Friday, July 3, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Plat nomor T dan daftar kode belakangnya penting untuk diketahui, apalagi kalau Anda menggunakan kendaraan tersebut di jalan raya. Tanpa plat nomor yang benar, maka yang demikian bisa membuat kendaraan Anda kena tilang.
Arti Plat Nomor T pada Kendaraan Jawa Barat
Arti Plat Nomor T pada Kendaraan Jawa Barat

Menjadi barang yang terbilang sangat vital, melalui plat nomor kendaraan inilah maka bisa diketahui wilayah mana yang menggunakan kendaraan tersebut. Atas dasar itulah melalui artikel berikut akan kami bagikan informasi lebih lengkapnya seputar plat nomor T beserta daftar kode belakangnya.

Plat Nomor T dan Daftar Kode Belakangnya

Mungkin selama ini Anda hanya mengenal dan familiar dengan berbagai macam warna plat nomor kendaraan, baik yang beroda dua maupun empat yang sering terlihat di jalanan. Misalnya pada plat mobil dinas pemerintah yang biasanya dikenal dengan warna merah. Namun demikian, ada pula plat nomor kendaraan yang berwarna hitam. Ini pertanda bahwa kendaraan tersebut adalah milik pribadi. Sementara itu untuk plat dengan warna kuning biasanya untuk jenis kendaraan umum, alias angkutan umum.

Tapi, tahukah Anda kalau ternyata ada beberapa jenis plat nomor kendaraan bermotor yang ada di Indonesia, baik berdasarkan warna maupun fungsinya. Berikut adalah informasi lengkap tentang berbagai jenis warna plat nomor beserta fungsinya.

  • Plat nomor kendaraan dengan warna dasar hitam dan tulisan putih adalah untuk jenis kendaraan bermotor sewaan atau perseorangan.
  • Plat nomor kendaraan dengan warna dasar kuning dan tulisan hitam umumnya digunakan untuk jenis kendaraan bermotor umum.
  • Plat nomor kendaraan dengan dasaran warna merah dan tulisan putih digunakan khusus untuk kendaraan dinas milik pemerintah.
  • Plat nomor kendaraan dengan dasar putih dan tulisan biru untuk jenis kendaraan bermotor korps diplomatik negara asing.
  • Plat nomor kendaraan dengan dasaran warna hijau dan tulisan hitam biasanya digunakan untuk jenis kendaraan bermotor di daerah perdagangan bebas, alias free trade zone yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk.

Untuk itu, tiap kendaraan bermotor pasti memiliki plat nomor. Sejatinya, plat nomor kendaraan difungsikan sebagai identitas kendaraan tersebut. Jadi, dengan plat nomor yang terpasang di kendaraan, maka bisa dengan mudahnya membedakan kendaraan satu dengan yang lain, sekaligus memudahkan seseorang saat mencari kendaraannya yang hilang.

Seperti yang diketahui, plat nomor kendaraan umumnya berbentuk potongan logam atau plastik, yang dipasangkan di bagian depan dan belakang kendaraan tersebut. Saat diperhatikan dengan seksama, plat nomor kendaraan berisi sederetan huruf dan angka, lengkap dengan masa berlakunya.

Sesuai peraturan plat nomor kendaraan, huruf awal yang ada pada plat nomor menunjukkan kode wilayah. Lalu untuk rangkaian 4 nomor setelah huruf adalah nomor polisi yang didapatkan setelah melakukan pendaftaran di kantor SAMSAT terdekat.

Kembali ke pokok pembahasan di awal, berikut adalah daftar lengkap plat nomor T dan daftar kode belakangnya yang perlu Anda tahu. Kode plat nomor kendaraan “T” sendiri merupakan semua jenis kendaraan yang ada di wilayah eks karesidenan Karawang, Jawa Barat.

  • Untuk kabupaten Purwakarta memiliki plat nomor T dengan kode belakang A*/B*/C*.
  • Untuk kabupaten Karawang memiliki plat nomor T dengan kode belakang D*/E*/F*/G*/H*/I*/J*/K*/L*/M*/N*/O*/P*/Q*/R*/S*.
  • Untuk kabupaten Subang memiliki plat nomor T dengan kode belakang T*/U*/V*/W*/X*/Y*/Z*.
  • Untuk kabupaten Bekasi memiliki plat nomor T dengan kode belakang T*/U*/V*/W*/X*/Y*/Z*. Namun demikian, sebagian lagi dari kabupaten Bekasi ada pula kendaraan bermotor yang juga menggunakan kode plat B, sama seperti daerah Jadetabek.

Nah, itulah daftar plat nomor T dan daftar kode belakangnya yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post