Sunday, August 9, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Siapa yang tidak kenal Nissan, produsen mobil asal Jepang yang dikenal dengan produk roda empat untuk keluarga dengan bodi besar. Siapa sangka, mobil sedan flagship Nissan ini juga laris manis dan diminati banyak pecinta otomotif. Mau tahu apa saja mobil sedan Nissan yang jadi incaran kolektor mobil sport? Ini dia daftarnya.

Nissan Silvia, Mobil Penggerak Roda Belakang yang Tak Lekang Waktu

Melejitnya Nissan Silvia memang tak lepas dari hadirnya olahraga drifting atau adu keterampilan menyetir yang booming-nya di Indonesia. Hal tersebut karena Silvia telah menggunakan S-Platform dengan konsep Front Engineer Rear Wheel Drive, dengan tujuan awal untuk menciptakan unsur fun to drive. Harganya pun tak serta merta menjadi selangit.
nissan silvia tetap prima
nissan silvia tetap prima

Hadir sejak 1965, untuk generasi awalnya memang belum menggunakan S-Platform atau yang biasa disebut dengan penggerak roda belakang. Baru setelah munculnya generasi kedua yakni tahun 1975 sampai generasi terakhir yang hadir di tahun 2000an telah mengusung S-Platform.

Tak heran, karena keunikan dan kelangkaan mobil ini, membuatnya sangat populer di Dunia Drafting, membuat jago-jago drafting pun mau mengambil dengan harga berapa pun. Apalagi telah ditambah dengan 1 pintu atau cipe, tentu terserah sang penjual akan taruh harga berapapun tetap dituruti pembeli, sebut saja M. Rully Armando, Emmanuel Adwitya Amandio dan jago drifting lainnya.
Beberapa Nissan Silvia yang pernah menggegerkan dunia drifting di Tanah Air yakni:
  1. Nissan Silvia (1965)
  2. Nissan Silvia (S10) 1975-79
  3. Nissan Silvia (S110) 1979-85
  4. Nissan Silvia (S12) 1983-88
  5. Nissan Silvia (S13) 1988-93
  6. Nissan Silvia (S14) 1993-98
  7. Nissan Silvia (S15) 1999-2002.

Nissan GT-R, Legenda Mobil Sport Penggerak Empat Roda

Sekitar tahun 1969- 1974 serta tahun 1989- 2002, Nissan berhasil memproduksi versi dengan jajaran yang lebih unggul, yakni Nissan GT-R. Dimana versi yang berperforma  tinggi ini, merupakan jenis mobil sport penggerak roda 4 dengan mesin 6 silinder twin- turbo. Versi ini, memiliki desain lampu belakang yang bulat, serta jenis mesin VR38DETT dengan frekuensi V. Tak hanya itu saja, isi silindernya juga lebih besar, yakni bisa menampung hingga 3.800 CC.
Nissan GT-R Monster Jalanan
Nissan GT-R Monster Jalanan

Nissan GT-R sebenarnya merupakan generasi dari Nissan Skyline GT-R, sehingga kode sasisnya masih menggunakan CBA-R35 (DBA- R35 pada model 2013) yang disebut dengan R35. Sehingga tak heran jika versi ini juga bisa disebut dengan Nissan Skyline GT-R BNR32, yakni The Godzilla.

Lihat pula: Harga Nissan GT-R R35 Nismo

Model yang diusung oleh Nissan GT-R sendiri, memiliki 2 konsep yang pernah ditampilkan dalam acara motor show, bahkan video game. Yang pertama yakni pada tahun 20001 ditampilkan di Tokyo Moto Show, sedangkan pada video game yang dibuat oleh Poliphony Digital, Gran Turismo 4.

Sedangkan yang kedua, juga pernah ditampilkan dalam acara motor show dan video game, seperti pada Toko Motor Show yang diselenggarakan pada tahun 2005, serta video game yang dibuat oleh EA, Need for Speed: ProStreet. Sedangkan sebutan untuk model kedua ini adalah Nissan GTR Proto.

Nissan Fairlady 370Z , Ikon Nissan 50th Anniversary 2020

Sejak munculnya generasi pertama Nissan 370Z, yakni yang diluncurkan pada tahun 1969, nyatanya Nissan 370Z   tetap melegenda dan banyak diminati sampai sekarang. Hal ini dapat dibuktikan dalam acara New York International Auto Show 2019 yang meluncurkan Nissan 370Z   dengan tajuk 50th Anniversary 2020.
naga putih nissan fairlady
naga putih nissan fairlady

Yang kini disebut juga dengan FairladyZ, sosok generasi pertamanya yaitu Nissan 240Z, nyatanya telah dibekali dengan banyak kelebihan, salah satunya tenaga mumpuni dan nyaman ketika dikemudikan. Tak hanya itu saja, harga yang terjangkau pun masih dipertahankan sampai sekarang pada keluaran terbarunya.

Namun sayangnya, nasib Nissan 370Z  ini tak menentu lagi. Pasalnya pada generasi sembilan yang dirilis tahun 2009 tak diberikan pembaharuan lagi sampai sekarang. Hal tersebut tentu saja sedikit mengecewakan bagi para penggemarnya. Tetapi setidaknya sekarang penggemar Nissan 370Z bisa melihat kembali sejarah emas Nissan Z melalui generasi barunya yang baru dirilis dalam versi 50th Anniversary.

Nissan nyatanya memang menjadi salah satu perusahaan mobil yang sampai sekarang ini masih menunjukkan eksistensi dan konsistensinya. Bagaimana tidak, setiap keluaran mobil terbarunya, pasti mengusung generasi sebelumnya yang telah melegenda. Bagi Anda penggemar mobil lawas Nissan, tentunya tetap bisa mencintai produknya dan tetap bisa mengikuti perkembangan zaman, dengan menikmati setiap keluaran terbaru dari Nissan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post