Monday, December 2, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Apa itu reseller? Secara umum, pengertian reseller dalah perusahaan atau perorangan yang membeli suatu barang atau pun jasa dari produsen (distributor), yang tujuannya untuk dijual kembali kepada konsumen akhir untuk mendapatkan keuntungan. Reseller juga dapa diartikan sebagai suatu aktifitas perdangan, dimana seorang atau perusahaan tersebut membeli barang maupun jasa bukan untuk dikonsumsi sendiri, tetapi dijual kembali ke end user guna mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli.
contoh produk dari reseller online
Contoh produk dari reseller online

Jiika dilihat dari sisi produsen, ternyata bisa bekerjasama dengan reseller merupakan cara marketing paling efektif. Alasannya, bisa menjual produk dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Sementara itu apabila dilihat dari sisi pelaku reseller itu sendiri, model usaha satu ini menjadi peluang yang sangat menguntungkan sekali, sebab Anda tidak perlu lagi harus repot – repot untuk memproduksi barang atau jasa sendiri, namun di sini Anda hanya perlu memasarkan produk atau jasa yang ada.

Atas dasar itulah melalui artikel berikut akan kami informasikan kepada Anda tentang mengenal apa itu reseller dan prospeknya lebih jauh lagi. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Reseller dan Prospeknya

Salah satu bisnis atau usaha online yang saat ini sedang diminati dan cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga, mahasiswa, atau pekerja adalah menjadi reseller, atau yang juga disebut dengan dropshipper produk fashion. Tidak bisa dipungkiri lagi memang bahwa dunia fashion saat ini sudah mulai berubah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar orang, terutama wanita. Dengan semakin cepatnya pergantian mode hingga akhirnya membuat seseorang tidak akan pernah berhenti untuk membali fashion dengan model terkini.

Pasar yang menjadi targetnya sudah pasti wanita, baik itu wanita kelas menengah atas atau pun bawah yang lebih memilih berbelanja online di rumah daripada harus pergi ke sebuah mall atau butik. Kabar baiknya, ternyata untuk menjadi reseller produk fashion bukan perkara yang sulit, Anda bahkan tak perlu mengeluarkan modal bisnis reseller yang besar, sebab sekarnag sedang berkembang sistem dropship yang tentu saja akan semakin memudahkanmu sebagai reseller.

Menjadi reseller juga disebut sebagai contoh peluang bisnis modal kecil yang paling menguntungkan untuk saat ini. Sebab, Anda juga tidak perlu menyetok barang, cukup memiliki gambar dan informasi mengenai produk dari pemasok atau supplier dan langsung menyebarkannya di sebuah situs website. Contohnya di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, LINE, dan lain – lain. Intinya di sini Anda hanya bermodalkan gambar untuk berjualan. Namun meksipun demikian pastikan Anda juga memiliki paket data yang cukup untuk berselancar di dunia maya.

Tugas utama para pebisnis di bidang reseller atau dropshipper ini adalah mencari konsumen sebanyak – banyaknya. Setelah berhasil mendapat orderan, maka Anda akan menerima bayaran dari konsuemn dan langsung mengirim detail pemesannya kepada supplier. Proses pengiriman barangnya akan dilakukan langsung oleh pihak supplier dengan atas nama Anda sebagai reseller. Dengan begitu konsumen beranggapan bahwa barang tersebut dikirimkan secara langsung oleh Anda.

Tidak jauh berbeda seperti model bisnis online pada umumnya, bisnis reseller ini ternyata juga memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan dan kekurangannya sendiri. Mengacu pada arti reseller itu sendiri, di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan model bisnis online menarik tersebut.

Kelebihan reseller

  • Bisa mengelola stok barang atau jasa, sebab memang sudah membelinya terlebih dulu dari si produsen.
  • Jauh lebih mudah untuk mengembangkan bisnis. Alasannya memang tidak harus tergantung pada satu produsen saja.
  • Bisa menyesuaikan sendiri besarnya keuntungan yang ingin diambil dari setiap produk yang dijual.
  • Lebih mudah lagi dalam mengontrol branding bisnis, sebab memang tidak tergantung pada produsen untuk packing maupun pengiriman barangnya.
  • Punya ikatan yang cukup kuat dengan konsumen, dengan begitu kemungkinan terjadi pembelian ulang pun akan semakin besar.

Kekurangan reseller

Jika berbicara mengenai kekurangan dari bisnis reseller ini sendiri ternyata ada kaitannya dengan komplain dari para pelanggan atau konsumen. Apabila produk yang dibelinya ternyata memiliki kualitas buruk, maka konsumen akan langsung menyalakan Anda sebagai penjual.

Cara Kerja Reseller yang Perlu Diketahui

Penetuan produk atau jasa yang akan dijual

Pada dasarnya tidak semua jenis produk atau jasa akan cocok dijual para pelaku reseller. Reseller biasanya lebih memilih produk atau jasa yang paling banyak digunakan dan dicari orang secara rutin dan biasanya singkat atau cepat berganti. Contoh produk yang paling laris dijual online oleh reseller antara lain, produk makanan, minuman, aksesoris gadget, herbal, dan lain – lain. Pemilihan produk yang digunakan secara rutin dan biasanya singkat pastinya akan membuat konsumen melakukan pembelian ulang secara terus menerus.

Bekerjasama dengan produsen atau distributor

Salah satu kunci keberhasilan bisnis reseller ini adalah menemukan produsen yang bisa diandalkan. Oleh karenanya menjalin kerjasama dengan produsen atau distributor yang tepat adalah langkah penting dan paling krusial bagi pelaku reseller.

Melakukan pemasaran dan penjualan

Pemasaran sebuah produk pastinya tidak dilakukan dengan banyak cara. Salah satu caranya adalah lewat internet. Contohnya dengan Facebook Ads, Google Ads, Instagram Ads, Marketplace, Blog, atau pun yang lainnya.

Membangun hubungan baik dengan konsumen

Suatu pemasaran bisa dibilang berhasil jika pelaku reseller bisa membangun hubungan yang baik dengan konsumennya. Hubungan baik tersebut tentunya bisa dilakukan lewat komunikasi via chat, email, dan menjaga kualitas komunikasi itu sendiri.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang mengenal apa itu reseller dan prospeknya. Semoga bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post