Friday, December 13, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Komunitas Calya Sigra Kaskus atau KCSK merupakan sebuah komunitas otomotif. Mereka mengakomodir para calon atau pemakai Toyota Calya dan Daihatsu Sigra di seluruh Indonesia.

Konsep yang dipakai KCSK adalah open community. Artinya siapapun dapat bergabung dengan syarat dan ketentuan jadi member. Tidak ada AD ataupun ART seperti sebuah club dan member tidak terikat dengan komunitas.

Komunitas Resmi Calya Sigra di Kaskus

Untuk menjadi member KCSK terlebih dahulu melakukan pendaftaran formulir online dan tranfer merchandise. Selain itu juga harus mendapatkan Nomor Registrasi Anggota KCSK.

Para member per domisili, nama kota atau kabupaten serta yang mempunyai Regional Leader disatukan dalam Regional KCSK. Mereka bertugas mengkoordinir para member, mulai dari grup Whatsapp hingga agenda kopdar.
Komunitas Calya-Sigra
Komunitas Calya-Sigra

Logo KCSK nasional akan ditambah dengan ciri khas daerah masing-masing. Kopdar diadakan atas keputusan bersama dan mempunyai sifat tidak wajib. Dalam kopdar, tidak ada sistem iuran atau kas wajib.

Baca juga: Masalah Kandasnya Per Mobil di Calya-Sigra 

Namun, akan ada adalah iuran sukarela setiap kopdar dari sumber member yang hadir. Iuran sukarela tersebut dipakai untuk operasional Regional KCSK.

Bagi anggota yang telah menempelkan sticker Nomor Registrasi Anggota KCSK pada kendaraannya, wajib menjaga nama baik KCSK. Caranya bisa dengan mentaati peraturan lalu lintas serta menghargai pengguna jalan lainnya.

Peraturan Thread

KCSK mempunyai beberapa peraturan. Diantaranya adalah tidak diperbolehkan berjualan dalam bentuk apapun. Selain itu juga No SARA dan Flame and Junk. Apabila posting gambar Spoiler.
Multi quote apabila ingin menjawab beberapa postingan. Terakhir, menjaga bahasa postingan dan saling menghargai.

Fitur Utama dan perbedaan Calya dengan Sigra

Terdapat banyak fitur utama dari Calya dan Sigra. Misalnya saja real 7 seater, rem ABS tipe tertentu, side impack beam dan kunci immobilizer.

Selain itu juga ada dual SRS airbag tipe tertentu, air circulation, head unit double din dilengkapi dengan bluetooth tipe tertentu serta multi information display.

Tidak kalah ketinggalan fitur lainnya Auto Rear Wiper, sensor rem tangan, penggerak roda depan dan kapasitas bagasi hingga 500 liter. Di samping itu, ada one touch tumble untuk melipat kursi di baris ke dua dan dapat digeser maju mundur.

Perbedaan Calya dan Sigra dari segi mesin adalah pada Sigra tipe tertentu menggunakan 1000cc 3 silinder 1KR-DE M/T. Sementara All Calya dan Sigra tipe dual VVTi A/T dan M/T.

Untuk eksterior all Calya memakai model foglamp, grill, logo Garuda dan S, serta motif velg. Pada sigra ditambahkan dengan talang air dan sigra tipe tertentu dengan Muffler Tip.

Lihat juga: Tips Modifikasi Calya-Sigra bagian Eksterior

Interior pada Calya dan Sigra hampir sama yakni memiliki bangku bari kedua ada 3 buah had rest, seatbelt baris ke tiga ada 3 titik serta ada permainan pada warna jok. Perbedaannya pada Sigra tipe tertentu ada Cargo Net.

Perbedaan dari segi fitur, pada Calya terdapat Autolock, Isofix, sensor Seatbelt dan Lock and Unlock Sound. Sementara pada Sigra terdapat Lock and Unlock Silent Mode. Sigra juga mempunyai kelebihan lain yakni anti karat dan Paint Protection.

S&K Registrasi Anggota KCSK

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebelum menjadi anggota KCSK. Pertama, calon anggota harus mempunyai kendaraan Toyota Calya atau Daihatsu Sigra.

Registrasi ini berlaku seumur hidup. Kemudian akan dikenakan biaya pendaftaran untuk merchandise poloshirt dan sticker melalui transfer.

Bukti transfer tersebut akan dikirim via Whatsapp atau SMS. Transfer dapat dilakukan jika calon anggota telah mengisi formulir pendaftaran.

Biaya registrasi untuk merchandise official berupa sticker Nomor Registrasi Anggota KCSK kaca belakang serta Polo Shirt Official KCSK.

Next article Next Post
Previous article Previous Post