Saturday, January 18, 2020

author photo January 18, 2020

Daftar isi [Tampil]
Genset adalah singkatan dari Generator Set, yaitu mesin yang terdiri dari pembangkit listrik  dengan mesin penggerak yang disusun agar menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu yang diinginkan. Generator adalah penghasil listrik. Generator bekerja dengan prinsip yaitu mengubah energi gerak (kinetik) menjadi energi listrik. Mesin pembangkit kerja pada genset biasanya adalah berupa motor yang dapat melakukan pembakaran dalam, atau mesin diesel yang bekerja dengan bahan bakar solar atau bensin.
Ilustrasi cara merawat genset
Ilustrasi cara merawat genset

Genset memiliki kegunaan sebagai sumber listrik. Tidak hanya menyalakan lampu atau penerangan saja tapi juga dapat digunakan untuk hal lainnya yang membutuhkan tenaga listrik. Dengan bantuan Genset, maka perusahaan-perusahaan besar maupun kecil, seperti supermarket, toko, rumah sakit, dan sebagainya aktifitasnya tidak terganggu ketika listrik padam. Mereka tetap dapat menjalankan aktivitas seperti biasanya tanpa mengalami hambatan. Maka dari itu Genset merupakan alat penting yang sangat dibutuhkan banyak kalangan, bahkan dapat digunakan secara perorangan untuk berbagai kegiatan yang memerlukan konsumsi daya listrik. Untuk itu berikan perawatan genset terbaik dengan rajin membersihkan dan merawat dengan jasa sewatama.

Genset harus dirawat dengan baik, agar genset tahan lama dan bekerja dengan baik. Melakukan perawatan pada genset dapat dilakukan sendiri jika anda paham dengan mesin genset, bila anda tidak mengerti sebaiknya menggunakan teknisi atau jasa service dan perawatan genset terbaik di sewatama.

Perawatan genset dapat dilakukan sendiri dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:
  1. Dioperasikan dengan benar
  2. Matikan genset jika ada yang tidak beres
  3. Letakan ditempat yang aman
  4. Selalu bersihkan genset
  5. Ganti spare part yang sudah jelek
  6. Nyalakan genset di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik
  7. Mengecek kabel-kabel instrumen secara berkala
  8. Pastikan bahan bakar selalu terisi dan tidak kosong
  9. Periksa bagian distilled water
  10. Periksa oli mesin di genset secara rutin

Namun jika ingin memberikan perawatan genset terbaik dapat memanggil teknisi atau jasa perawatan genset di sewatama. Selalu lakukan perawatan pada genset agar genset bekerja dengan optimal dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Next article Next Post
Previous article Previous Post