Monday, December 9, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Pada kenyataannya, memakai mesin cuci tidak semudah apa yang kamu bayangkan. Kamu harus tahu bagaimana cara penggunaan yang tepat. Kamu harus bisa menakar antara jumlah air dan deterjen. Disamping itu, kamu juga harus mengestimasi waktu pencucian, memposisikan selang supaya tidak tersumbat biar hasil pencucian semakin optimal.
solusi kode error mesin cuci samsung
Solusi kode error mesin cuci samsung

Kode Error Mesin Cuci Samsung

Kalau kamu baru pertama kali memakai mesin cuci Samsung, berikut ini adalah beberapa daftar kode error yang wajib untuk kamu ketahui.

Unbalance Error (UE)

Ini adalah indikator gangguan yang terjadi pada stabilitas mesin cuci. Ada beberapa kemungkinan problem yang terjadi pada mesin cuci Samsung yang kamu pakai. Sepertinya mesin cuci tidak berdiri dengan stabil. Bila posisinya tidak bermasalah, bisa saja ada cucian yang menggumpal. Kalau begitu, sebaiknya hentikan proses mencuci lalu keluarkan cucian dari dalam mesin dan masukkan kembali satu persatu.

Drain Error (5E)

Kode ini merupakan indikator gangguan pada saluran pembuangan. Solusinya kamu tinggal bersihkan saringan pembuangan dengan rutin dan juga pastikan supaya tidak ada kotoran yang menyumbat. Perhatikan apakah sudah terpasang dengan baik dan benar.

4C

Ini adalah kode atau indikator tidak tersedianya supply air. Kamu dapat mengatasi masalah ini dengan cara membuka kran air lalu pastikan kran tidak beku. Disamping itu, kamu juga harus menjaga supaya selang airnya tidak tersumbat dam mesin cuci punya tekanan air yang cukup.

Water Leakage Error (LE/LE1)

Kode ini adalah indikator kebocoran. Kode error ini muncul dikarenakan tiga hal. Bisa saja disebabkan busa yang terlalu banyak dari deterjen, kebocoran air di bagian selang pembuangan atau lepasnya penutup filter di bagian pompa pembuangan.

Door Error (DE)

Ini merupakan indikator gangguan yang terjadi pada pintu mesin cuci. Kode ini bisa muncul bila pintu mesin cuci Samsung belum tertutup dengan rapat. Solusinya adalah pastikan agar pintu mesin cuci tertutup Rapat supaya mesin cuci bisa berfungsi kembali dengan optimal.

Overflow Error (OE/OF)

Kode ini menunjukkan gangguan yang disebabkan karena aliran air yang jumlahnya terlalu banyak. Indikator ini menunjukkan adanya kerusakan yang terjadi pada pendeteksi level air. Sehingga bila ini terjadi akan mengakibatkan pasokan air akan bekerja terus menerus.

LC/LC1

Indikator gangguan pada mesin cuci ini disebabkan oleh selang pembuangannya. Kalau kode ini muncul, artinya kamu harus memastikan ujung selang pembuangan mesin cuci berada di lantai. Dengan begitu alirannya tidak akan terhalang.

Power Error (UC)

Kode yang satu ini menunjukkan bahwa tegangan listrik sedang dalam kondisi yang tidak stabil. Jadi proses pencucian secara otomatis akan ditunda. Mengapa bisa ditunda? Sebab kalau tetap dilanjutkan, bisa bikin mesin cuci cepat rusak.

Water Supply Error (4E)

Bla kode ini muncul, itu artinya ada gangguan yang terjadi pada aliran air yang masuk. Solusi paling baik untuk masalah ini yaitu dengan cara membuka terus kran air. Selain itu, kamu pastikan air yang mengalir mempunyai tekanan 50-800 Kpa.

HC

Kerusakan atau gangguan ini terjadi pada Heater Control. Jika indikator ini muncul, maka akan menunjukkan terjadinya peningkatan suhu pada salah satu kendali motor dari mesin cuci. Cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan kondensor atau wadah saringannya.

UB Motor Spinning tidak Berfungsi

Kalau kamu punya mesin cuci Samsung dan mendapatkan kode ini. Itu tandanya spinning tidak berfungsi. Sebab cucian tidak tersebar merata. Selain itu, bisa karena mesincuci posisinya tidak berada di permukaan yang datar.

Next article Next Post
Previous article Previous Post