Monday, August 3, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Mungkin banyak dari kamu yang menjadikan perangkat hard disk external sebagai benda yang wajib dibawa saat beraktivitas. Baik itu pelajar ataupun pekerja, hard disk tak bisa lepas dari kemudahan teknologi.

Hard disk difungsikan sebagai komponen penting untuk penyimpanan konten digital macam foto, video, musik dan dokumen dalam skala besar. Orang-orang lebih memanfaatkan hard disk untuk kapasitas besar, karena memori ponsel misalnya yang lebih terbatas.

Kepemilikan hard disk harus dibarengi dengan perawatan dan perlindungannya. Salah satu yang dapat digunakan agar hard disk external tetap terlindung adalah  pouch atau dompet penyimpanan. Berikut ini rekomendasi jenis pouch yang bisa digunakan.

Jenis Pouch Hard Disk External

Jenis pouch sangat beragam, mulai dari ukuran model dan fungsi tambahan lainnya. Namun ada baiknya sebelum membeli kamu memahami terlebih dahulu jenis pouch yang cocok untuk hard disk external.

Soft Case Pouch

Beberapa model soft case pouch berbahan dasar kain kanvas mirip seperti dompet. Model sederhana mengikuti ukuran hard disk standar dengan tutup risleting ataupun kancing.
soft pouch untuk hard disk
soft pouch untuk hard disk (keykalou at Flickr)

Karena hanya dilindungi kain, soft case pouch mungkin hanya dapat melindungi hard disk dari goresan kecil namun tidak jika terjatuh dari ketinggian tertentu.

Jenis ini biasanya hanya memiliki dua lapisan yakni khusus hard disk dan lapisan jaring untuk kabel atau USB tambahan. Sesuai kualitasnya, hard disk soft case pouch terbilang murah mulai dari harga belasan ribu rupiah.

Bag Pouch

Hard disk ukuran 2.5 inch biasanya banyak menggunakan pouch jenis ini. Bag pouch punya desain yang lebih menawan dan aman. Untuk lapisan luarnya menggunakan plastik yang cukup keras sebagai pelindung.
Pouch hard disk berbahan kokoh
Pouch hard disk berbahan kokoh

Penyimpanan di dalam cukup lengkap dan lebih tebal. Untuk lapisan pertama biasanya dilapisi kanvas dan jaring dengan dua tempat penyimpanan utama dan satu jaring kecil di tengah.
Selain hard disk, bag pouch juga dapat digunakan menyimpan ponsel, flash disk, headset, kabel hingga charger. Kain pelindung di dalam lembut dan melindungi dari benturan. Ini dapat dilihat dari pelindung luar yang anti penyok.

Khusus harga, tak perlu khawatir karena model ini cukup murah dan mudah ditemui. Bag pouch rata-rata dijual di kisaran Rp20 ribu - Rp100 ribu tergantung dari kualitas bahan yang digunakan.

Portable Carry Case Pouch

Mirip dengan bag pouch, jenis ini juga memiliki lapisan plastik  dan pelindung yang hampir sama. Bedanya, portable carry case pouch memiliki sistem waterproof dan anti gores sebagai pelindung tambahan.

Namun, beberapa pouch ini memiliki bentuk seperti tas jinjing ukuran kecil yang dapat dibawa dengan mudah. Lapisannya tebal dengan beberapa kantong dan jaring di dalamnya.
Model banyak disajikan untuk ukuran hard disk seluler dengan macam tipe warna. Terkait harga, portable carry case pouch rata - rata berada di kisaran harga Rp 80 ribu hingga Rp 200 ribu.

Memilih Pouch yang Baik

Jenis hard disk di atas bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum memiliki atau mungkin mengganti pouch yang kamu miliki. Tapi sebelum itu, beberapa hal juga harus diperhatikan sebelum membeli.

  • Pertama, pastikan pouch dapat membantu hard disk terlindung dari benturan. Terlalu sering terbentur bisa merusak komponen mekanik di dalamnya. Meski terdapat beberapa hard disk yang terprogram tahan banting, hal ini tidak boleh dibiarkan.
  • Kedua, jauhkan dari cairan. Kelalaian pemilik biasanya terlihat ketika hard disk tak sengaja tersiram air atau cairan seperti tinta. Pastikan pouch yang kamu miliki dapat meminimalisir resiko ini.
  • Ketiga, jauhkan dari benda bermagnet. Magnet dapat menarik komponen di dalam hard disk dan merusaknya. Terlebih pengguna biasanya tidak sadar jika magnet berada di sekitar hard disk.

Penting untuk mengeluarkan hard disk dari pouch hanya saat digunakan saja. Lapisan kain dari jenis pouch juga bisa membantu mengurangi daya tariknya.

Next article Next Post
Previous article Previous Post