Monday, June 5, 2023

author photo June 05, 2023

Daftar isi [Tampil]

WhatsApp atau WA menjadi aplikasi pesan instan yang digunakan ratusan juta orang di dunia. Pengguna di Indonesia sendiri cukup tinggi karena saking populernya digunakan. Menariknya, sebagai aplikasi tinggi pengguna ternyata banyak pengembang pihak ketiga mencoba mengembangkannya. Sehingga muncul istilah WA Clone dan Unclone, lalu apa beda WA Clone dan Unclone tersebut? 

Pengguna Wajib Tahu, Ini Beda WA Clone dan Unclone

Apa Itu WA Clone dan Unclone?

WA Clone adalah istilah yang digunakan untuk menyebut WhatsApp hasil kloning, yakni WA yang bisa diinstal di dua perangkat berbasis Android yang berbeda dan sama-sama bisa digunakan. Secara normal, aplikasi WA yang dikembangkan Facebook hanya bisa login di satu aplikasi dan di satu perangkat dengan nomor handphone yang sama.


Jika berpindah ke perangkat lain, maka aplikasi WA di perangkat sebelumnya secara otomatis akan logout dan tidak bisa dipakai. Namun, keterbatasan ini memberi ide bagi pengembang pihak ketiga untuk mengatasinya. Maka ada WA Mod atau modifikasi yang sifatnya clone. Sehingga bisa dibuka di perangkat android lain tanpa perlu logout

Perbedaan Keduanya 

Perbedaan Keduanya
Perbedaan Keduanya

Agar kamu lebih paham lagi apa beda WA Clone dan Unclone, berikut perbedaan mendasar dari keduanya: 


WA Unclone 

Wa Unclone disebut juga WA versi resmi karena dikembangkan langsung oleh Facebook dan aplikasinya bisa diinstal melalui Play Store. Hanya saja, aplikasi ini tidak bisa diinstal dan digunakan di perangkat Android lain dengan satu nomor handphone. 

WA Clone 

Apa Itu Wa Clone Dan Unclone
Apa Itu Wa Clone Dan Unclone

Sementara WA Clone adalah WA versi modifikasi yang dikembangkan pihak ketiga dan sifatnya tidak resmi. Sehingga aplikasinya tidak ada di Play Store dan perlu di download di situs khusus. Versi ini memungkinkan satu nomor handphone bisa login ke dua smartphone berbeda dan sama-sama bisa digunakan. 


Fitur di Dalam WA Clone 

Sebagai aplikasi yang dikembangkan pihak ketiga, maka karakter khasnya adalah tidak ada batasan bagi pengguna. Berikut beberapa fitur unggulan yang tidak ditemukan di WA Unclone: 


1. Banyak tema 

Banyak Tema
Banyak Tema 

WA versi clone memungkinkan pengguna menemukan lebih banyak tema untuk latar belakang aplikasi WhatsApp sementarar di versi unclone sangat terbatas. 

2. Banyak fitur personalisasi

Banyak Fitur Personalisasi
Banyak Fitur Personalisasi

Tersedia fitur personalisasi lebih beragam misalnya bisa melihat status pengguna WA lain yang diatur disembunyikan dari nomor yang dimiliki. 

Cara Download dan Instal WA Clone 

Cara Download Dan Instal Wa Clone
Cara Download Dan Instal Wa Clone 

Keleluasaan menggunakan WA Clone membuatnya disukai banyak orang, dan untuk menginstalnya memang tidak bisa lewat Play Store. Berikut langkah-langkah cara instalnya


  • Download file WA Clone di situs yang terpercaya. 
  • Masuk ke menu “Setting” di perangkat. 
  • Selanjutnya memilih pilihan sesuai merk smartphone yang dimiliki. Pada Vivo maupun Oppo dan Realme pilih “App Clone”, pada Samsung pilih “Advance Feature” kemudian “Dual Messenger”, pada Xiaomi pilih “Dual App”, sedangkan Huawei pilih “Apps  Notifications” lalu “App Twin” dan pilih “WhatsApp”. 
  • Cari file WA Clone yang sudah di download, lalu instal seperti biasanya. 
  • Tunggu proses selesai kemudian login dan siap digunakan. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post