Thursday, February 27, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Ilmu pengetahuan dan praktek kerja, bila dilakukan secara bersamaan akan menghasilkan kandidat kerja yang bagus dan berpengalaman. Demi mewujudkan impian tersebut, pemerintah memutuskan untuk mendukung penyelenggaraan PKL (Praktek Kerja Lapangan). Siapa saja yang melakukannya? Semua siswa SMA/SMK atau mahasiswa memiliki kesempatan bahkan kewajiban untuk mengikuti PKL.
Cara membuat Laporan PKL Sederhana
Cara membuat Laporan PKL Sederhana

Tujuan Melakukan PKL

Melaksanakan PKL memberikan banyak manfaat bagi siswa maupun sekolah. Bahkan bila ditelaah lebih dalam, aktivitas ini juga bermanfaat untuk perusahaan. Berikut ini manfaat melakukan PKL:

Menambah Pengetahuan Non Akademis

Di sekolah, pengetahuan utama yang diberikan adalah pengetahuan akademis sementara praktek dilakukan hanya sesekali. Dengan mengikuti PKL diharapkan pengetahuan non akademis siswa bisa lebih bertambah dan berkembang.

Mendapatkan SDM Sementara Bagi Perusahaan

Menerima siswa atau mahasiswa PKL memberikan banyak manfaat dan kontribusi bagi perusahaan. Perusahaan akan mendapatkan sumbangan SDM meski sifatnya sementara.

Melatih Tanggung Jawab dan Kedisiplinan Siswa

Selain menerima pengetahuan non akademis, siswa dan mahasiswa juga diharapkan bisa memenuhi tanggung jawab yang diberikan dan bekerja dengan lebih displin.

Lihat juga: Panduan Membuat Teks Laporan Percobaan

Panduan Mudah Membuat Laporan PKL

Usai mengetahui tujuan diadakannya PKL bagi semua pihak, simak tutorial cara pembuatan laporan Praktek Kerja Lapangan sederhana berikut ini:

Kenali Susunan Depan Laporan PKL

Agar lebih mudah dalam membuat laporan PKL, seorang siswa atau mahasiswa harus mengetahui struktur laporannya terlebih dahulu. Pertama-tama, silahkan buat bagian depan laporan terlebih dahulu yang isinya termasuk judul, kata pengantar, pernyataan, halaman persetujuan, daftar tabel, daftar isi dan paling akhir adalah daftar gambar.

contoh layout dan daftar isi laporan magang
Contoh layout dan daftar isi laporan magang


Bagian depan ini cukup panjang dan terdiri dari beberapa halaman, namun sifatnya jauh lebih teknis karena bukan isi laporan PKL. Hanya bagian pembukaan saja, tujuannya agar pembaca bisa memahami point pembuatan dari laporan PKL tersebut.

Buat Bagian Isi Laporan PKL

Setelah kerangka pembuakaan atau bagian depan laporan PKL selesai dibuat, segera masuk ke bagian isi laporannya. Isi laporan PKL terdiri dari lima bab, mulai dari pendahuluan yang kemudian dilanjutkan dengan deskripsi singkat mengenai lokasi diadakannya PKL.

Contoh bila PKL dilakukan di Dinas Sosial, maka tuliskan sejarah berdiri dan berkembangnya Dinas Sosial. Jangan lupa pula mendeskripsikan struktur organisasi atau job deskripsi pekerjaan dari masing-masing staf.

Dan bahas informasi penting terkait praktik kerja dan perbandingannya dengan masing-masing job deskripsi yang ada. Sebagai bagian terakhir, buat kesimpulan dari aktivitas PKL yang telah dilakukan di tempat tersebut dalam bab penutup.

Berikut contoh bab penutup dan kesimpulan dari sebuah laporan magang di industri pengolahan kelapa sawit:

Kesimpulan
  • Dari hasil perhitungan menggunakan pendekatan neraca massa, jumlah kernel yang hilang untuk setiap pengolahan 45 ton TBS/jam di PT Karinov Agro Lestari pada fibre cyclone adalah 115,1370 kg atau 0,2559% dari TBS, LTDS 3,5200 kg atau 0,078% TBS dan claybath 48 kg atau 0,1067% TBS. Sedangkan, total kernel hilang sebesar 166,6570 atau 0,3703% dari tandan buah segar.
  • Efisiensi produksi kernel (inti sawit) pada PKS Katari Agro Mills sebesar 93,33% 
  • Limbah cair hasil pengolahan kelapa sawit berupa palm oil mill effluent memiliki potensi nilai ekonomis yang tinggi.
Saran

  • Daya isap dari fiber cyclone harus disesuaikan dengan jumlah aliran press cake untuk meminimalisir losses kernel.
  • Limbah cair berupa palm oil mill effluent dapat dimanfaatkan dalam ranah komersil untuk meningkatkan keuntungan perusahaan seperti untuk karbon aktif dan energi terbarukan (biohidrogen dan biogas).

Buat Bagian Akhir

Beda dari bagian isi, bagian akhir ini hanya terdiri dari tiga judul halaman saja. Mulai dari daftar pustaka, riwayat hidup serta lampiran. Masing-masing memiliki fungsi dan manfaatnya tersendiri, contohnya daftar pustaka yang memuat informasi tentang buku, dokumen, artikel atau sumber tertulis lainnya. Sementara lampiran merupakan data tambahan yang bisa dilampirkan dalam laporan PKL. Dan terakhir riwayat hidup singkat.

Dengan mengacu pada tiga point di atas, niscaya Anda bisa membuat laporan PKL dengan benar. Membuat laporan PKL bisa dilakukan siapa saja asalkan ada kemauan untuk melakukannya.

Next article Next Post
Previous article Previous Post