Monday, May 29, 2023

author photo May 29, 2023

Daftar isi [Tampil]

Yang sedang viral saat ini adalah teknologi AI yang dapat mengubah suara A menjadi suara B. Misalnya suara vokalis Arctic Monkey yang menyanyikan lagu I Wanna be Yours, diubah menjadi suara Pak Jokowi.


Hal seperti ini bisa Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi Voice.ai. Aplikasi ini menyediakan ragam suara tokoh-tokoh dunia, misalnya suara Jokowi, Barack Obama, Biden, Adele, Chen Exo, Justin Bieber, Rose Blackpink, Jennie Blackpink dan masih banyak lagi.

Voice.ai: Ini Cara Pakainya yang Viral di TikTok

Apa Itu Voice.ai?

Voice.ai adalah aplikasi pengubah suara Anda atau suara orang lain menjadi suara orang lain yang Anda kehendaki. Misalnya mengubah suara Anda menjadi suara Spongebob, atau mengubah suara Adele menjadi suara Rose Blackpink.


Apapun jenis suaranya, selagi memiliki file audio yang dapat diupload, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengubah suara tersebut. Anda bisa melakukan cover terhadap idol-idol yang belum pernah cover lagu bersangkutan. Ini memberikan kita gambaran, begini bentuknya jika si A menyanyikan lagu si B.


Tapi lebih dari itu, karena kegunaan Voice.ai itu banyak, bukan cuma cover lagu saja. Aplikasi ini tersedia untuk berbagai perangkat, seperti android, windows, mac dan iOS. Untuk mengunduhnya gratis, tapi memakai layanan mereka ada sistem pembayaran menggunakan koin credits.

Cara Menggunakan Aplikasi Voice.ai

Download Voice.ai pada websitenya

Pertama, kalian harus mendaftar. Setelah daftar, Anda memperoleh 5.000 credits. Ini Anda peroleh secara gratis, bisa dipakai untuk membeli suara karakter yang Anda kehendaki. Jika ingin menggunakan suara karakter lain, Anda harus beli lagi. Sistemnya begitu. 


Jumlah credits akan terus bertambah dalam kurun waktu tertentu. Jika Anda kehabisan, bisa top up saja, per 5.000 credit harganya 5 dollar. Tapi jika Anda sabar, bisa menunggunya penuh sendiri. Namun itu butuh waktu lama.

  1. Buka situs https://voice.ai/ai-voice-changer untuk mengunduh aplikasi
  2. Klik Download, jika Anda menggunakan PC, otomatis disambungkan ke link download file exe. Jika lewat android, langsung diarahkan ke Google Playstore
  3. Lakukan penginstalan, kemudian masuk ke dalam aplikasi. Masukkan Email dan Kata Sandi
  4. Lalu verifikasi email dengan memasukkan kode yang dikirim ke mailbox
  5. Dan Anda sudah berhasil mendaftar. Berikutnya adalah cara menggunakan Voice.ai
  6. Di beranda, Anda disajikan 2 macam cara menambahkan suara yang akan diubah. Pertama dengan Record atau Upload File audio
  7. Misalnya Anda mengupload file, silakan pilih file mp3 untuk diupload. Tapi langkah ini dilakukan nanti. Pertama-tama pilih suara karakter dulu
  8. Pilih suara karakter yang Anda inginkan. Misalnya suara Pak Jokowi
  9. Klik Train untuk melakukan pembelian. Per suara harganya 4.600 credit
  10. Tunggu proses Training
  11. Lalu pilih Use. Jika tidak bisa digunakan, atur Setting Audionya dulu
  12. Proses installing suara akan berlangsung. Kemudian upload file yang akan diubah menjadi suara Pak Jokowi. Atau Anda boleh merekamnya langsung dengan suara Anda sendiri
  13. Misalnya Anda menggunakan metode Upload File. Unggah dari folder memori Anda, lalu tunggu proses converting
  14. Prosesnya agak lama. Tapi jika sudah selesai, file audio akan muncul di bawah
Penggunaan Voice.ai

Sampai di sini, Anda telah menyelesaikan proses penggunaan Voice.ai dari tahap pendaftaran sampai pemakaian.

Beberapa Keunggulan Voice.ai

Meski fiturnya ada yang berbayar, tapi kita bisa mendapatkan bagian-bagian gratisan meski tidak seistimewa pengguna premium. Anda dapat mencari poin credit dengan mengundang teman, join discord atau menunggu sekian menit credit terisi sendiri sedikit demi sedikit.


Kelebihan yang dimiliki Voice.ai yang paling favorit adalah dia bisa disambungkan ke aplikasi-aplikasi seperti Zoom, WhatsApp, Discord, Twitch, Warzone, hingga Minecraft.

Next article Next Post
Previous article Previous Post