor Polisi (Nopol) atau plat nomor. Plat nomor biasanya terbuat dari bahan Aluminium yang tebal yang memiliki warna plat nomor kendaraan berbeda yaitu warna dasar hitam, kuning, merah, dan putih sesuai dengan jenis dan kategori kendaraan.

Kode Plat Nomor Gorontalo
Kode Plat Nomor Gorontalo

Kode Plat Nomor Gorontalo

Gorontalo merupakan provinsi di Indonesia dengan ibu kota provinsi Kota Gorontalo. Provinsi Gorontalo terletak di Pulau Sulawesi Semenanjung Gorontalo tepatnya di bagian Sulawesi Utara. Gorontalo terdiri dari 1 kota dan 5 kabupaten yang memiliki kode plat nomor kendaraan yang sama namun memiliki kode belakang yang berbeda. Untuk daftar kode plat nomor Gorontalo beserta huruf kode belakangnya yaitu:


  • Kota Gorontalo memiliki plat nomor kendaraan DM dan kode belakang A* 
  • Kabupaten Gorontalo memiliki plat nomor kendaraan DM dan kode belakang B* 
  • Kabupaten Boalemo memiliki plat nomor kendaraan DM dan kode belakang C* 
  • Kabupaten Pohuwato memiliki plat nomor kendaraan DM dan kode belakang D* 
  • Kabupaten Bone Bolango memiliki plat nomor kendaraan DM dan kode belakang E* 
  • Kabupaten Gorontalo Utara memiliki plat nomor kendaraan DM dan kode belakang F*

Warna Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Anda pasti sering melihat bahwa beberapa plat nomor kendaraan berbeda. Padahal sebenarnya warna tersebut memiliki artinya masing-masing.


  • Warna plat nomor kendaraan yang paling sering ditemui yaitu warna dasar hitam dan tulisan berwarna putih. Mobil dengan plat nomor ini merupakan kendaraan bermotor perseorangan atau sewa.
  • Plat nomor kendaraan berwarna dasar kuning dan tulisan berwarna hitam merupakan kendaraan bermotor umum.
  • Plat nomor kendaraan berwarna dasar merah dan tulisan warna putih digunakan oleh kendaraan bermotor milik pemerintah. 
  • Plat nomor berwarna putih atau merah dan tulisan berwarna hitam digunakan untuk kendaraan bermotor Korps Diplomatik Negara Asing. 
  • Plat nomor berwarna dasar hitam dan tulisan warna putih serta memiliki 5 angka dan kode angka Negara digunakan oleh kendaraan bermotor Staf Operasional Korps Diplomatik Negara Asing. Kode angka negara ini dicetak dengan angka yang lebih kecil dengan format sub-bagian. 

Cara Cek Plat Nomor Gorontalo

Untuk cek plat nomor Gorontalo saat ini sudah bisa dilakukan secara online sehingga anda tidak harus datang lagi ke kantor Samsat setempat. Bukan hanya itu saja, anda juga bisa mendapatkan informasi seperti biaya pajak kendaraan yang harus dibayar, tanggal jatuh tempo pajak kendaraan, jatuh tempo STNK, dan informasi kendaraan lainnya termasuk nama pemilik kendaraan.


Untuk aplikasi Samsat online Gorontalo yaitu e-Samsat Gorontalo yang bisa didownload melalui Play Store atau App Store sesuai sistem informasi smartphone anda. Pastikan untuk mendownload aplikasi di tempat resmi dan juga dari developer aplikasi resmi untuk menghindari penipuan dan kerugian diri sendiri. 


Caranya juga sangat mudah, cukup buka aplikasi kemudian lakukan pendaftaran secara online. Setelah itu isi data-data sesuai dengan yang diminta secara benar dan lengkap. Nantinya akan muncul informasi yang anda butuhkan bahkan anda juga bisa membayar pajak dan memperpanjang STNK secara online. Informasi plat nomor Gorontalo akan lebih mudah didapatkan dengan adanya aplikasi. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post