Friday, July 3, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Pada dasarnya plat nomor K dan daftar kode belakangnya menjadi salah satu cara untuk mengidentifikasi kendaraan bermotor itu sendiri. Selain itu, plat nomor kendaraan juga bisa diidentifikasi sebagai nomor registrasi kendaraan tersebut. Tentu saja sebagai pengendaraan yang baik Anda perlu mematuhi peraturan penggunaan plat nomor kendaraan yang berlaku. Jika tidak, maka Anda harus bersiap menjadi incaran polisi. Plat nomor kendaraan tidak hanya dipasangkan di bagian depan, tetapi juga di bagian belakang kendaraan.

Plat Nomor K dan Daftar Kode Belakangnya

Tiap kendaraan bermotor pasti akan selalu memiliki kode plat nomor. Dalam pembuatan plat nomor, harus menyesuaikan dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh Polri dan terdaftar di kantor SAMSAT terdekat. Buat Anda yang hobi modifikasi kendaraan, penting untuk mengetahui jenis plat nomor kendaraan yang sering kena tilang polisi berikut ini.

  • Ukuran plat nomor kendaraan tidak sesuai standar, yakni terlalu besar atau kecil.
  • Warna plat nomor kendaraan diubah, atau ditutup menggunakan mika sehingga warnanya berbeda.
  • Huruf dan angka pada plat nomor diubah seperti huruf digital.
  • Memasangkan stiker atau logo seolah – olah pejabat.
  • Huruf dan angka pada plat nomor diubah agar terbentuk nama.
  • Plat nomor menggunakan huruf miring atau timbul.
  • Menyamarkan beberapa atau keseluruhan angka, maupun huruf menggunakan piloks sehingga sulit dibaca.

Jika dilihat dari segi bentuk, plat nomor kendaraan umumnya berupa potongan logam atau plastik. Dipasangkannya plat nomor pada kendaraan bermotor menjadi salah satu identifikasi resmi. Pada plat kendaraan bermotor biasanya terdapat nomor seri berupa susunan huruf dan angka, yang memang dibuat khusus untuk kendaraan tersebut. Di Indonesia nomor ini dinamakan sebagai nomor polisi.
Plat Nomor Kendaraan K

Nomor dan huruf pada plat kendaraan bermotor biasanya dipadukan dengan informasi lain yang masih berkaitan dengan kendaraan yang bersangkutan, seperti merek, warna, tahun, model, nama, dan alamat pemilik. Tentunya semua data tersebut tertera dalam STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang dijadikan sebagai bukti bahwa nomor polisi ditetapkan untuk kendaraan tersebut. Dan berikut ini adalah daftar plat nomor K dan daftar kode belakangnya yang harus Anda tahu.

  • Wilayah Pati memiliki plat nomor K dan kode belakang *A/*G/*H/*S/*U.
  • Kabupaten Kudus memiliki plat nomor K dan kode belakang *B/*K/*O/*R/*T.
  • Wilayah Jepara memiliki plat nomor K dan kode belakang **C/*L/*Q/*V.
  • Kabupaten Rembang memiliki plat nomor K dan kode belakang *D/*I/*M/*W.
  • Wilayah Blora memiliki plat nomor K dan kode belakang *E/*N/*X/*Y.
  • Kabupaten Grobogan memiliki plat nomor K dan kode belakang **F/*J/*P/*Z.

Selain itu, untuk membedakan dan mencari tahu darimana kendaraan tersebut berasal tentunya dari plat nomor kendaraan itu sendiri. Tak heran jika pada plat kendaraan terdapat nomor polisi yang diberikan sesuai urutan pendaftaran kendaraan tersebut. Nomor urut yang diberikan terdiri dari angka 1 sampai 4. Dimana posisinya ada di sebelah kode wilayah pendaftaran.

Apabila nomor pendaftaran dari plat kendaraan sudah habis dialokasikan, maka nomor urut pendaftaran berikutnya akan kembali ke nomor awal, misalnya dengan diberi tanda pengenal berupa abjad A hingga Z di bagian belakang angka pendaftaran. Karena menjadi hal paling vital, jadi pastikan untuk memasangkan plat nomor dengan baik sehingga bisa dibaca dengan jarak tertentu dengan jelas.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan seputar plat nomor K dan daftar kode belakangnya. Semoga bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post