Thursday, February 27, 2020

author photo February 27, 2020

Daftar isi [Tampil]
Ketika berada di sebuah pelabuhan atau bandar tentunya ada sebuah kotak besar yang berisi barang-barang. Kotak besar tersebut terbuat dari bahan yang kuat seperti besi. Biasanya kotak besar tersebut juga dijumpai diatas truk. Namun kotak besar yang ada di truk biasanya disebut dengan box. Sedangkan kotak besar yang biasanya digunakan untuk mengangkut barang adalah container. Istilah container sendiri lebih sering dikenal dengan peti kemas. Kotak besar tersebut memang dirancang khusus sebagai tempat barang-barang.
Ilustrasi kontainer bekas dan harganya di 2020
Ilustrasi kontainer bekas dan harganya di 2020

Kotak besar atau container tersebut memiliki bahan khusus untuk melindungi muatan atau barang yang ada di dalamnya. Barang tersebut memiliki nilai yang sangat berharga. Sebab, terkadang benda-benda yang ada di dalam container akan di ekspor atau dikirim ke luar negeri. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya container yang sering dikirim ke luar negeri.

Kegunaan dan Manfaat Container Untuk Pengiriman Barang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa container memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan barang. Oleh karena itu, tidak heran jika bahan yang digunakan untuk membuat container memang khusus. Manfaat dari penggunaan container sendiri sangat membantu proses ekspor impor. Diantaranya adalah barang lebih terlindungi, lebih nyaman, kemudian penerimaan barang lebih mudah.

Tidak hanya itu saja, manfaat yang selanjutnya adalah membuat barang lebih rapi sebab dikemas dan dimasukkan ke dalam container tersebut. Lalu dapat menghemat biaya, artinya adalah barang tidak akan memakan tempat yang banyak. Hal ini dikarenakan sudah dikemas menjadi satu didalam container tersebut.

Barang yang ada di dalam container tentunya tidak akan rusak sebab container memiliki bahan kuat. Container tersebut juga terbuat dari bahan seperti besi. Barang atau muatan yang ada di dalamnya dijamin aman. Biasanya barang-barang impor dan ekspor juga dimasukkan kedalam container. Kemudian akan diterima dengan mudah karena sudah sepaket dengan containernya.

Dengan penggunaan container ini maka muatan juga bisa ditambah. Seperti yang diketahui bahwa biasanya ekspor impor yang dilakukan menggunakan kapal barang yang memiliki muatan banyak. Dengan menggunakan container maka muatan barang juga akan semakin banyak. Melihat banyaknya manfaat dari container, banyak orang yang mencari container bekas untuk dipakai lagi. Namun akan diperbaiki terlebih dahulu jika mengalami kerusakan. Namun biasanya container bekas juga tidak terlalu rusak hanya terbengkalai.

Kisaran Harga Container Bekas 20 Feet dan 40 Feet

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa banyak orang yang mencari container bekas. Tujuannya untuk dipakai kembali karena manfaatnya yang sangat banyak. Conatainer sendiri dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan ukuran. Mulai dari ukuran 20 feet hingga 40 feet. Harga untuk setiap ukurannya berbeda karena menyesuaikan ukuran dan kondisinya.

Harga container bekas ukuran 20 feet memiliki harga 18 juta rupiah sedangkan ukuran 40 feet memiliki harga sekitar 48 juta rupiah. Namun harga tersebut berbeda-beda sesuai dengan kawasan penjualannya. Kemudian harga container bekas shipping ukuran 20 feet memiliki harga 19 juta dengan kondisi masih bagus. Namun ada pula container ukuran 20 feet jenis reefer yang memiliki harga 94 juta.

Harga container tersebut juga disesuaikan dengan toko penjualnya. Harga yang tertera diatas merupakan harga yang didasarkan pada salah satu toko online. Harga container juga tergantung dengan jenis container itu sendiri. Untuk container gudang yang bekas memiliki harga sekitar 16 juta. Harga tersebut memiliki perbandingan sangat jauh dengan container reefer meskipun ukurannya sama 20 feet. Apabila anda membutuhkan container maka anda bisa menggunakan container bekas yang memiliki kondisi yang bagus.

Ukuran Container Standar yang Umum digunakan

Berikut berbagai macam tipe dan jenis container berdasarkan ukurannya. Satuan yang digunakan dibawah ini adalah dalam feet dan dalam meter. Sumber data ini diadaptasi dari situs Mrbox.co.uk.

Tipe Kontainer Length Width Height
8ft shipping container 8ft (2.43m) 7ft (2.20m) 7ft 6in (2.27m)
10ft shipping container 9ft 10in (2.99 m) 8ft (2.44m) 8ft 6in (2.59m)
20ft shipping container 20ft (6.06m) 8ft (2.44m) 8ft 6in (2.6m)
40ft shipping container 40ft (12.2m) 8ft (2.44m) 8ft 6in (2.6m)

Next article Next Post
Previous article Previous Post