Monday, May 29, 2023

author photo May 29, 2023

Daftar isi [Tampil]

Ada beberapa aplikasi pencari kerja, sebut saja Jobstreet, Linkedin, JobsDB, Glints dan masih banyak lagi. Namun dari banyaknya pilihan yang ada, ada sebagian orang yang malah memilih melamar kerja di OLX yang kebanyakan orang tahu sebagai aplikasi jual beli barang bekas.


Kenapa harus OLX? Kenapa melamar kerja di OLX? Apakah melamar kerja di sana aman? Berikut adalah penjelasannya.

Cara cari kerja di OLX

Keunggulan Melamar Kerja di OLX

Yang mengatakan ini bukan saya, tapi beberapa pengguna yang telah membuktikan sendiri dan mencuitkannya di sosial media. Bahwa, cari kerja di OLX itu prosesnya cepat. Panggilan kerjanya cepat.


Jadi barangkali Anda yang memakai Jobstreet atau aplikasi pencari kerja lainnya, tapi belum menerima panggilan, Anda dapat mencoba OLX, barang kali bisa langsung dapat seperti orang-orang yang sudah mencobanya.

Cara Mencari Kerja di OLX

Google search 'Loker penulis OLX Semarang'

Tidak langsung di dalam aplikasinya, akan lebih baik mencarinya di Google atau di aplikasi Google Chrome. Jika melalui aplikasi, kadang hasilnya malah menunjukkan daftar barang jualan.


Langkah terpenting ada pada kata kunci yang Anda ketikkan. Formulanya itu begini, ketik loker, lalu jenis pekerjaan yang Anda cari, tambahkan OLX dan jika perlu tambahkan lokasi Anda tinggal.


Misalnya begini: "Loker penulis OLX Semarang", "Loker admin sosmed OLX", atau "Loker penjahit OLX Surabaya" dan sejenisnya.


Ketikkan kata kunci itu di Google. Kemudian akan muncul daftar loker terbaru di OLX. Tersedia detail gaji, tugas, syarat-syarat dan sejenisnya. Cari yang menurut Anda paling sesuai dengan kriteria Anda. 


Sebelum melakukan langkah-langkah ini, pastikan Anda sudah login di aplikasi OLX. 

Cara Melamar Kerja di OLX

Setelah Anda menemukan pekerjaan yang tepat, kemudian siapkan beberapa berkas yang diperlukan untuk melamar kerja. Setelah itu masuk ke tahap hubung-menghubungi.


Anda bisa mengirim CV ke nomor telepon yang diberikan atau lewat email. Berikut adalah cara melamar kerja di OLX:

Pilih salah satu Loker yang tersedia
  1. Buka salah satu loker di OLX
  2. Scroll ke bawah, baca deskripsi dan kualifikasinya dulu sebelum melamar
  3. Kemudian di bawahnya lagi ada daftar kontak yang bisa dihubungi. Seperti nomor HP atau email
  4. Kirim CV Anda ke salah satu kontak yang disediakan
  5. Tambahkan subjek di bagian email, pokoknya ikuti saja syarat yang diberikan. Jika ada yang ingin ditanyakan, Anda dapat tanya-tanya dahulu melalui nomor HP orang bersangkutan
Baca deskripsi pekerjaan

Kebanyakan nomor HP tersambung ke WhatsApp. Jadi proses ini mudah dilakukan. Bisa dilakukan lewat chat. Tips dan trik saat melamar kerja adalah menggunakan bahasa yang sopan, jaga attitude Anda agar pihak pemberi kerja terkesan dan menjadikan Anda salah satu pegawai mereka.

Apakah Kerja dari Lowongan OLX Aman?

Bisa dibilang aman, bisa juga tidak. Ini lah pentingnya proses pilah-pilah kerja. Hindari pekerjaan yang mencurigakan, seperti gaji besar tapi tugasnya terlalu mudah. Tingkatkan kewaspadaan Anda.


Soalnya ada kasus pelamar kerja dihipnotis dan barang-barangnya diambil, atau jenis penipuan lain. Apa ini terjadi di OLX saja? Di aplikasi lain juga bisa terjadi hal seperti ini. Bukan niat memberi kerja, malah melakukan penipuan yang merugikan. 


Mau itu di OLX atau di aplikasi lain, hendaknya berhati-hati. Karena orang jahat ada di mana-mana. Terlepas dari itu, pekerjaan yang tersedia di OLX kebanyakan itu nyata. Banyak yang telah membuktikan. Para pengangguran banyak yang telah menemukan pekerjaan di OLX.


Bukan maksud merendahkan Jobstreet atau aplikasi-aplikasi kerja yang lain. Tiap-tiap aplikasi punya kelebihan sendiri-sendiri. Bisa jadi Jobstreet lebih cepat memberikan Anda kerja, bisa jadi OLX yang lebih cepat.


Next article Next Post
Previous article Previous Post